Supaya Imun Anak Kuat, Ini Kandungan yang Harus Ada Dalam Susu Formulanya

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Asupan nutrisi harian anak berasal dari berbagai macam makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Nutrisi yang cukup dapat mendorong tumbuh kembang anak sekaligus menjaga sistem imun agar tidak mudah sakit. Apabila Anda khawatir si kecil tidak cukup mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan, salah satu alternatifnya adalah suplementasi dalam bentuk susu formula. Namun, bagaimana cara memilih susu formula sesuai kebutuhan anak? Kandungan apa yang sebaiknya terdapat dalam susu formula? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan dalam susu formula anak untuk mendukung sistem imun

memilih susu untuk anak

Dokter akan selalu menyarankan anak mendapat asupan nutrisi yang berasal dari ASI (air susu ibu). Namun terkadang Ibu tidak bisa setiap saat memenuhi anjuran ini. Oleh karena itu, susu formula anak dapat menjadi solusinya.

Namun, Anda tentu perlu tetap memperhatikan kandungan di dalamnya. Terutama dalam mempertimbangkan susu formula yang dapat mendorong sistem imun anak agar tetap kuat. Apa saja kandungan dalam susu formula yang dimaksud?

Beta-glucan

Sebuah penelitian di Cina yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition & Food Science menemukan bahwa beta-glucan dapat meningkatkan kesehatan anak. Asupan beta-glucan yang dapat berasal dari susu formula menurunkan risiko dan tingkat keparahan penyakit menular sehingga mengurangi beban orang tua saat merawat anak yang sakit.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih susu formula yang mengandng beta-glucan agar daya tahan tubuh meningkat sehingga anak bisa terlindung dari penyakit menular.

Omega 3 dan 6

Ibu bisa memilih susu formula dengan kandungan omega 3 dan 6. Asupan omega 3 dan 6 dapat membantu perkembangan otak si kecil dan kemampuan belajarnya.

susu organik untuk daya tahan tubuh

Seperti yang dilansir dari Healthline, omega 3 dan 6 dipercaya dapat mendukung kemampuan belajar si kecil, seperti fokus, daya tangkap, dan memorinya. Ibu bisa mendukung momen cerdasnya dengan memastikan si kecil mengonsumsi nutrisi yang tinggi omega 3 dan 6.

Prebiotik

Artikel dari Universitas Indonesia yang berjudul Terapi Probiotik dan Prebiotik pada Penyakit Saluran Cerna Anak menyatakan bahwa terdapat bukti mengenai manfaat prebiotik dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit saluran cerna, termasuk diare infeksi, diare akibat antibiotik, traveller’s diarrhea, dan intoleransi laktosa.

Agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga sehingga terlindung dari berbagai jenis penyakit, seperti gangguan pada saluran cerna, pastikan susu formula mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anak, termasuk prebiotik.

Polydextrose dan galactooligosaccharides (PDX/GOS)

Polydextrose (PDX) adalah sejenis serat larut air (soluble fiber). PDX memiliki efek prebiotik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, prebiotik bermanfaat bagi bakteri sehat dalam usus yang berhubungan dengan sistem imun anak.

Sebuah kajian yang diterbitkan di Journal of Nutrition pada tahun 2011 juga mendukung pernyataan ini. Penambahan PDX pada susu formula anak menghasilkan efek prebiotik.

manfaat susu organik untuk kecerdasan anak

Lalu apa manfaat dari PDX/GOS? Sebuah kajian dari Department of Pediatrics di Brazil mengungkapkan, penambahan PDX dan GOS dalam formula terbukti dapat ditoleransi anak dengan baik. Ini dapat mendukung pencernaan lebih baik serta konsistensi feses yang lebih lunak.

Dari kajian yang diterbitkan Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), susu formula yang ditambah kandungannya dengan PDX, GOS, dan beta-glucan, lalu difortifikasi dengan mikronutrien termasuk zinc, vitamin A, dan zat besi bermanfaat dalam menurunkan manifestasi alergi di kulit dan saluran pernapasan, contohnya seperti ruam dan asma.

Cermat dalam memilih susu formula merupakan salah satu kunci untuk melindungi anak dari ancaman berbagai jenis penyakit dan juga alergi. Pastikan si kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu.

Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung PDX GOS. Salah satu nutrisi tersebut ada di dalam susu formula.

Susu ini diformulasikan secara spesial karena memiliki kombinasi nutrisi unik dengan prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Dengan meminum susu ini, si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah. Sehingga momen cerdasnya dapat optimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Memilih Susu Soya yang Tepat untuk Kebutuhan Anak

Susu soya dapat menjadi sumber nutrisi anak. Namun, tetap teliti sebelum memilih susu soya untuk anak dan lakukan tips berikut ini.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 3 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Kelebihan Formula PDX GOS dan Betaglucan dalam Memperkuat Imun Anak

Susu formula dengan kandungan PDX, GOS, dan Betaglucan memiliki keunggulan untuk sistem imun anak. Benarkah demikian? Bagaimana cara kerjanya?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
susu formula untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 5 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 22 April 2020 . Waktu baca 7 menit

3 Pertanda Ketika Sistem Imun Anak Menurun

Apabila anak mulai sering atau mudah jatuh sakit, berarti sesuatu terjadi pada sistem imunnya. Yuk, kenali apa saja tanda saat sistem imun anak menurun.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
sistem imun menurun
Kesehatan Anak, Parenting 16 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

asi campur susu formula sufor

Bolehkah Mencampurkan Pemberian ASI dan Susu Formula untuk Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
susu formula untuk bayi

Aturan dalam Memberikan Susu Formula untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 16 menit
Konten Bersponsor
perbedaan susu sapi dan soya

Adakah Perbedaan pada Tumbuh Kembang Anak Minum Susu Sapi dan Soya?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
protein soya

Kenali Perbedaan Protein Soya dan Isolat Protein Soya Serta Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 3 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit