5 Jenis Obat Oles yang Ampuh Mengatasi Kulit Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Merasakan gatal pada permukaan kulit tentu bikin siapa saja tidak nyaman. Anda biasanya akan sibuk menggaruk kulit gatal yang justru bisa memperparah rasa gatalnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan krim obat gatal. Pasalnya, penggunaan krim ini dapat menghentikan rasa gatal dengan melembabkan kulit dan membantu sistem kekebalan tubuh Anda tanpa menimbulkan reaksi berlebihan. Nah, Anda patut menyimak ulasan berikut agar tidak salah memilih krim untuk mengatasi kulit gatal.

Kenali dulu penyebab kulit gatal

Jenis krim yang Anda pilih nantinya harus sesuai dengan apa yang menyebabkan kulit gatal. Banyak hal yang bisa membuat kulit Anda menjadi gatal. Mulai dari kulit kering, eksim, atau dermatitis kontak. Hal ini biasanya terjadi setelah kulit Anda bersentuhan dengan pemicu gatal, seperti sabun atau lotion yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda.

Bila Anda hanya merasakan gatal di bagian tubuh tertentu, ini bisa jadi disebabkan oleh gigitan serangga, infeksi seperti kurap, dan alergi terhadap tanaman atau logam perhiasan imitasi. Hal ini sering terjadi pada saat musim panas yang juga membuat kulit terbakar sinar matahari. Lain halnya dengan gatal akibat kulit kering yang lebih sering terjadi pada cuaca dingin.

Sebagian besar penyebab kulit gatal memiliki perawatan khusus sehingga Anda perlu memperhatikan baik-baik pemilihan obat maupun krim yang tepat untuk mengatasi kulit gatal. Jika Anda tidak yakin dengan penyebab rasa gatal pada kulit Anda, sebaiknya Anda segera mendiskusikannya dengan dokter.

Selain dengan obat gatal, cari tahu apa saja cara umum meredakan kulit gatal dalam video berikut ini:



Tips memilih krim yang ampuh untuk mengobati kulit gatal

Sebelum membeli krim untuk mengobati kulit gatal Anda, lihat labelnya dan pastikan krim yang Anda pilih mengandung bahan-bahan berikut. Akan tetapi, sebelumnya Anda tetap wajib berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah memilih krim untuk kulit gatal Anda.

1. Hidrokortison

Hidrokortison merupakan salah satu krim steroid non-fluorinated yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Menurut dr. Ethan Lerner, Ph.D., seorang profesor dermatologi di Harvard Medical School, krim yang mengandung satu persen hidrokortison sangat bagus untuk mengobati ruam dan gatal yang disebabkan oleh logam perhiasan, gesper, dan iritan dari produk laundry.

Selain itu, krim ini juga cocok digunakan untuk membantu menyamarkan rasa gatal yang disebabkan oleh kondisi kulit akibat alergi pada area kulit yang tidak terlalu menyebar. Akan tetapi, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan hidrokortison selama lebih dari dua minggu. Pasalnya, pemakaian hidrokortison yang terlalu lama dapat menipiskan lapisan kulit dan bisa membuatnya menjadi lebih gatal.

Hindari penggunaan hidrokortison di sekitar jari kaki, vagina, dan pangkal paha yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Sebab, ini dapat membuat infeksi jamur menjadi lebih parah dan mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga membuat jamur tumbuh subur.

2. Calamine

Calamine yang biasanya tersedia dalam bentuk losion memang tidak sepopuler hidrokortison. Namun, kandungan calamine ini mengandung campuran oksida seng dan oksida besi yang sangat efektif untuk menghilangkan gatal dan mengeringkan ruam yang melepuh. Selain itu, gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan terbukti ampuh teratasi dengan calamine.

3. Dipenhydramine

Dipenhydramine merupakan antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel, maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Dipenhydramine ini bekerja dengan menghalangi efek gatal dari histamin, senyawa yang diproduksi di kulit selama reaksi alergi.

Kandungan dipenhydramine direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan karena gigitan serangga atau sengatan hewan. Namun, Anda perlu hati-hati sebab penggunaan krim ini dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan alergi pada beberapa orang.

4. Pramoxine

Pramoxine merupakan anastesi ringan yang sering ditambahkan pada produk anti gatal yang juga mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya. Kandungan ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

5. Menthol

Kandungan menthol pada krim obat gatal berfungsi untuk mengirimkan sensasi dingin ke kulit dan otak dengan mengalihkan perhatian Anda pada gatal yang dirasakan. Menthol ini sangat efektif untuk mengatasi kulit gatal, tapi sayangnya tidak untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Begini cara mengakalinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Obat apa yang Anda andalkan ketika sakit gigi menyerang? Berikut adalah obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dijadikan pilihan!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit

Alergi Binatang Kucing dan Anjing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Suka gatal dan bersin saat di dekat hewan berbulu? Bisa jadi itu pertanda Anda alergi binatang seperti kucing atau anjing. Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 15 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya makanan asin

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
vaksin MMR

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit