3 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Rooibos untuk Tubuh Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang, ngeteh menjadi rutinitas harian untuk mengawali hari. Selain dari daun teh, ada berbagai jenis teh yang bisa dinikmati, salah satunya rooibos tea atau teh rooibos. Kira-kira, adakah manfaat minum teh rooibos seperti jenis teh lainnya? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Seperti apa teh rooibos itu?

kecanduan teh

Seperti jenis teh herbal lainnya, popularitas teh rooibos mulai meroket.

Teh yang dikenal dengan teh merah atau teh semak merah ini memiliki aroma yang khas dan lebih rendah kafein ketimbang teh hitam atau teh hijau.

Rooibos adalah daun dari semak Aspalathus linearis, yang tumbuh di daratan Afrika Selatan.

Teh ini dibuat melalui proses fermentasi daun sehingga warnanya jadi merah kecokelatan. Di pasaran, tersedia juga teh rooibos hijau yang segar dan tidak difermentasi.

Meski tidak umum di Indonesia, kedua teh tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko yang khusus menjual teh herbal atau melalui pemesanan online.

Selain dinikmati seperti teh manis hangat, teh ini bisa Anda variasikan dengan rempah lain atau ditambahkan susu dan disajikan dengan es batu.

Manfaat minum teh rooibos untuk kesehatan

Tak seperti jenis teh pada umumnya, teh rooibos mengandung sedikit sekali kafein. Kafein adalah zat stimulan yang biasanya ditemukan pada teh hijau dan teh hitam.

Kafein memang bisa meningkatkan konsentrasi dan suasana hati. Namun, bisa juga menimbulkan efek samping seperti jantung berdebar, cemas, sakit kepala, dan sulit tidur.

Selain itu, teh ini juga rendah tanin dan tidak mengandung asam oksalat.

Tanin adalah senyawa alami pada tanaman tertentu yang bisa mengganggu penyerapan zat besi. Sementara asam oksalat dapat meningkatkan risiko batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Rendahnya tanin, asam oksalat, dan kafein inilah yang menjadikan rooibos tea aman dikonsumsi orang yang ingin mengurangi asupan kafein, memiliki masalah ginjal, dan kekurangan zat besi.

Selain menjadi teh pilihan, rooibos tea juga diketahui memiliki berbagai manfaat menurut beberapa penelitian, di antaranya:

1. Dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh

Radikal bebas, si penyebab kanker

Teh rooibos mengandung berbagai senyawa antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, yakni molekul yang bisa merusak sel tubuh. Antioksidan yang dimaksud adalah aspalathin dan quercetin.

Studi pada jurnal Food Chemistrymenemukan adanya peningkatan kadar antioksidan dalam darah sebanyak 2,9% pada orang yang minum rooibos tea.

Efek ini dapat terlihat setelah partisipan meminum 750 mg daun rooibos yang dibuat menjadi teh.

Meski tidak besar, kenaikan antioksidan dalam darah dari teh rooibos bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Terutama untuk melawan peradangan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan bahan kimia tertentu.

2. Berpotensi menjaga kesehatan jantung

mencegah penyakit jantung keturunan

Selain melawan radikal bebas, antioksidan yang terkandung pada teh rooibos juga punya manfaat untuk kesehatan jantung.

Studi pada jurnal Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa minum rooibos tea dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Sebanyak 40 orang dewasa dengan obesitas yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diminta untuk minum 6 cangkir teh rooibos setiap hari selama 6 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa kadar kolesterol buruk menurun dan kolesterol baik meningkat.

Kolesterol adalah lemak yang mengendap di pembuluh darah. Jika kadar kolesterol jahat ini tinggi, darah akan sulit mengalir melalui arteri.

Akibatnya, kondisi ini bisa menyebabkan jantung tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen sehingga berisiko menyebabkan serangan jantung.

3. Berpotensi menjaga kadar gula darah

beda jenis diabetes

Manfaat teh rooibos yang lain bisa didapat oleh pasien diabetes. Teh ini diketahui mengandung antioksidan aspalathin yang bersifat antidiabetik, menurut studi pada jurnal Cytotechnology

Sayangnya, studi ini hanya mengamati efek tersebut pada rooibos hijau, yakni yang tidak difermentasi. Selain itu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena hanya dilakukan pada hewan.

Namun, waspadai kemungkinan efek sampingnya

Fungsi hati yang terganggu akibat hepatitis A

Secara umum, menggunakan rooibos sebagai rempah untuk teh itu aman. Namun, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Minum rooibos tea secara berlebihan dapat meningkatkan enzim di hati sehingga dapat menyebabkan masalah hati. Selain itu, terdapat kandungan senyawa tertentu yang dapat merangsang produksi estrogen.

Jadi, pada orang yang memiliki masalah hati atau gangguan hormon sebaiknya konsultasi lebih dahulu pada dokter bila ingin minum teh rooibos.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Keduanya sama-sama mengandung kafein, namun memiliki efek yang sama pada tubuh. Sebenarnya, mana yang lebih sehat, teh atau kopi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Fakta Gizi, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Saat sarapan, yang penting bukan porsinya, tapi apa yang kita makan. Pastikan salah satu (atau lebih) makanan ini ada di menu makan Anda setiap pagi.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Tapi taukah Anda jika setelah diminum, ternyata ampas teh pun dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Kulit 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Perbandingan Jumlah Kafein dalam Kopi, Teh, dan Cokelat

Hampir semua orang menyukai kopi, teh, atau cokelat yang mengandung kafein. Namun, tahukah Anda berapa banyak jumlah kafein dalam kopi, teh, dan cokelat?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
efek samping teh sage

Kenali Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Sage

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
minum teh manis pakai madu atau gula

Minum Teh Manis, Lebih Sehat Pakai Gula Pasir atau Pakai Madu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
perbedaan teh hijau dan teh hitam

Sama-Sama Sedap, Apa Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit