home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Seseorang Bisa Terlihat Gemuk Karena Punya Tulang yang Besar?

Benarkah Seseorang Bisa Terlihat Gemuk Karena Punya Tulang yang Besar?

Seperti yang kita ketahui, kegemukan terjadi saat lemak-lemak di tubuh menumpuk terlalu banyak. Namun banyak orang yang mengaku jika mereka gemuk akibat memiliki rangka tulang besar di dalam tubuh. Tapi, apakah benar punya tulang yang besar membuat seseorang jadi gemuk? Bagaimana kita tahu ukuran rangka tubuh sendiri?

Apakah Anda punya rangka tulang besar atau kecil? Cari tahu dulu di sini

Sebelum mengetahui apakah tulang Anda yang membuat Anda jadi gemuk atau tidak, sebaiknya Anda ketahui dulu apakah benar Anda punya ukuran tulang yang besar. Tulang besar adalah akibat rangka tubuh yang besar, sedangkan setiap orang memiliki rangka tubuh yang berbeda-beda.

Menurut MedlinePlus, seseorang bisa mengetahui apakah dirinya mempunyai rangka tulang yang besar tau tidak dengan melihat ukuran lingkar pergelangan tangan serta tingginya. Berikut adalah ketentuannya:

Ukuran rangka tulang wanita

  • Tinggi di bawah 155 cm disebut mempunyai rangka tulang besar jika pergelangan tangannya lebih dari 14 cm.
  • Tinggi di antara 155-165 cm, mempunyai rangka tulang besar bila ukuran pergelangan tangan lebih dari 15,8 cm.
  • Tinggi di atas 165 cm, mempunyai rangka tulang besar jika pergelangan tangannya lebih dari 16 cm.

Ukuran rangka tulang laki-laki

  • Tinggi di atas 65 cm, disebut mempunyai rangka tulang besar jika memiliki pergelangan tangan lebih dari 19 cm.

Lalu, apa benar orang bisa gemuk karena punya tulang besar?

Katanya sih, punya tulang besar bisa membuat seseorang menjadi terlihat lebih gemuk. Tidak sedikit orang gemuk yang menyanggah dirinya gemuk dan beralasan bila ukuran tubuhnya yang besar diakibatkan oleh tulang yang juga besar. Tapi, apakah mungkin berat badan Anda bukan hanya dari lemak saja? Apakah ada orang yang memiliki tulang besar?

Memang benar, bila angka berat badan yang Anda lihat di timbangan itu tidak hanya semata-mata berat lemak di dalam tubuh saja, tetapi termasuk juga berat air, otot, dan tulang. Dan semua jumlah komposisi tubuh tersebut akan memengaruhi berat badan seseorang.

Misalnya saja, seorang atlet yang sudah pasti memiliki massa otot yang lebih banyak ketimbang orang biasa, punya berat badan yang lebih besar pula. Begitu juga jika seseorang mempunyai rangka tulang yang besar. Namun perubahan berat badan Anda tidak akan terlalu dipengaruhi oleh komposisi tubuh tersebut, kecuali lemak.

Faktanya, orang yang memiliki tulang besar tidak selalu gemuk

Pada dasarnya, yang membuat tubuh Anda semakin melebar dan perut kian membuncit adalah tumpukan lemak. Jangan salahkan tulang Anda yang berukuran besar, sebab hal tersebut tidak terlalu memengaruhi perubahan berat badan Anda dan tak akan membuat perut Anda membuncit. Seseorang dengan tulang yang besar, jika tidak memiliki timbunan lemak yang banyak, ya hanya akan mempunyai ukuran tubuh yang relatif tetap dan tidak mudah berubah sewaktu-waktu.

Jadi, orang dengan tulang yang besar dapat memiliki bobot yang relatif lebih berat dibanding orang dengan tulang yang lebih kecil. Namun, tidak ada bukti bahwa orang gemuk yang memiliki timbunan lemak di berbagai bagian tubuh diakibatkan karena mempunyai tulang yang besar. Semua tergantung dengan seberapa banyak makanan berkalori yang Anda makan, seberapa sering Anda berolahraga, dan apakah Anda menerapkan pola hidup sehat atau tidak.

Entah itu orang yang punya tulang besar atau kecil, bila ia mengadopsi pola hidup yang tidak sehat dan tidak memerhatikan apa yang ia makan, maka ia bisa kegemukan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Live Science. (2011). Overweight People Really Are Big (Leg) Boned. [online] Live Science. Available at: http://www.livescience.com/13365-big-boned-thigh-bone-identify-overweight.html  [Accessed 3 May 2017].

LIVESTRONG.COM. (2010). The Ideal Body Weight for Large-Boned People. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/298631-the-ideal-body-weight-for-large-boned-people/  [Accessed 3 May 2017].

MedlinePlus. (2017). Calculating body frame size: MedlinePlus Medical Encyclopedia Image. [online] Medlineplus.gov. Available at: https://medlineplus.gov/ency/imagepages/17182.htm  [Accessed 3 May 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 08/05/2017
x