home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengupas 7 Manfaat Ikan Selar untuk Kesehatan Tubuh

Mengupas 7 Manfaat Ikan Selar untuk Kesehatan Tubuh

Seperti ikan pada umumnya, ikan selar menawarkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan gizi di dalamnya. Bahkan, ikan yang tinggal di perairan laut ini disebut dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Simak ulasannya di bawah ini.

Kandungan ikan selar

daging ikan
Sumber: Cleveland Clinic

Ikan selar (Selaroides leptolepis) adalah jenis ikan laut yang memiliki ciri berupa garis kuning pada bagian sisiknya. Ikan laut ini bahkan sering disamakan dengan salmon karena mengandung kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Di bawah ini kandungan nutrisi dalam ikan selar yang perlu Anda ketahui.

  • Energi: 100 kal
  • Protein: 18,8 g
  • Lemak: 2,2 g
  • Kalsium: 40 mg
  • Besi: 0,5 mg
  • Fosfor: 179 mg
  • Natrium: 43 mg
  • Kalium: 392,6 mg
  • Tembaga: 0,10 mg
  • Seng: 0,3 mg
  • Retinol (vitamin A): 45 mcg
  • Tiamin (vitamin B1): 0,37 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,2 mg
  • Niasin (vitamin B3): 3,4 mg

Manfaat ikan selar

Kesehatan mata cegah mata silinder memburuk

Kandungan gizi, terutama kalium dan vitamin A, pada ikan selar membuatnya menjadi salah satu ikan yang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, kenali apa saja khasiat ikan selar yang tentu sayang Anda lewatkan di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat ikan selar yaitu menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Setiap 100 gram ikan selar mengandung setidaknya 45 microgram, bukankah angka tersebut cukup tinggi guna memenuhi kebutuhan vitamin?

Vitamin A termasuk jenis vitamin yang penting bagi tubuh. Pasalnya, vitamin yang dikenal sebagai retinol ini membantu mengubah cahaya yang ditangkap mata menjadi impuls listrik menuju otak.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin A juga baik untuk menghasilkan fotoreseptor rhodopsin. Fotoreseptor rhodopsin adalah fotopigmen yang berada pada sel batang retina dan bertugas dalam penglihatan di malam hari.

Oleh sebab itu, salah satu cara mencegah kekurangan vitamin A yaitu dengan makan ikan selar. Hal ini bertujuan agar kesehatan mata tidak cepat rusak hingga meningkatkan risiko rabun senja.

2. Meningkatkan fungsi otak

Pada dasarnya hampir setiap ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, termasuk ikan selar. Itu sebabnya, khasiat ikan selar lainnya yang bisa Anda peroleh adalah meningkatkan fungsi otak.

Asam lemak omega-3 yaitu lemak tak jenuh ganda yang dapat dijumpai pada makanan. Asam lemak yang satu ini berperan dalam membangun membran sel di seluruh tubuh dan otak.

Dilansir dari Harvard Health, manfaat asam lemak omega-3 ini memberikan efek anti-peradangan dan antioksidan. Artinya, kandungan asam lemak pada ikan selar ini dapat meningkatkan sel otak dan mengurangi kerusakan otak.

Agar mendapatkan khasiat dan nutrisi omega-3 dari ikan selar dengan maksimal, Anda bisa menikmati ikan selar dengan cara memanggangnya.

3. Memelihara kesehatan tulang

Kandungan kalsium, vitamin D, dan protein dalam ikan selar ternyata berperan penting dalam perkembangan dan kesehatan tulang. Begini, ikan selar kaya akan minyak yang menjadi sumber vitamin D dan memiliki tulang sebagai sumber kalsium.

Vitamin D bekerja dengan membantu tubuh menyerap kalsium. Sementara itu, kalsium dibutuhkan untuk menghasilkan tulang yang kuat dan sehat. Tanpa asupan vitamin D dan kalsium yang cukup, tulang mungkin akan kehilangan massa dan melemah.

Akibatnya, tulang akan mudah patah. Namun, kedua jenis vitamin dan mineral ini pun harus seimbang. Jika hanya memenuhi kebutuhan kalsium, tubuh akan kesulitan menyerap mineral tulang ini karena kekurangan vitamin D.

4. Mengurangi risiko obesitas

Diet yang sehat, terutama untuk menurunkan berat badan, biasanya melibatkan ikan dalam menu makanannya. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat ikan selar adalah mengurangi risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Dilansir dari British Nutrition Foundation, sejumlah bukti menunjukkan bahwa rantai panjang n-PUFA pada ikan selar berdampak positif terhadap komposisi tubuh. Ada pun beberapa hal yang dilakukan kandungan ikan selar ini terhadap tubuh, antara lain:

  • menurunkan berat badan,
  • mengurangi lingkar pinggang, dan
  • membakar lemak tubuh secara keseluruhan.

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah ikan selar memiliki efek yang sama berlaku terhadap berat badan.

5. Manfaat ikan selar untuk jantung

Khasiat ikan selar yang tidak kalah dengan jenis ikan laut lainnya adalah melindungi kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan selar.

Seperti yang sudah dijelaskan, omega-3 yaitu lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan pada tubuh ini dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung, serta stroke.

Kabar baiknya, asam lemak omega-3 menawarkan khasiat bagi kesehatan jantung dengan berbagai cara, antara lain:

  • mengurangi trigliserida,
  • menurunkan tekanan darah,
  • membantu menghambat proses pembekuan darah, dan
  • mengendalikan detak jantung agar tetap teratur.

Maka dari itu, para ahli merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali dalam satu minggu agar risiko penyakit jantung berkurang.

6. Menambah massa otot

Bagi penggemar olahraga dan ingin menambah massa otot, ikan selar mungkin bisa menjadi solusi dari keinginan tersebut. Hal ini dikarenakan ikan selar mengandung protein yang cukup tinggi, tetapi dengan kadar lemak yang rendah.

Protein seharusnya dapat membentuk 10 sampai 35 persen dari total kalori untuk orang dewasa. Pada saat Anda berolahraga untuk menambah massa otot, kebutuhan protein mungkin akan lebih tinggi.

Di lain sisi, menjaga massa otot ternyata membutuhkan lebih sedikit protein. Cobalah untuk mendapatkan sumber protein rendah lemak, seperti ikan selar, agar mendapatkan massa otot yang sesuai dengan keinginan Anda.

7. Mengatasi gangguan tidur

Pernahkah Anda merasa kesulitan tidur pada malam hari? Bila iya, Anda bisa menggunakan khasiat dari ikan selar untuk mengatasi gangguan tidur ini.

Sebuah penelitian dari Oxford University memberikan 600 mg DHA selama 16 minggu kepada 362 anak. 40 persen di antara peserta tersebut mengalami gangguan tidur.

Para ahli kemudian mengamati kadar asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6) dalam darah. Hasilnya, kadar kedua kandungan dalam ikan yang lebih tinggi berkaitan dengan tidur yang lebih baik, termasuk gangguan tidur dan parasomnia.

Ilmuwan dalam penelitian ini berpendapat bahwa kadar DHA yang lebih rendah berhubungan dengan tingkat melatonin yang rendah. Tingkat melatonin ini memainkan peran penting dalam tidur, sehingga bisa memicu masalah tidur.

Pada dasarnya, khasiat ikan selar tidak jauh berbeda dengan manfaat makan ikan pada umumnya. Pasalnya, kandungan ikan selar juga cukup mirip dengan jenis ikan lainnya, seperti protein, omega-3, serta beragam jenis vitamin di dalamnya.

Meski bermanfaat, usahakan untuk mengonsumsi ikan selar sewajarnya. Terlalu banyak makan ikan tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan yang tak bisa diabaikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Boyd, K. (2020). What Is Vitamin A Deficiency? American Academy of Ophthalmology. Retrieved 5 March 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/vitamin-deficiency 

Moore, M. (2020). 4 Types of Foods to Support Memory. Academy of Nutrition and Dietetics. Retrieved 5 March 2021, from https://www.eatright.org/health/wellness/healthy-aging/4-types-of-foods-to-support-memory 

Do omega-3s protect your thinking skills? (2019). Harvard Health. Retrieved 5 March 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-omega-3s-protect-your-thinking-skills 

Vitamin D and Calcium. (n.d). Hormone Health Network. Retrieved 5 March 2021, from https://www.hormone.org/your-health-and-hormones/bone-health/vitamin-d-and-calcium 

Health Benefits of Fish. (n.d). Washington State Department of Health. Retrieved 5 March 2021, from https://www.doh.wa.gov/CommunityandEnvironment/Food/Fish/HealthBenefits 

Weichselbaum, E., Coe, S., Buttriss, J., and Stanner, S. (2013). Fish in the diet: A review. British Nutrition Foundation. Retrieved 5 March 2021, from https://www.nutrition.org.uk/nutritionscience/nutrients-food-and-ingredients/653-fishreview.html 

Klemm, S. (2021). 4 Keys to Strength Building and Muscle Mass. Academy of Nutrition and Dietetics. Retrieved 5 March 2021, from https://www.eatright.org/fitness/training-and-recovery/building-muscle/strength-building-and-muscle-mass 

‘Higher levels of omega-3 in diet associated with better sleep’. (2014). Oxford University. Retrieved 5 March 2021, from https://www.ox.ac.uk/news/2014-03-06-higher-levels-omega-3-diet-associated-better-sleep 

Omega-3 in fish: How eating fish helps your heart. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 5 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/omega-3/art-20045614 

Ikan selar, segar (Scadfish, fresh). (n.d). Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 5 March 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x