Berbagai Cara Sederhana untuk Menghilangkan Lemak Punggung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jangan kira lemak hanya menumpuk di bagian perut, lengan, atau paha saja. Lipatan lemak punggung sering kali dilupakan kehadirannya, akibat posisinya yang jarang terlihat oleh pandangan. Padahal lemak punggung juga sama bahayanya seperti tumpukan lemak di tubuh lain.

Tak hanya itu, lemak punggung juga bisa bikin penampilan Anda kurang menarik, apalagi pada kaum wanita. Jika Anda menyadarinya, lemak punggung akan semakin terlihat ketika Anda memakai bra. Sungguh tidak enak dilihat, bukan? Nah, ini olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di punggung.

Cara menghilangkan lemak punggung dengan gerakan sederhana

Anda tidak perlu ke gym untuk menghilangkan semua lemak punggung yang menumpuk, hanya tinggal melakukan beberapa gerakan berikut. Namun sebelumnya, siapkan alas atau matras, serta barbel – jika Anda tidak memiliki barbel Anda dapat menggantinya dengan hal lain, seperti tongkat dan sebagainya.

Lalu apa saja gerakan yang ampuh mengenyahkan lemak punggung?

  • Gerakan pushup, tidak hanya bisa membentuk otot perut saja, gerakan yang paling umum ini juga mampu untuk memangkas lemak punggung Anda. Anda bisa melakukan sekitar 20-30 kali push up dalam sekali waktu.
  • Gerakan superman. Ya, memang Anda diminta untuk memperagakan layaknya superman yang sedang terbang. Jadi, tubuh bertelungkup di atas matras, kemudian posisi kedua tangan dan kaki lurus. Selanjutnya, angkat kaki kanan dan tangan kiri bersamaan, lalu lakukan dengan posisi kaki kiri serta tangan kanan. Pastikan badan tetap lurus ketika mengangkat tangan dan kaki.
  • Gerakan bar front raises, dilakukan dengan cara posisi tubuh berdiri tegak dan kedua tangan menggenggam beban (barbel atau semacamnya). Lalu gerakan tangan yang memegang beban tersebut dari bawah ke atas (sejajar dengan bahu). Lakukan gerakan tersebut dalam beberapa kali pengulangan.
  • Gerakan chest fly, yang dilakukan dengan posisi berbaring dan tangan lurus berada di atas dada sambil memegang beban. Kemudian lakukan gerakan membuka dan menutup – tangan masih memegang beban. Lakukan hal tersebut dalam beberapa kali.

Olahraga kardio juga bisa diandalkan agar Anda terbebas dari lemak punggung yang menumpuk

Pada dasarnya, semua olahraga yang Anda lakukan akan membuat lemak-lemak tubuh terbakar, tanpa terkecuali lemak yang ada di bagian punggung. Salah satu jenis olahraga yang efektif membakar banyak lemak tubuh adalah olahraga kardio, seperti jogging, berenang, bersepeda, zumba dan sebagainya. Anda dapat melakukan olahraga tersebut setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit dalam satu minggu.

Melakukan yoga dengan rutin bisa bikin punggung Anda lebih kencang

Yoga memang bisa dibilang olahraga yang ‘santai’ dan membuat Anda rileks, tapi efek dalam menghilangkan lemak punggung tidak kalah dengan olahraga kardio. Beberapa gerakan yoga dipercaya mampu untuk membakar lemak di bagian punggung. Selain itu, yoga juga akan membuat badan Anda lebih lentur dari sebelumnya. Apabila Anda tertarik untuk melakukan yoga, maka sebaiknya dipandu dengan pelatih yoga yang sudah ahli.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Panduan Memotong Kuku dengan Benar

Salah cara memotong kuku sering memicu cantengan dan infeksi jamur kuku. Bagaimana cara gunting kuku yang aman? Ikuti panduan ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Hidung tersumbat alias mampet bisa sangat mengganggu bahkan membuat sakit kepala. Jangan dulu putus asa, simak cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Flu, Kesehatan Pernapasan 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Mata 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
manfaat kunyit untuk pencernaan kunyit putih, manfaat kunyit asam, manfaat jamu kunyit, masker kunyit, manfaat kunyit untuk wajah, khasiat kunyit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
makanan yang baik untuk usus

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit