Dosis dan Cara Pakai Cetirizine untuk Mengobati Gatal

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Cetirizine adalah obat antihistamin yang berfungsi meredakan reaksi alergi, seperti pilek, mata merah dan berair, juga kulit gatal biduran. Cetirizine untuk gatal dan alergi umum diresepkan dokter dalam bentuk tablet 10 mg atau sediaan cair (sirup atau drop) kemasan 10mg/ml, yang ditelan lewat mulut. Cetirizine juga tersedia dalam versi generik nonresep.

Ikuti anjuran dari dokter Anda tentang dosis dan cara pakai cetirizine untuk gatal alergi. Dosis yang diberikan oleh dokter sudah dipertimbangkan berdasarkan kondisi fisik, keseriusan reaksi alergi, dan berbagai pertimbangan medis lainnya. Simak panduan umum ini sebelum mengonsumsi cetirizine untuk mengobati masalah Anda.

Takaran dosis dan cara pakai cetirizine untuk gatal

Panduan di bawah ini berlaku untuk semua kasus, kecuali dokter telah memberikan Anda petunjuk berbeda tentang cara menggunakan cetirizine untuk gatal dan reaksi alergi Anda.

Cara pakai cetirizine tablet 10 mg

Dosis cetirizine untuk gatal bagi orang dewasa dan remaja berusia di atas 12 tahun biasanya 10 mg yang dikonsumsi utuh satu tablet, satu kali sehari. Sementara itu, dosis cetirizine untuk anak usia antara 6-12 tahun adalah satu tablet cetirizine 10 mg yang dibagi dua untuk dikonsumsi dua kali sehari.

Cetirizine tablet 10 mg tersedia dalam dua versi. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini agar kemanjuran obat sepenuhnya efektif.

  • Cetirizine untuk gatal dalam bentuk tablet kunyah: kunyah pil sampai benar-benar hancur di mulut dan telan. Setelah itu, minumlah segelas air putih untuk membantu membilas sisa tablet di mulut.
  • Cetirizine untuk gatal dalam bentuk pil cepat larut: biarkan pil larut di lidah lalu telan. Minum segelas air putih untuk melarutkan sisa obat di lidah.

Cara pakai cetirizine sirup 10 mg/ml

Cetirizine sirup biasanya dikemas dalam botol berisi larutan berwarna putih transparan jernih dengan rasa dan bau mirip pisang. Certirizine untuk gatal dan alergi dalam bentuk sirup memiliki variasi kekuatan dosis: larutan 1 mg/ml dan 5 mg/ml. Pastikan Anda periksa kekuatan dosis cetirizine milik Anda sebelum menakar dosis.

Begini takaran dosis cetirizine sirup:

  • Anak usia 2-6 tahun: 5 ml. Bisa diberikan sebagai dosis tunggal satu kali sehari atau sebagai dosis terbagi yang diberikan dua kali sehari (5 mL di pagi hari dan 5 mL di malam hari). Jangan berikan lebih dari 5 ml dalam 24 jam.
  • Anak usia 6-12 tahun: 10 ml. Bisa diberikan sebagai dosis tunggal satu kali sehari atau sebagai dosis terbagi yang diberikan dua kali sehari (2,5 mL di pagi hari dan 2,5 mL di malam hari). Jangan berikan lebih dari 5 ml dalam 24 jam.
  • Remaja >12 tahun dan dewasa: 10 ml satu kali sehari

Jangan menakar obat menggunakan sendok makan biasa. Takar obat sirup hanya dengan sendok/cup takaran khusus yang disertakan dalam kemasan obat. Jika Anda tidak memiliki perangkat khusus untuk mengukur dosis, minta kepada apoteker.

Cara pakai cetirizine drop 10 mg/ml

Cetirizine sirup biasanya dikemas dalam botol berisi larutan berwarna putih transparan jernih dengan rasa dan bau mirip pisang, yang juga disertai pipet kecil untuk menakar tetes dosis. Certirizine untuk gatal dan alergi dalam bentuk drop biasanya mengandung 10mg/ml larutan cetirizine.

Silakan ikuti petunjuk takaran dosis di bawah ini agar kemanjuran cetirizine untuk gatal sepenuhnya efektif.

  • Anak 2-6 tahun: 5 tetes (setengah sendok makan) dua kali sehari, di pagi dan malam hari
  • Anak 6-12 tahun: 10 tetes (1 sdm) dua kali sehari, di pagi dan malam hari
  • Remaja >12 tahun dan dewasa: 20 tetes (2 sdm) satu kali sehari.

Cetirizine drop harus dilarutkan dengan air. Teteskan cetirizine drop sesuai dosis yang dianjurkan dalam satu sendok makan air putih. Untuk menghindari kontraindikasi, hindari mencampurkan cetirizine drop dengan susu, teh, kopi, dan minuman beralkohol. Anda juga bisa melarutkannya dalam makanan, namun efek obat akan muncul sedikit terlambat (kira-kira satu jam setelah minum obat).

Aturan pakai cetirizine untuk gatal

Sebelum mengonsumsi cetirizine, baca teliti dulu keterangan yang tercantum pada brosur atau label kemasan obat. Biasanya dalam kemasan obat terdapat informasi umum seputar dosis dan cara pakai cetirizine. Jangan menggunakan obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Cetirizine boleh diminum sebelum atau sesudah makan. Jika Anda mengalami sakit perut setelah minum obat, sebaiknya konsumsi obat ini setelah makan untuk mengurangi iritasi lambung.

Tablet cetirizine 10 mg harus dihindari oleh wanita hamil. Konsumsi obat yang disengaja oleh ibu hamil tidak menghasilkan efek berbahaya pada janin. Namun demikian, penggunaan obat harus tetap dihentikan. Begitu pula bayi dan anak berusia di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi cetirizine drop. Orang dewasa yang lebih tua mungkin perlu mengambil dosis yang lebih rendah dari takaran dewasa normal.

Bila dikonsumsi sesuai dosis, obat ini biasanya tidak menyebabkan kantuk. Namun, Anda yang sedang mengemudikan kendaraan bermotor atau mengoperasikan alat berat sebaiknya berhati-hati setelah minum cetirizine untuk gatal. Hubungi dokter jika gejala tidak membaik, makin memburuk, atau jika Anda juga mengalami demam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tes Tempel (Skin Patch Test)

Tes tempel (skin patch test) adalah metode untuk memastikan apa pemicu alergi Anda. Cari tahu persiapan, proses, dan cara baca hasilnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena cacingan. Simak rekomendasi obat cacing untuk orang dewasa berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang diderita banyak orang di Indonesia. Cari tahu obat sinusitis, penyebab, ciri, pengobatan dan gejala sinusitis lainnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 28 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit hepatitis adalah

Penyakit Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Syok Anafilaktik

Syok Anafilaktik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit