Avigan (Favipiravir)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Kegunaan

Untuk apa obat Avigan (favipiravir)?

Avigan, atau yang juga dikenal dengan favipiravir dan T-705, adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang, Fujifilm Toyama Chemical. Saat ini, obat Avigan belum tersedia di Indonesia.

Obat ini merupakan turunan dari pyrazinecarboxamide dan digunakan untuk mengobati flu, terutama yang disebabkan oleh virus influenza.

Selain digunakan untuk melawan virus influenza, Avigan juga terbukti efektif menghambat replikasi jenis-jenis virus lainnya, terutama yang tergolong dalam jenis virus RNA.

Berikut adalah jenis virus dengan RNA yang dapat dilawan dengan Avigan:

  • flavivirus
  • alphavirus
  • filovirus
  • bunyavirus
  • arenavirus
  • norovirus

Tidak hanya itu saja, Avigan atau favipiravir juga merupakan salah satu obat yang kini sedang dalam tahap uji sebagai pilihan pengobatan COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau coronavirus.

Sebuah uji klinis yang dilakukan Tiongkok menunjukkan bahwa favipiravir yang terdapat dalam Avigan berpotensi melawan virus penyebab COVID-19.

Tingkat keberhasilannya pun jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan obat antivirus lainnya, seperti lopinavir dan ritonavir.

Bagaimana aturan pakai Avigan (favipiravir)?

Avigan adalah obat yang hanya boleh diminum sesuai dengan resep dokter. Ikuti aturan minum obat yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Selalu baca petunjuk pemakaian obat sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini adalah obat oral, artinya harus diminum melalui mulut. Minumlah Avigan dengan satu gelas air putih. Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, atau lebih lama dari yang disarankan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai aturan pakai Avigan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Avigan atau favipiravir paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkanlah obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi atau membekukannya di freezer.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Avigan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan dengan Avigan (favipiravir).

Dalam bentuk dan dosis apa saja obat ini tersedia?

Obat Avigan (favipiravir) tersedia dalam bentuk tablet berukuran 200 mg.

Bagaimana dosis Avigan untuk orang dewasa?

Menurut situs Fujifilm Toyama Chemical, dosis Avigan yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • 1.600 mg sebanyak 2 kali sehari di hari pertama
  • 600 mg sebanyak 2 kali sehari di hari ke-2 hingga ke-5

Total waktu pemberian obat Avigan (favipiravir) adalah 5 hari.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang menjelaskan secara gamblang mengenai dosis efektif untuk COVID-19. Hal ini masih dalam pertimbangan dan riset para ahli.

Bagaimana dosis Avigan untuk anak-anak?

Dosis Avigan untuk anak-anak hingga saat ini belum ditetapkan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Efek Samping

Apa saja efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi Avigan (favipiravir)?

Sama seperti obat-obatan pada umumnya, Avigan mungkin saja menimbulkan efek samping obat pada beberapa orang. Tingkat keparahan dan gejala efek samping yang muncul mungkin akan bervariasi.

Obat ini telah diuji oleh Pharmaceuticals and Medical Devices Agency (PMDA) di Jepang, termasuk bagaimana efek sampingnya terhadap binatang.

Hasil uji tersebut menyatakan adanya beberapa potensi efek samping, seperti:

  • penurunan produksi sel darah merah
  • peningkatan kadar alkali fosfat dan transaminase aspartat (sering kali dikaitkan dengan gangguan hati)
  • gangguan pada testis

Namun, efek samping Avigan pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan Avigan (favipiravir)?

Sebelum memutuskan untuk memakai Avigan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus dipertimbangkan:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan Avigan.

Interaksi obat dapat membuat potensi efek samping muncul atau kinerja obat menjadi tidak efektif.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat, terutama pada Avigan, favipiravir, atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Apakah obat ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui?

Avigan atau favipiravir kemungkinan memiliki sifat teratogenik. Artinya, obat ini berpotensi menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, belum ada penelitian lebih lanjut apakah obat ini terserap ke dalam air susu ibu (ASI) dan terminum oleh bayi yang menyusu.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda mengenai konsumsi obat ini selama masa kehamilan atau menyusui.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Avigan?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan, termasuk obat-obatan resep, nonresep, dan produk herbal. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi obat yang ada. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obatapa pun tanpa seizin dokter.

Beberapa obat yang mungkin dapat berinteraksi dengan favipiravir, antara lain:

  • acyclovir
  • allopurinol
  • bisoprolol
  • carbamazepine
  • dexamethasone
  • diclofenac
  • fluvastatin
  • ibuprofen
  • lovastatin
  • naproxen
  • tetracycline
  • verapamil
  • warfarin

Apakah ada makanan atau minuman yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, perawat, atau tenaga medis lainnya.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi kerja obat Avigan.

Beri tahu dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, misalnya penyakit hati atau riwayat penyalahgunaan alkohol.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis obat, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112/ambulans) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Berikut adalah gejala-gejala overdosis obat yang perlu Anda waspadai:

  • mual
  • muntah-muntah
  • pusing
  • hilang keseimbangan
  • mati rasa dan kesemutan
  • kejang-kejang

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal minum obat semula. Jangan menggandakan dosis obat dalam satu kali minum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    LIPI Lakukan UJi Klinis Kandidat Suplemen Herbal COVID-19

    Tim peneliti melakukan uji klinis suplemen herbal COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 13/08/2020 . Waktu baca 4 menit

    7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

    Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Kecantikan 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit

    Ketahui Berbagai Kemungkinan Penyebab Benjolan di Penis

    Pernahkah Anda menemukan benjolan di penis Anda? Ada berbagai kemungkinan penyebab dari kondisi ini. Cari tahu dalam artikel berikut.

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 12/08/2020 . Waktu baca 4 menit

    Hematuria

    Hematuria adalah kondisi di mana urine mengandung sel darah merah. Cari tahu penyebab, gejala, dan pengobatan dari salah satu masalah urologi ini.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Urologi, Urologi Lainnya 12/08/2020 . Waktu baca 11 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    sarang nyamuk

    4 Tips Mencegah Rumah Menjadi Sarang Nyamuk

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 4 menit
    obstruksi outlet kandung kemih bladder outlet obstruction

    Bladder Outlet Obstruction (Obstruksi Outlet Kandung Kemih)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 6 menit
    sistokel kandung kemih turun

    Sistokel (Kandung Kemih Turun)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 8 menit
    obat herbal dan alami untuk kanker prostat

    Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alami untuk Kanker Prostat

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 6 menit