Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Kegiatan Seru Ini Bisa Bantu Tingkatkan Imun Anak, lho Bu!

5 Kegiatan Seru Ini Bisa Bantu Tingkatkan Imun Anak, lho Bu!

Sistem imun yang bekerja dengan optimal, mendukung tubuh si Kecil tetap sehat dan tidak mudah sakit. Tidak hanya dari makanan saja, meningkatkan sistem imun anak dapat dilakukan dengan berkegiatan fisik lho, Bu.

Peran aktivitas fisik dalam meningkatkan sistem imun anak

Sejak kecil, anak perlu dibiasakan untuk bergerak aktif, berolahraga ataupun bermain. Aktivitas fisik ini membantu meningkatkan sistem imun pada anak.

Melansir Medline, saat tubuh berolahraga, kuman-kuman penyakit dibantu keluar melalui saluran pernapasan. Ini menghindarkan si Kecil dari infeksi yang menyerang saluran pernapasan, seperti batuk pilek, flu, dan lainnya.

Di samping itu, suhu di dalam tubuh akan meningkat saat dan setelah berolahraga. Peningkatan suhu tubuh ini mencegah kuman, seperti bakteri atau virus berkembang, sehingga mendorong kerja sistem imun melawan infeksi penyakit.

Aktivitas fisik menguntungkan untuk kesehatan si Kecil, karena si Kecil memiliki bekal benteng pertahanan tubuh dalam untuk mencegah kuman penyakit masuk.

Berbagai ide kegiatan untuk meningkatkan imun anak

Ketika tubuh si Kecil sehat, pastinya ia akan lebih mengeksplorasi menjajaki proses tumbuh kembangnya. Berdasarkan laman Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, si Kecil memerlukan waktu 60 menit untuk bergerak aktif setiap harinya.

Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun anak, baik di dalam atau di luar rumah. Berikut ini ide-ide kegiatan ataupun olahraga seru untuk si Kecil.

1. Latihan yoga sederhana

meningkatkan imun anak dengan yoga

Yuk, coba sesekali ajak si Kecil yoga bersama Ibu. Olahraga yang satu ini membantu anak meningkatkan sistem imun dan menyegarkan tubuh. Gerakan yoga sebagian besar membantu meregangkan otot-otot si Kecil dan dilakukan dengan gerakan perlahan.

Mulai saja dengan gerakan-gerakan sederhana, sehingga si Kecil mudah mengikutinya. Berikut contoh gerakan yoga untuk si Kecil.

Tree pose

  • Berdirilah dengan kedua kaki selebar pundak.
  • Lalu, angkat salah satu kaki ke bagian samping lutut dan paha.
  • Katupkan kedua tangan di atas kepala, sehingga menyerupai pohon.
  • Tahan beberapa detik, lalu ulangi pada kaki yang satunya
  • Frog pose

Berdirilah dengan kaki lebih lebar

  • Berjongkok dan buka kaki lebar dengan tungkai menghadap ke luar tubuh.
  • Lalu, letakkan tangan pada lantai, sehingga pose menyerupai kodok.
  • Tahan beberapa detik, kemudian melompatlah setinggi mungkin

Ini merupakan dua contoh dari banyak gerakan yang bisa dilakukan. Ibu dan si Kecil bisa mengikuti gerakan-gerakan yoga sederhana yang lebih bervariasi melalui video online.

2. Bersepeda

Bersepeda bersama si Kecil juga menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan berkala. Misalnya, pagi-pagi bersepeda mengitari komplek sambil melihat-lihat tanaman di sekitar taman komplek. Bersepedalah di pagi hari, sehingga si Kecil juga mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Di samping meningkatkan sistem imun anak, bersepeda juga baik untuk menguatkan tulang dan ototnya. Stamina dan kekuatan tubuh si Kecil juga dilatih, sehingga tubuhnya tetap bugar menjalani hari.

3. Berkebun

meningkatkan imun anak dengan berkebun

Berkebun merupakan aktivitas yang sedang banyak digemari oleh para Ibu. Nah, tidak ada salahnya lho untuk mengajak si Kecil ikut merawat tanaman di kala senggang. Berkebun juga menjadi salah satu aktivitas fisik yang bisa meningkatkan imun anak, misalnya saat mereka memberi pupuk, memetik daun yang mati, atau menyirami tanaman.

Seperti dilansir dari Let Grow, berkebun memberi manfaat untuk si Kecil, seperti mendorong perkembangan kemampuan motorik dan kognitif. Siapa tahu kegiatan kecil ini bisa dilakukan rutin. Selain menyenangkan, si Kecil mendapatkan pengalaman berharga merawat tanaman sambil beraktivitas fisik.

4. Mengajak hewan peliharaan jalan-jalan

Mengajak si Kecil sambil berjala kaki dengan hewan peliharaannya juga menjadi ide yang menarik. Tak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar komplek pada sore hari. Jika dilakukan secara rutin, hal ini bisa membawa kebiasaan yang baik hingga pada masa dewasanya nanti.

Berdasarkan Kids Health, jalan kaki termasuk sebagai aktivitas aerobik yang mampu mendukung fungsi jantung dan memperbaiki kemampuan tubuh dalam mengedarkan oksigen ke sel-sel tubuh. Aktivitas ini dapat meningkatkan imun anak dengan cara yang menyenangkan.

5. Menari

anak menari
Happy Asian child having fun and dancing in a room, active leisure and lifestyle concept

Bila tidak memungkinkan melakukannya di luar, olahraga di dalam rumah juga asyik kok. Pasang musik favorit si Kecil dan menarilah bersama.

Laman Texas Children juga mengatakan, menari merupakan olahraga sederhana yang baik untuk kesehatan mental dan bantu meningkatkan imun anak dalam melawan penyakit. Menari menjadi opsi yang menyenangkan untuk berolahraga di dalam rumah. Ibu bisa memutar video musik tarian favorit si Kecil dan ikut memeragakan bersamanya.

Deretan kegiatan seru ini amat mudah dilakukan. Coba yuk rutinkan kegiatan tersebut agar ia terbiasa melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Nutrisi penting untuk mendukung imunitas si Kecil

anak minum susu sapi

Setiap harinya, Ibu pasti mempersiapkan menu-menu terbaik untuk si Kecil. Ibu juga bisa melengkapi nutrisi si Kecil dengan susu formula yang mengandung prebiotik PDX GOS dan serat pangan beta glukan. Mengapa keduanya penting?

Berdasarkan penelitian dari Epidemology and Infection, anak-anak yang tinggal di daerah tropis, memiliki risiko besar mengalami infeksi pada saluran pernapasannya. Maka itu, anak membutuhkan nutrisi yang mampu mencegah infeksi penyakit, terutama yang berkenaan dengan infeksi saluran pernapasan.

Oleh karenanya, si Kecil butuh nutrisi pelengkap yang bantu meningkatkan sistem imun. Studi dari jurnal Nutrition Journal mengatakan, konsumsi susu pertumbuhan yang mengandung prebiotik PDX:GOS dan serat beta glucan mampu menekan risiko infeksi penyakit pada saluran pernapasan si Kecil dan menekan risiko pengembangan alergi.

PDX:GOS dan beta glucan dapat ditemukan pada susu pertumbuhan untuk menyeimbangkan mikrobiota usus si Kecil untuk dukung saluran pencernaan yang sehat. Saluran pencernaan yang sehat tentunya meningkatkan sistem imun anak supaya bekerja optimal.

Maka itu, Ibu bisa memastikan kelengkapan nutrisi si Kecil terjaga, termasuk pemberian susu pertumbuhan dengan kandungan PDX:GOS dan beta glucan. Dengan begitu, imunitas si Kecil terjaga dengan baik dan tubuhnya tidak mudah diserang penyakit.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Encyclopedia, M., & immunity, E. (2021). Exercise and immunity: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 22 January 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/007165.htm

Can exercise boost immune function in children? | Texas Children’s Hospital. (2021). Retrieved 22 January 2021, from https://www.texaschildrens.org/blog/can-exercise-boost-immune-function-children

How much physical activity do children need? | Physical Activity | CDC. (2021). Retrieved 22 January 2021, from https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/children/index.htm

Kids and Exercise (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 22 January 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/exercise.html

Wondering What to Feed Your Kids? Try a Little Dirt!. (2020). Retrieved 22 January 2021, from https://letgrow.org/benefits-of-soil-microbes/

Healthy Living: Yoga for Kids (2021). Retrieved 22 January 2021, from https://www.uaex.edu/publications/PDF/FSFCS24.pdf

How to get vitamin D from sunlight. (2018). Retrieved 22 January 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-get-vitamin-d-from-sunlight/

Cycling – health benefits. (2021). Retrieved 22 January 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits

Paynter, S. (2014). Humidity and respiratory virus transmission in tropical and temperate settings. Epidemiology and infection. 143. 1-9. 10.1017/S0950268814002702. 

Pontes, M. V., Ribeiro, T. C. M., Ribeiro, H., de Mattos, A. P., Almeida, I. R., Leal, V. M., Cabral, G. N., Stolz, S., Zhuang, W., & Scalabrin, D. M. F. (2016). Cow’s milk-based beverage consumption in 1- to 4-year-olds and allergic manifestations: an RCT. Nutrition Journal15. https://doi.org/10.1186/s12937-016-0138-0

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 25/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto