Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selain mempersiapkan finansial dan suntik vaksin sebelum berangkat haji, Anda perlu melakukan persiapan untuk kesehatan fisik. Persiapan ini dilakukan sebagai “tabungan kesehatan” selama Anda beraktivitas di Tanah Suci.

Maka itu, ketahui cara menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan sebelum berangkat ibadah haji.

Menjaga kesehatan sebagai persiapan sebelum berangkat haji

Setiap orang yang bepergian ke manapun pasti ingin perjalanan dan rencananya berjalan dengan lancar. Begitu juga jemaah haji yang telah merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya dari sebelum keberangkatan, berharap agar segalanya lancar saat beribadah di Tanah Suci.

Menjaga kesehatan perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H keberangkatan. Tidak berhenti sampai di situ saja, rangkaian cara untuk menjaga kesehatan akan berlanjut ketika Anda berada dalam perjalanan di pesawat, serta saat tiba di Tanah Suci.

Sebelum itu, sebaiknya lakukan tips ini sebagai persiapan sebelum berangkat haji.

1. Medical check up

Medical check up, hal penting yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum berangkat haji. Di sini dokter akan melakukan rangkaian pemeriksaan untuk mengetahui seberapa prima kondisi tubuh Anda dalam melakukan ibadah haji.

Medical check up merupakan salah satu tindakan preventif untuk mendeteksi masalah kesehatan. Jika ada, dokter akan meresepkan dan merekomendasikan hal yang perlu Anda lakukan sehingga tubuh cukup sehat untuk menjalani ibadah haji.

2. Minum banyak air, persiapan sebelum berangkat haji

Tubuh manusia membutuhkan air untuk menyeimbangkan kerja organ tubuh. Minum air memiliki banyak manfaat, terutama untuk melubrikasi sendi, mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, serta menjaga kestabilan suhu tubuh dan tekanan darah.

Secara keseluruhan, banyak minum air juga meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

3. Makan dengan gizi seimbang

Pada dasarnya, makanan dengan gizi seimbang mencakup protein, lemak, serat, kalsium, dan karbohidrat. Selalu sertakan kandungan di atas dalam tiap menu makanan yang tersaji. Misalnya. nasi, ayam atau ikan, sayur bayam, serta minum susu.

Jangan lupa untuk mengonsumsi serat yang terkandung pada sayur dan buah. Vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya membantu melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Makan dengan gizi seimbang dapat meningkatkan energi, mendukung kesehatan, serta membuat suasana hati membaik. Konsumsi makanan gizi seimbang sebagai persiapan sebelum berangkat haji.

4. Hindari makanan berlemak tinggi

Pizza, ayam goreng tepung. kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya memang jadi pilihan menarik. Sayangnya. lemak trans dalam makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan, karena dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh, serta menekan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Selain itu, makanan yang diproses mengandung tinggi sodium yang dapat memengaruhi kesehatan sistem pencernaan. Salah satu dampaknya adalah sembelit. Maka, sebisa mungkin hindari makanan berlemak tinggi.

5. Konsumsi vitamin C tiap hari

Vitamin C bisa didapatkan dari beragam sayur dan buah, termasuk suplemen. Mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, Vitamin D, dan Zinc dalam format effervescent (tablet larut air) efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam waktu yang sama vitamin C bisa menambah konsumsi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Kandungan vitamin ini juga mampu merawat jaringan tubuh, serta berkontribusi dalam proses penyembuhan jaringan yang rusak.

Jangan lupa untuk terus konsumsi vitamin C setiap hari saat persiapan sebelum berangkat haji. 

6. Jaga aktivitas fisik sebagai persiapan sebelum berangkat haji

Tetaplah berolahraga sebagai aktivitas fisik Anda. Olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar, menurunkan risiko konstipasi, dan meningkatkan pergerakan sistem pencernaan. Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, dr. Eka Jusup Singka, Anda bisa melakukan olahraga setiap pagi hari, setidaknya 30 menit. Misalnya, jalan pagi, bersepeda, atau berenang.

Ikuti tips di atas untuk mengoptimalkan kondisi fisik Anda sebelum berangkat haji. Maka dari itu, ketika tiba di Tanah Suci, Anda dalam keadaan sehat dan bugar.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Demi fungsi sistem imun yang optimal, tubuh butuh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Ketahui peran nutrisi untuk dukung sistem imun dan sumbernya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun
Nutrisi, Hidup Sehat 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Salah satu cara mengatasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah darah. Apa saja vitamin untuk kurang darah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gambar apa itu suntik putih

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
vitamin C mencerahkan kulit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit