home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Menu Takjil Padat Energi Sebelum Olahraga Malam Hari

4 Menu Takjil Padat Energi Sebelum Olahraga Malam Hari

Olahraga saat puasa bisa Anda lakukan sebelum atau sesudah berbuka puasa. Bila memilih olahraga pada malam hari setelah waktu berbuka, Anda perlu mempersiapkan diri sebelum berolahraga. Anda bisa memilih menu takjil sebelum olahraga yang padat energi supaya kuat saat berolahraga nanti.

Menu takjil buka puasa sebelum melakukan olahraga malam

Olahraga malam sebaiknya dilakukan sekitar 3 – 4 jam sebelum jam tidur Anda. Selain itu, sebaiknya Anda menurunkan ritme olahraga dari biasanya.

Olahraga di malam hari dengan kecepatan dan ritme yang lebih lambat akan membuat tubuh menjadi lebih mudah mengatur detak jantung, pernapasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal.

Menu takjil buka puasa sebelum olahraga yang didominasi rasa manis ternyata bisa memberi energi. Energi baru tersebut didapat dari asupan gula.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dengan bebas. Anda tetap perlu memerhatikan kandungan gizi di dalamnya. Di bawah ini beberapa pilihan menu takjil buka puasa yang dapat Anda konsumsi sebelum olahraga.

1. Smoothie buah

resep smoothie minuman setelah olahraga

Smoothie bisa terbuat dari campuran yogurt atau susu dengan potongan buah segar. Ini bisa menjadi menu takjil buka puasa untuk menghilangkan dahaga Anda sekaligus padat energi sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

Yogurt mengandung lebih banyak kalsium daripada susu murni karena menjalani proses pembuatan yang lebih kompleks. Anda juga bisa menambahkan potongan kacang almond sebagai bahan tambahan pada smoothie.

Kacang almond merupakan salah satu sumber kalsium yang baik, dalam 30 gram kacang almond mengandung 75 miligram kalsium. Selain itu, kacang almond juga mengandung protein tinggi, vitamin E, dan kalium.

2. Kolak pisang sebagai menu takjil sebelum olahraga

resep kolak

Kolak pisang adalah salah satu menu takjil paling populer saat berbuka puasa. Tak hanya pisang, tetapi dalam kolak pisang juga terkadang terdapat ubi, singkong, dan labu, yang dimasak bersama dengan gula merah dan santan.

Buah pisang dapat memberikan tambahan energi saat berolahraga, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Pisang juga memberi manfaat yang lebih karena memiliki kandungan kalium, serat, dan vitamin B6 yang alami.

3. Puding susu buah

camilan sehat untuk buka puasa

Puding buah bisa menjadi salah satu pilihan menu takjil untuk memberi energi sebelum olahraga malam. Anda bisa menggunakan buah-buahan segar serta sedikit gula untuk mencapai manfaat tersebut.

Anda juga bisa mengganti gula dengan susu, pilihlah susu rendah lemak jika Anda ingin mengurangi lemak. Susu dapat memberikan Anda asupan vitamin D dan mineral kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh saat olahraga.

4. Es buah

resep es buah

Es buah menjadi menu takjil favorit banyak orang untuk menghilangkan dahaga saat puasa dan bisa juga dikonsumsi sebelum olahraga malam. Anda bisa menambahkan beragam buah segar kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

Makanan kaya nutrisi penting untuk mengembalikan energi tubuh. Buah segar memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah yang melalui proses.

Sementara untuk pemanisnya, Anda bisa menggunakan sirup atau gula ke dalam es buah. Namun, pilihlah salah satu pemanis, jangan menggunakan banyak jenis pemanis. Anda juga bisa menggunakan campuran air, perasan lemon, dan madu untuk kuah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fasting and your health https://www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/fastingandhealth.aspx diakses 20 April 2018.

Ramadan health FAQs https://www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/faqs.aspx diakses 20 April 2018.

Foods That Beat Fatigue https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-beat-fatigue#fruitsand-vegetables diakses 21 April 2018.

Will Working Out At Night Really Wreck Your Sleep? https://www.prevention.com/health/sleep-energy/should-you-exercise-night diakses 21 April 2018.

Foods that fight fatigue https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-that-fight-fatigue diakses 20 April 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x