home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Jalani Diet Keto

4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Jalani Diet Keto

Buah-buahan tentu menjadi salah satu menu wajib bagi Anda yang sedang dalam program diet. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan, hal ini tentunya sangat berguna bila Anda ingin menurunkan berat badan. Namun, beberapa buah ini justru tidak disarankan untuk dikonsumsi saat Anda melakukan diet keto.

Buah-buahan yang dihindari saat diet keto

Diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat. Prinsip diet keto sendiri dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Nantinya, pembakaran lemak dalam tubuh inilah yang akan menjadi sumber energi menggantikan karbohidrat.

Biasanya, menu diet keto hanya memerlukan karbohidrat sebesar 5% atau 20-50 gr dari seluruh menu makan di satu harinya. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tidak mengandung karbohidrat berlebih.

Salah satunya dalam memilih buah-buahan. Beberapa di bawah ini adalah asupan yang sebaiknya harus dikurangi ketika Anda menjalani diet keto.

1. Pisang

manfaat pisang

Anda tentu sering melihat olahan sehat berbahan pisang yang dijadikan pengganti menu makan biasa. Bahkan, ada metode diet yang menjadikan pisang sebagai makanan utama karena sifatnya yang mengenyangkan. Namun, khasiat buah ini tidak berlaku pada diet keto.

Dilihat dari nutrisinya, satu pisang berukuran sedang mengandung 110 kalori dan 30 gr karbohidrat, dengan kandungan proteinnya yang hanya mencapai 1 gr. Pisang juga bebas lemak, maka buah ini tidak memenuhi kriteria yang tepat untuk Anda masukkan ke dalam menu diet keto.

2. Mangga

makan mangga saat hamil

Seperti yang diketahui, asupan karbohidrat ideal disarankan untuk tidak melebihi 50 gr per hari. Sekilas, buah mangga bisa menjadi buah yang ideal untuk diet karena kalorinya hanya 50 gr serta mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, mangga juga mengandung banyak air sehingga akan memberikan efek mengenyangkan.

Sayangnya, jika Anda memilih melakukan diet keto, mangga harus dicoret dari daftar. Buah mangga memiliki kandungan karbohidrat hampir 15 gr di setiap penyajian 100 gr.

Memakan satu buah mangga berukuran sedang tentu sudah melebihi kebutuhan karbohidrat Anda di satu hari mengingat beratnya yang bisa mencapai 300 sampai 500 gram. Kandungan gulanya juga cukup tinggi sehingga penyajiannya harus sangat dibatasi.

3. Buah-buahan kering

buah kering

Satu butir dari buah-buahan kering memiliki kandungan nutrisi yang sama besarnya dengan buah segar, bahkan kandungan serat dan antioksidannya lebih banyak.

Tapi perlu diingat bahwa buah-buahan kering yang telah mengandung gula alami juga terkadang menggunakan tambahan gula dalam pembuatannya. Kandungan vitamin C dari buah segar pun akan berkurang selama proses pengeringan.

Karena bentuknya yang kecil, secara tidak sadar Anda sudah memakannya dalam jumlah yang banyak. Ini juga berarti bahwa Anda telah menambahkan asupan gula yang berlebih saat diet.

4. Pir

manfaat buah pir

Walau tinggi akan kandungan vitamin C, pir bukanlah jenis buah yang tepat untuk dijadikan menu dalam diet keto.

Buah pir berukuran sedang dengan berat 178 gr telah mengandung karbohidrat sebanyak 27 gr termasuk kandungan gula sebesar 17 gr. Buah ini juga mengandung sedikit lemak dengan hanya sekitar seperempat gram dan 1 gr protein.

Memakan satu buah pir sudah memenuhi lebih dari setengah kebutuhan karbohidrat untuk diet keto.

Lalu buah apa yang baik dikonsumsi untuk diet keto?

Konsumsi buah-buahan tentunya masih penting untuk diet keto. Asupan serat tinggi tetap dibutuhkan agar diet tidak menimbulkan efek samping seperti sembelit. Menemukan asupan yang ideal untuk diet keto mungkin sedikit sulit mengingat kebanyakan buah mengandung karbohidrat tinggi dengan sedikit lemak.

Untungnya, ada beberapa buah yang memenuhi kriteria untuk menu diet keto, salah satunya alpukat. Penyajian 100 gr atau sekitar satu setengah buah alpukat mengandung 12 gr lemak dan kandungan karbohidratnya hanya sebesar 9 gr, dengan 7 grnya yang terdiri dari serat.

Kandungan lemak baik pada alpukat juga dapat dijadikan pengganti lemak hewani. Selain potassiumnya yang dapat menurunkan tekanan darah, alpukat juga dapat membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan beri termasuk strawberry, raspberry, dan blueberry untuk menu diet keto. Tidak hanya tinggi serat dan rendah karbohidrat, buah beri pun mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Complete Keto Diet Food List: What You Can and Cannot Eat if You’re on a Ketogenic Diet http://www.eatingwell.com/article/291245/complete-keto-diet-food-list-what-you-can-and-cannot-eat-if-youre-on-a-ketogenic-diet/ Diakses pada 19 Desember 2019.

16 Foods to Eat on a Ketogenic Diet https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-foods Diakses pada 19 Desember 2019.

Dried Fruit: Good or Bad? https://www.healthline.com/nutrition/dried-fruit-good-or-bad#section7 Diakses pada 19 Desember 2019.

Pears: Benefits and nutrition https://www.medicalnewstoday.com/articles/285430.php Diakses pada 19 Desember 2019.

Are Mangoes Good for Dieting? https://www.livestrong.com/article/402043-are-mangoes-good-for-dieting/ Diakses pada 19 Desember 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x