Cyclizine

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Cyclizine Obat Apa?

Untuk apa cyclizine?

Cyclizine adalah obat antihistamin. Obat ini digunakan untuk mencegah atau mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi keliyengan, pusing, dan kehilangan keseimbangan (vertigo) yang disebabkan oleh penyakit yang memengaruhi telinga bagian dalam. 

Cyclizine adalah obat yang bekerja pada area otak yang mengontrol mual dan muntah dan pada telinga bagian dalam untuk mengurangi gejala-gejala tersebut. 

Periksa bahan penyusun obat pada label bahkan jika Anda telah menggunakan produk ini sebelumnya. Produsen mungkin telah mengubah bahan obat. Selain itu, produk dengan nama yang mirip mungkin mengandung bahan-bahan yang berbeda yang dimaksudkan untuk tujuan yang berbeda pula. Ingat, menggunakan obat-obatan yang salah dapat membahayakan Anda.

Bagaimana cara penggunaan cyclizine?

Jika Anda mengambil produk obat di pasaran untuk mengobati diri Anda sendiri, bacalah semua petunjuk pada paket produk sebelum menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan apoteker Anda. Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, konsumsilah seperti yang diarahkan.

Dosis didasarkan pada usia Anda, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk, atau jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, dapatkan bantuan medis segera.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan cyclizine?

Cyclizine adalah salah satu obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Cyclizine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cyclizine untuk orang dewasa?

Untuk mengatasi mabuk perjalanan, dosis cyclizine adalah:

  • 50 mg secara oral 30 menit sebelum keberangkatan. Dosis dapat diulang setiap 4 sampai 6 jam dan tidak melebihi 200 mg / 24 jam.

Untuk mengatasi mual/muntah, dosis cyclizine adalah:

  • 50 mg secara oral atau intramuskular setiap 4 sampai 6 jam sesuai kebutuhan. Dosis harian tidak boleh melebihi 200 mg.

Bagaimana dosis cyclizine untuk anak-anak?

Untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak-anak, dosis cyclizine adalah:

  • 13-18 tahun: 50 mg secara oral lebih dari 4 kali sehari.
  • 6-12 tahun: 25 mg secara oral lebih dari 3 kali sehari.

Dalam dosis apakah cyclizine tersedia?

Kesediaan obat cyclizine adalah tablet 50 mg.

Efek samping Cyclizine

Efek samping apa yang dapat dialami karena cyclizine?

Efek samping yang paling umum dari obat cyclizine adalah:

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Cyclizine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cyclizine?

Anda tidak boleh menggunakan cyclizine jika Anda alergi terhadap obat ini. Selain itu, untuk memastikan cyclizine aman untuk Anda, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki:

Apakah cyclizine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •  A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi Obat Cyclizine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cyclizine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan dengan sekaligus, namun dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau membuat tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cyclizine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cyclizine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Cyclizine

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Vasodilator, Obat untuk Memperlebar Pembuluh Darah

Vasodilator merupakan salah satu pengobatan untuk menangani kondisi hipertensi atau penyakit jantung. Simak penjelasannya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Anti Mabuk Saat Perjalanan Jauh?

Ibu hamil ternyata juga rentan mengalami mabuk saat perjalanan jauh. Lalu, apa obat mabuk perjalanan aman diberikan untuk ibu hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Alasan Medis Mengapa Main HP (atau Gadget Lainnya) di Mobil Bikin Mual

Pernahkah Anda merasa mual akibat main HP atau gadget lainnya di mobil? Rupanya, ada alasan medis di balik kondisi tersebut. Berikut penjelasannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

4 Titik Akupresur untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Akupresur ternyata dinilai cukup ampuh untuk mengatasi mual, termasuk yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Inilah 4 titik yang bisa Anda coba.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gejala Muntaber

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
cara menyimpan obat padat

Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyimpan Obat Padat yang Benar

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020
sakit maag adalah

Maag (Dispepsia)

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020
gedemam berdarah muntah

4 Cara Agar Tidak Lemas Akibat Muntah-muntah Saat DBD

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020