home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Gangguan kesehatan mata dapat menimbulkan gangguan aktivitas, termasuk pada anak. Kondisi mata yang kurang optimal dapat menghambat dari sisi akademis, sosial, dan hobi. Pasalnya, penglihatan memainkan peran penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua menjaga kesehatan mata anak. Berikut cara yang dapat dilakukan.

Apa yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata buah hati:

1. Periksa ke dokter secara rutin

Periksakan si kecil ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mata anak Anda tetap sehat, atau untuk mendeteksi adanya masalah pada mata si kecil lebih dini, seperti ambylopia, hyperopia, atau miopi (mata minus). Semakin cepat masalah terdeteksi, maka semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan.

2. Beri nutrisi untuk mata

Biasakan anak Anda untuk makan sayur dan buah-buahan, seperti wortel, tomat, stroberi, dan lain-lain. Hal ini untuk memastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein. Makanan seperti ikan salmon, udang, ikan tuna, dan ikan patin juga baik untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

3. Pakaikan topi atau kacamata hitam saat anak bermain di luar

Lindungi mata anak Anda dari sinar UV yang bisa merusak penglihatan. Anda dapat melindungi dengan memakaikan kacamata hitam atau topi saat beraktivitas di siang hari yang terik.

4. Batasi terlalu lama berada di dalam ruangan

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya rabun dekat atau miopi karena anak Anda terlalu sering bermain di dalam ruangan. Namun Anda harus ingat untuk tetap melindungi mata anak Anda dari sinar UV.

5. Rangsang indra penglihatan

Seiring dengan perkembangan mata sejak bayi hingga sekitar usia 8 tahun, penting bagi Anda untuk membantu merangsang perkembangan visualnya, di antaranya dengan mainan dengan bermacam warna, mimik wajah, puzzle, blok susun, dan lainnya.

6. Beri contoh yang baik

Orang tua sering kali melarang anak untuk menonton TV terlalu dekat, menggunakan gadget terlalu sering. Orang tua juga pasti selalu menganjurkan anak makan sayur atau buah-buahan, dan pakai kacamata untuk melindungi indra penglihatan dari sinar UV.

Namun, semua anjuran dan larangan tersebut akan lebih mudah dilakukan oleh anak-anak jika sebagai orang tua, Anda juga memberikan contoh yang nyata kepada mereka. Anak-anak adalah masa di mana mereka memiliki kemampuan terbaik dalam mencontoh perilaku orang-orang di sekitarnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati
Tanggal diperbarui 18/11/2020
x