Tidak Mau Anak Kecanduan Game Online? Simak 4 Cara Mencegahnya di Sini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sejatinya, anak-anak memang sangat suka bermain. Itulah sebabnya banyak orangtua yang sengaja memanfaatkan games online di ponsel, komputer, atau gadget lain untuk membuatnya tenang. Sayangnya, terlalu sering bermain online berisiko berdampak buruk pada kesehatan anak. Lantas, bagaimana cara mencegah anak kecanduan game onlinehttps://hellosehat.com/mental/kecanduan/kecanduan-game-online/? Ikuti beberapa caranya berikut ini.

Dampak buruk anak sering main game online

Bermain game online memang mengasyikkan. Namun, tahukan Anda jika permainan online di ponsel atau komputer dapat membuat anak kecanduan? Seperti halnya alkohol, game online juga bersifat candu.

Disebut demikian karena selama bermain anak cenderung tidak akan memerhatikan hal-hal di sekitarnya. Ia jadi penasaran dengan tantangan selanjutnya sehingga enggan meninggalkan gadget sebentar saja. Bahkan, ia menolak untuk bermain di luar dengan teman-teman seusianya.

Jika dibiarkan, kesehatan dan pengembangan diri anak bisa terganggu. Paparan cahaya biru dari gadget bisa membuat mata lelah dan merusak mata. Kemudian, jari dan tangannya yang terus bergerak secara berulang juga akan terasa sakit.

Selain itu, dorongan kuat untuk terus bermain juga bisa berdampak buruk pada kepribadian dan prestasi anak. Ia akan lebih sering berbohong, tidur lebih malam, dan meniru kekerasan dari permainan tersebut.

Cara mencegah anak kecanduan game online

anak main gadget

Sebenarnya tidak apa-apa jika anak memainkan game online, asal tetap dalam pengawasan Anda. Membiarkan anak main game online sesuka hati, bisa membuatnya kecanduan. Jika anak sudah kecanduan, mengobatinya juga tidak mudah. Jadi, mencegahnya adalah langkah terpenting yang harus Anda lakukan, meliputi:

1. Batasi waktu anak bermain sendiri

Bermain sendiri memang memberikan manfaat bagi anak. Ia jadi mengenal dirinya dan kemampuannya lebih baik. Namun ingat, memberikan waktu anak bermain sendiri juga bisa memberikan peluang baginya untuk bermain game online sesuka hati.

Meski ia tidak bisa main di rumah, ia bisa pergi ke warung internet. Jadi, jangan biarkan ia bermain sendiri dalam waktu yang lama.

2. Simpan gadget dan pasang kata sandi

Media anak untuk memainkan game online adalah gadget. Jadi, jangan sembarangan meletakkan gawai di tempat yang mudah terjangkau. Anda harus menyimpannya di laci lemari. Ini menyulitkan anak untuk bermain gadget diam-diam.

Selain itu, pasangan kata sandi yang sulit ditebak anak supaya ia tidak bisa mengaksesnya dengan mudah. Kemudian, jangan biarkan gawai secara otomatis terpasang dengan internet. Jadi, anak mau tidak mau harus mendapatkan izin Anda lebih dahulu sebelum memainkan game online.

3. Tunjukkan sikap tegas Anda

Saat waktu main gadgetnya sudah habis, menyuruh anak berhenti main pasti sangat sulit. Mungkin ia akan terus mengulur waktu bahkan tantrum. Jika sudah seperti, jangan memanjakan anak dan membiarkannya main kembali. Cobalah bersikap tegas dengan mengambil atau matikan gadgetnya secara paksa.

Supaya pikirannya tidak lagi terpusat pada permainan, Anda harus mengajaknya melakukan aktivitas lain. Misalnya, menyuruhnya mandi, makan, atau membantu Anda beres-beres.

4. Isi dengan kegiatan yang menyenangkan

Mengurangi waktunya bermain, memang mencegah anak kecanduan game online. Namun, ini akan membuatnya mudah bosan.

Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mencari kegiatan pengganti yang menyenangkan, seperti mengajaknya berbelanja, menyiram tanaman, membersihkan halaman, atau kegiatan bersama lainnya yang menyenangkan.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Katanya, Anak Lebih Baik Main Permainan Tradisional Ketimbang Gadget?

Permainan anak tradisional atau gadget memiliki manfaat dan kekurangan. Jika dibanding, benarkah mainan tradisional lebih baik? Cari jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 9 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Jangan Asal Main! Ini 5 Tips Aman Main Mandi Bola yang Perlu Diketahui Ortu

Kolam mandi bola di mall adalah surganya anak-anak. Namun awas! Kolam bola warna-warni ini juga sekaligus jadi sarang ideal bagi kuman penyebab penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 20 Februari 2019 . Waktu baca 7 menit

Yuk, Buat Sendiri 3 Mainan Ini Agar Anak Makin Betah Bermain di Rumah

Tidak selalu beli, Anda bisa membuat mainan anak dengan barang-barang yang tersedia di rumah. Yuk, lihat apa saja dan bagaimana cara membuatnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 17 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Kapan Si Kecil Boleh Main Trampolin?

Lompat-lompat di trampolin memang menyenangkan. Tapi, tidak semua anak boleh memainkannya. Usia berapa anak boleh mulai main trampolin?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 23 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mainan anak untuk ngabuburit menunggu buka puasa

5 Permainan Bersama Anak untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 6 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
mainan anak laki-laki / permainan anak laki-laki

Rekomendasi Pilihan Mainan Anak Laki-laki dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 30 April 2020 . Waktu baca 8 menit
bahaya mainan slime

Ortu Perlu Tahu: Mainan Slime Timbulkan Risiko Gangguan Pencernaan Pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit
pacar sibuk kecanduan main game

4 Tips Menghadapi Pacar yang Selalu Sibuk Main Game

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit