home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Resep Teh Buah Sehat dan Mudah Dibuat Sekaligus Manfaatnya Bagi Tubuh

3 Resep Teh Buah Sehat dan Mudah Dibuat Sekaligus Manfaatnya Bagi Tubuh

Sekarang ini, minuman teh sama tenarnya dengan kopi. Tidak hanya dicampur dengan rempah-rempah seperti kayu manis atau jahe saja, teh juga bisa dicampur dengan potongan atau sari buah. Tentu rasanya akan lebih memanjakan lidah Anda, bukan? Meski sudah banyak minuman teh buah kemasan, ada baiknya Anda membuat minuman ini sendiri. Selain lebih sehat, Anda juga bebas berkreasi. Penasaran? Yuk, sontek beberapa resep minuman sehat ini sekaligus manfaatnya berikut ini.

Resep sehat teh buah sekaligus manfaatnya

Bila Anda pecinta teh, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri minuman teh rasa buah. Selain enak diminum di saat bersantai, minuman ini juga menyehatkan. Supaya tidak bingung, ikuti panduan pembuatannya sekaligus manfaatnya berikut ini.

1. Lemon iced tea

es teh jeruk
Sumber: DIYS

Iced lemon tea biasanya dipesan untuk menemani makan siang Anda di restoran. Namun, Anda juga bisa menikmati kesegaran minuman di rumah saat bersantai. Teh yang kaya dengan antioksidan dan buah lemon yang kaya dengan vitamin C dapat meningkatkan sistem imun. Itu artinya, Anda tidak mudah terserang penyakit, seperti flu atau pilek.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 4 kantong teh hijau
  • 4 cangkir perasan air jeruk
  • 6 cangkir air panas
  • 225 gram gula putih atau madu
  • Es batu
  • Potongan buah lemon yang dibekukan

Siapkan air panas dalam wadah. Kemudian, tambahkan teh hijau dan gula atau madu. Aduk hingga rata dan tunggu hingga 30 menit. Buang kantong teh dan tambahkan air perasan jeruk. Biarkan teh menjadi dingin. Lalu, siapkan gelas yang diisi es batu dan potongan buah lemon. Tuangkan teh buah ke dalam gelas dan minuman siap dinikmati.

2. Mango and peach white iced tea

Sumber: Daily Hunt

Mangga atau persik biasanya lebih sering dibuat jus, puding, atau dimakan langsung. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menambahkan buah tersebut pada teh. Rasanya pasti enak dan menyegarkan. Buah mangga dan persik yang kaya dengan vitamin A dan vitamin C ditambah white tea yang kaya antioksidan memberikan perlindungan pada kulit supaya tetap sehat.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 10 cangkir air
  • 5-6 kantong white tea
  • 2 buah persih potong dadu
  • 1 cangkir mangga yang dicincang halus
  • 1 sdm madu

Panaskan air hingga mendidih. Kemudian, masukkan kantong white tea dan tunggu hingga 7 menit. Buang kantong teh dan diamkan hingga 30 menit. Setelah dingin campurkan potongan persik dan madu. Lalu tambahkan madu dan aduk hinga rata. Siapkan gelas yang diisi es batu dan tuangkan teh buah ke dalamnya. Minuman siap untuk dinikmati.

3. Fruited Iced Sun Tea

Sumber: Onion Rings and Things

Selain dibuat tambahin yogurt, stroberi bisa juga Anda tambahkan pada minuman teh. Stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C. Jika dicampur dengan teh yang kaya antioksidan, kesehatan jantung akan semakin terjaga.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 10 kantong teh jenis apa saja
  • 8 gelas air dingin
  • Jahe yang sudah dikupas dan dipotong
  • Irisan daun mint, buah lemon, dan stroberi

Panaskan air hingga mendidih. Masukkan kantong teh dan tambahkan irisan jahe, daun mint, dan lemon. Buang kantung teh dan diamkan hingga 30 menit. Kemudian, tambahkan sedikit air dan saring teh supaya bersih dari ampas rempah. Siapkan gelas dengan es batu dan potongan buah stroberi. Tuang teh ke dalam gelas dan minuman siap Anda nikmati.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Healthy and Refreshing Iced Tea Recipes. https://www.womenshealthmag.com/food/a19907981/healthy-iced-tea-recipes/. Accessed on February 21st, 2019.

The Best Lemon Iced Tea. https://www.allrecipes.com/recipe/234051/the-best-lemon-iced-tea/. Accessed on February 21st, 2019.

Mango and Peach White Iced Tea Recipe. https://food.ndtv.com/recipe-mango-and-peach-white-iced-tea-838818. Accessed on February 21st, 2019.

Mango and Peach White Iced Tea Recipe. https://food.ndtv.com/recipe-mango-and-peach-white-iced-tea-838818. Accessed on February 21st, 2019.

Health benefits of peaches. https://www.medicalnewstoday.com/articles/274620.php. Accessed on February 21st, 2019.

7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water. Accessed on February 21st, 2019.

Nutritional Benefits of the Strawberry. https://www.webmd.com/diet/features/nutritional-benefits-of-the-strawberry. Accessed on February 21st, 2019

Fruited Iced Sun Tea. https://cravingsomethinghealthy.com/fruited-iced-sun-tea-and-a-new-american-plate-challenge-update/. Accessed on February 21st, 2019

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x