Mifepristone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Mifepristone Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Mifepristone?

Mifepristone adalah obat dengan fungsi untuk menghambat progesteron yang diperlukan tubuh untuk menjaga kehamilan Anda tetap berlangsung. Biasanya obat ini digunakan bersama dengan obat lain yang disebut misoprostol. Mifepristone (juga dikenal sebagai RU 486) digunakan untuk aborsi selama bagian awal kehamilan. Obat ini digunakan hingga minggu ke 7 kehamilan (sampai 49 hari sejak hari pertama haid terakhir Anda).

Mifepristone tidak boleh digunakan jika Anda mengalami kehamilan di luar kandungan/rahim (kehamilan ektopik). Obat ini tidak akan menyebabkan janin luruh dalam kasus ini. Justru akan menyebabkan kandungan pecah dan mengakibatkan pendarahan yang sangat serius.

Dosis mifepristone dan efek samping mifepristone akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Mifepristone?

Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan mifepristone. Baca ulang panduan jika diperlukan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker. Baca dan tandatangani formulir Perjanjian Pasien yang diberikan oleh dokter Anda. Katakan kepada dokter jika Anda tidak mengerti bagaimana menggunakan obat ini atau tidak dapat mengikuti petunjuk. Mifepristone hanya tersedia dari dokter Anda dan tidak tersedia di apotek atau toko obat.

Anda harus mengunjungi kantor dokter 3 kali (hari 1, 3, dan 14) untuk menyelesaikan pengobatan dan pemeriksaan. Perawatan ini hanya diberikan di bawah pengawasan medis langsung di kantor dokter, klinik, atau rumah sakit. Pastikan Anda mendapat instruksi yang jelas dari dokter mengenai siapa yang harus ditelepon dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Dokter Anda mungkin akan melakukan USG untuk memastikan kehamilan Anda kurang dari 7 minggu dan tidak di luar rahim (ektopik).

Mifepristone diminum dalam dosis tunggal atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Kembali temui dokter Anda 2 hari kemudian. Pada saat itu, jika aborsi belum berhasil erdeteksi oleh pemeriksaan USG atau, Anda perlu menggunakan obat lain (misoprostol) diminum dalam dosis tunggal. Penting untuk diperhatikan bahwa Anda memakai misoprostol tidak lebih dari 48 jam setelah Anda meminum mifepristone. Perdarahan besar pada vagina tidak berarti bahwa aborsi selesai.

Hindari jus grapefruit saat menggunakan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya.

Penting bagi Anda untuk kembali mengunjungi dokter untuk menindaklanjuti pemeriksaan 14 hari setelah memakai mifepristone, bahkan jika Anda tidak memiliki masalah.

Jika aborsi tidak berhasil atau tidak komplit, atau ada masalah medis serius, kemungkinan akan dilakukan operasi. Jika pengobatan gagal dan kehamilan berlanjut sampai kelahiran, akan ada risiko cacat lahir.

Bagaimana cara penyimpanan Mifepristone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Mifepristone untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Aborsi

Hari 1: tiga 200 mg tablet (600 mg Total) secara oral sebagai tunggal, satu dosis waktu. Hari 3: pasien kembali ke dokter 2 hari setelah mifepristone konsumsi. Kecuali penghentian kehamilan telah dikonfirmasi melalui pemeriksaan klinis atau pemindaian ultrasonografi pada kunjungan follow-up, pasien diberikan dua 200 tablet mcg (400 mcg Total) misoprostol oral, diberikan sebagai dosis tunggal satu waktu. Pasien kemudian kembali 14 hari setelah pemberian mifepristone untuk mengonfirmasi aborsi lengkap di awal kehamilan.

Dosis Dewasa biasa untuk Sindrom Cushing

Untuk mengontrol hiperglikemia sekunder untuk hiperkortisolisme pada pasien dewasa dengan sindrom Cushing endogen yang memiliki diabetes mellitus tipe 2 atau intoleransi glukosa dan telah gagal operasi atau tidak kandidat untuk operasi: Dosis awal yang dianjurkan adalah 300 mg per oral sekali sehari dengan makan. Dosis harian dapat ditingkatkan di 300 kenaikan mg tidak lebih sering dari sekali setiap 2 sampai 4 minggu. Dosis dapat ditingkatkan sampai maksimum 1.200 mg sekali sehari tapi tidak boleh melebihi 20 mg/kg per hari. Jika pengobatan dihentikan, harus ditentukan pada dosis terendah (300 mg).

Bagaimana dosis Mifepristone untuk anak-anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Mifepristone tersedia?

Tablet, Oral: 200 mg, 300 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Mifepristone?

Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda ini sebagai reaksi alergi: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan mifepristone dan hubungi dokter segera jika Anda mengalami:

  • Mual, kelemahan, perasaan lelah, merasa seperti Anda akan pingsan
  • Demam, menggigil, batuk dengan kuning atau hijau lendir
  • Nyeri dada menusuk, mengi, merasa sesak napas
  • Bengkak di tangan atau kaki
  • Pendarahan vagina yang tidak biasa atau tidak teratur
  • Gula darah rendah (sakit kepala, rasa lapar, kelemahan, berkeringat, kebingungan, mudah marah, pusing, denyut jantung cepat, atau merasa gelisah)
  • Kalium rendah (kebingungan, denyut jantung tidak teratur, haus yang ekstrim, peningkatan buang air kecil, kaki tiadk nyaman, kelemahan otot atau perasaan lemas)

Efek samping yang tidak begitu serius meliputi:

  • Sakit perut, mual ringan atau muntah
  • Diare atau sembelit
  • Mulut kering
  • Hidung tersumbat, sinusitis, sakit tenggorokan
  • Sakit kepala, pusing
  • Nyeri otot atau lemah otot, nyeri sendi, nyeri punggung
  • Nafsu makan menurun
  • Masalah tidur (insomnia)

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai efek samping, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Mifepristone?

Sebelum menggunakan mifepristone,

  • Hubungi dokter Anda jika Anda alergi terhadap mifepristone, obat lain, atau salah satu bahan dalam tablet mifepristone. Tanyakan apoteker Anda atau periksa bagian Informasi Pasien untuk komposisi bahan.
  • Beri tahu dokter jika Anda mengambil salah satu dari obat berikut atau telah menggunakannya dalam dua minggu terakhir: kortikosteroid seperti betametason (Celestone), budesonide (Entocort), kortison (Cortone), deksametason (Decadron, DexPak, Dexasone, orang lain), fludrocortisone (Floriner), hidrokortison (Cortef, Hydrocortone), methylprednisolone (Medrol, Meprolone, orang lain), prednisolon (Prelone, orang lain), prednison (Deltasone, Meticorten, Sterapred, orang lain), dan triamcinolone (Aristocort, Azmacort); obat-obatan yang menghambat sistem kekebalan seperti siklosporin (Neoral, Sandimmune), sirolimus (Rapamune), dan tacrolimus (Prograf); dihydroergotamine (DHE 45, Migranal); ergotamine (Ergomar, di Cafergot, di Migergot); fentanil (Duragesic); lovastatin (Mevacor); pimozide (Orap); quinidine (Quinidex); dan simvastatin (Zocor). Kemungkinan dokter akan memberitahu Anda untuk tidak menggunakan mifepristone jika Anda mengonsumsi satu atau lebih dari obat-obat tersebut.
  • Hubungi dokter dan apoteker mengenai obat dengan atau tanpa resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau telah digunakan dalam kurun dua minggu terakhir. Pastikan untuk menyebutkan salah satu dari zat berikut: antikoagulan (pengencer darah) seperti warfarin (Coumadin); antijamur seperti itrakonazol (Sporanox), ketoconazole (Nizoral), posaconazole (Noxafil), atau vorikonazol (Vfend); aspirin dan obat lain anti-inflammatory nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve, Naprosyn); bupropion (Wellbutrin); ciprofloxacin (Cipro); klaritromisin (Biaxin); conivaptan (Vaprisol); diltiazem (Cardizem); eritromisin (EES, E-Mycin, Erythrocin); fluvastatin (Lescol); kontrasepsi hormonal seperti pil KB, implan, patch, cincin, atau suntikan; obat untuk hepatitis C seperti boceprevir (Victrelis) dan telaprevir (Incivek); obat untuk HIV atau AIDS seperti amprenavir (Agenerase), atazanavir (Reyataz), efavirenz (), fosamprenavir (Lexiva), indinavir (Crixivan), lopinavir dan kombinasi ritonavir (Kaletra), nelfinavir (Viracept), ritonavir (ritonavir), dan saquinavir (Fortovase, Invirase); obat untuk kejang seperti carbamazepine (Tegretol), fenobarbital (Luminal, Solfoton), fenitoin (Dilantin); obat untuk TBC seperti rifabutin (Mycobutin), rifampin (Rifadin, Rimactane, di Rifamate, di Rifater) dan rifapentin (Priftin); nefazodone (Serzone); repaglinide (Prandin); telitromisin (Ketek); dan verapamil (Calan, Isoptin, orang lain). Banyak obat-obatan lain yang juga dapat berinteraksi dengan mifepristone, jadi pastikan untuk memberit ahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda gunakan, bahkan yang tidak tertera dalam daftar ini. Dokter mungkin perlu mengubah dosis obat atau memantau Anda dengan hati-hati untuk mencegah timbulnya efek samping.
  • Beri tahu dokter tentang produk herbal yang Anda pakai, terutama St John’s Wort
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah melakukan transplantasi organ atau jika Anda pernah memiliki penyakit tiroid. Jika Anda seorang wanita dan belum pernah menjalani operasi pengangkatan rahim, beritahu dokter jika Anda mengalami atau pernah mengalami perdarahan vagina yang tidak jelas, hiperplasia endometrium (pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim), atau kanker endometrium (kanker pada lapisan rahim Anda). Dokter mungkin akan memberitahu Anda untuk tidak mengambil mifepristone.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami atau pernah mengalami gagal jantung, interval QT yang berkepanjangan (masalah jantung langka yang dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, pingsan, atau kematian mendadak), kadar kalium rendah dalam darah Anda, insufisiensi adrenal (kondisi dimana kelenjar adrenal tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk melaksanakan fungsi tubuh), gangguan perdarahan, atau hati, ginjal, atau penyakit jantung.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menyusui

Apakah Mifepristone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Belum diketahui apakah mifepristone masuk ke dalam ASI atau apakah obat ini bisa membahayakan bayi. Jangan gunakan obat ini tanpa memberitahu dokter bila Anda menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Mifepristone?

Interaksi obat dapat mengubah cara obat bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Kemungkinan dokumen ini tidak mencantumkan semua interaksi obat. Simpanlah daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan dengan atau tanpa resep serta produk-produk herbal) dan ceritakan pada dokter dan apoteker. Jangan memakai, berhenti, atau mengubah dosis obat yang Anda gunakan tanpa seizin dokter.

  • Obat antijamur (ketokonazol, dan lain-lain)
  • Antibiotik
  • Antidepresan
  • Obat antivirus untuk mengobati HIV/AIDS atau hepatitis C
  • Pengencer darah seperti warfarin (Coumadin, Jantoven)
  • Obat steroid (deksametason, prednison, metilprednisolon, dan lain-lain)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Mifepristone?

Obat-obatan tertentu sebaiknya tidak digunakan pada atau sekitar waktu makan makanan atau makan jenis makanan tertentu karena interaksi dapat terjadi. Menggunakan alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan profesional kesehatan Anda penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau. Misalnya:

  • Jus grapefruit

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Mifepristone?

Adanya masalah medis lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lain, terutama:

  • Perdarahan vagina yang tidak normal
  • Kegagalan adrenal
  • Kehamilan ektopik (misalnya kehamilan yang berkembang di saluran tuba di luar rahim)
  • Kanker hiperplasia endometrium
  • Massa perut yang rendah yang tidak terdiagnosis
  • Porfiria (masalah enzim), tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • Masalah adrenal
  • Penyakit autoimun
  • Masalah perdarahan
  • Diabetes
  • Gagal jantung
  • Masalah jantung atau pembuluh darah (misalnya, penyakit pembuluh darah koroner)
  • Masalah irama jantung (misalnya, perpanjangan QT)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit paru. Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Anemia akut
  • Darah sulit membeku
  • Sirkulasi darah yang buruk. Mifeprex® dapat menyebabkan perdarahan berat dalam penggunaan porsi kecil, ini dapat meningkat pada pasien dengan gangguan perdarahan.
  • Hipokalemia (kalium rendah dalam darah), harus dikoreksi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati. Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat bertambah karena pencegahan yang terlambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca