Nama Generik: Gliserol Merek: Biocream dan Opicel.

Penggunaan

Apa itu Gliserol?

Gliserol adalah bahan kimia alami yang digunakan sebagai obat dengan fungsi untuk menurunkan berat badan, meningkatkan hasil olahraga, membantu tubuh mengganti cairan yang hilang selama diare dan muntah, dan menurunkan tekanan bola mata pada penderita glaukoma. Atlet juga menggunakan gliserol untuk menjaga agar tidak dehidrasi.

Layanan kesehatan kadang-kadang memberikan gliserol intravena (melalui IV) untuk menurunkan tekanan dalam otak dalam berbagai kondisi seperti stroke, meningitis, encephalitis, sindroma Reye, pseudotumor serebri, trauma sistem saraf pusat (SSP), dan tumor SSP; untuk menurunkan volume otak untuk prosedur bedah saraf; dan untuk mengobati pingsan akibat kurangnya aliran darah ke otak (pingsan postural).

Beberapa orang menggunakan gliserol untuk kulit sebagai pelembap.

Dokter mata terkadang menggunakan solution mengandung gliserol pada mata untuk mengurangi cairan di kornea sebelum pemeriksaan mata.

Dosis gliserol dan efek samping gliserol akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Gliserol?

Topikal: beberapa produk perlu dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Periksa label untuk memastikan apakah perlu dikocok atau tidak. Gunakan di kulit yang sakit sesuai kebutuhan atau aturan di label atau anjuran dokter. Frekuensi penggunaan obat tergantung pada obat dan kondisi kulit Anda. Untuk mengobati tangan yang kering, Anda mungkin perlu menggunakan produk setiap Anda mencuci tangan.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati ruam popok, bersihkan area popok sebelum penggunaan dan biarkan hingga kering sebelum menggunakan obat.

Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati kulit terbakar akibat radiasi, cek dengan petugas radiasi untuk melihat apakah merek tersebut dapat dipakai sebelum terapi radiasi.

Suppositories: cuci tangan Anda sebelum dan sesudah penggunaan Glyceron suppositories.

Jika suppository terlalu lembut untuk digunakan, letakkan di kulkas selama sekitar 15 menit atau rendam dengan air dingin. Lalu buang bungkus dan lembapkan obat dengan air dingin.

Berbaring pada salah satu sisi tubuh. Masukkan ujung obat ke rektum, lalu gunakan jari Anda untuk menekannya hingga habis.

Jika Anda melewatkan dosis Glyceron suppository, gunakan sesegera mungkin. Jika sudah mendekati dosis berikutnya, lewatkan dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis reguler Anda. Jangan menggunakan 2 dosis di hari yang sama, kecuali dianjurkan oleh dokter.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Gliserol?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Gliserol untuk orang dewasa?

Oral
Tambahan pada glaukoma akut
Dewasa: Awalnya, 1-1.8 g/kg as a 50% solution.

Oral
Penurunan volume vitreous jangka pendek dan tekanan intraokular sebelum dan sesudah operasi mata

Dewasa: Awalnya, 1-1.8 g/kg as a 50% solution.

Rectal
Konstipasi
Dewasa: 2250 mg suppository sesuai kebutuhan. 

Bagaimana dosis Gliserol untuk anak-anak?

Rectal
Konstipasi
Anak-anak: 1375 mg suppository sesuai kebutuhan

Dalam dosis apakah Gliserol tersedia?

Glyceron tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut.

Ophthalmic, Solution: 1%
Supporitories, Liquid: 5.6g/5.5 mL (7.5 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Gliserol?

Efek samping dapat berupa:

  • oral: sakit kepala, mual, muntah; diare, haus, pusing, gangguan mental.
  • dehidrasi berat.
  • IV: hemolisis, hemoglobinuria dan gagal ginjal akut. Iritasi lokal misalnya rasa tidak nyaman dan terbakar pada rektum. Berpotensi Fatal: Aritmia jantung; sirkulasi overload, edem paru dan CHF.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Gliserol?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahukan dokter jika:

  • Anda alergi Glyceron
  • sistem pencernaan Anda tersumbat
  • nyeri perut yang tidak terdiagnosis

Apakah Gliserol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Gliserol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Arsenic Trioxide
  • Licorice

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Gliserol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Gliserol?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • diabetes mellitus tipe 2—penggunaan Glyceron dapat meningkatkan risiko dehidrasi (terlalu banyak kehilangan cairan tubuh)
  • kondisi mental yang kebingungan atau pikun
  • penyakit jantung
  • penyakit ginjal—Glyceron dapat memperburuk kondisi ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan