home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Cara Sederhana untuk Menghilangkan Lemak Punggung

Berbagai Cara Sederhana untuk Menghilangkan Lemak Punggung

Jangan kira lemak hanya menumpuk di bagian perut, lengan, atau paha saja. Lipatan lemak punggung sering kali dilupakan kehadirannya, akibat posisinya yang jarang terlihat oleh pandangan. Padahal lemak punggung juga sama bahayanya seperti tumpukan lemak di tubuh lain.

Tak hanya itu, lemak punggung juga bisa bikin penampilan Anda kurang menarik, apalagi pada kaum wanita. Jika Anda menyadarinya, lemak punggung akan semakin terlihat ketika Anda memakai bra. Sungguh tidak enak dilihat, bukan? Nah, ini olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di punggung.

Cara menghilangkan lemak punggung dengan gerakan sederhana

Anda tidak perlu ke gym untuk menghilangkan semua lemak punggung yang menumpuk, hanya tinggal melakukan beberapa gerakan berikut. Namun sebelumnya, siapkan alas atau matras, serta barbel – jika Anda tidak memiliki barbel Anda dapat menggantinya dengan hal lain, seperti tongkat dan sebagainya.

Lalu apa saja gerakan yang ampuh mengenyahkan lemak punggung?

  • Gerakan pushup, tidak hanya bisa membentuk otot perut saja, gerakan yang paling umum ini juga mampu untuk memangkas lemak punggung Anda. Anda bisa melakukan sekitar 20-30 kali push up dalam sekali waktu.
  • Gerakan superman. Ya, memang Anda diminta untuk memperagakan layaknya superman yang sedang terbang. Jadi, tubuh bertelungkup di atas matras, kemudian posisi kedua tangan dan kaki lurus. Selanjutnya, angkat kaki kanan dan tangan kiri bersamaan, lalu lakukan dengan posisi kaki kiri serta tangan kanan. Pastikan badan tetap lurus ketika mengangkat tangan dan kaki.
  • Gerakan bar front raises, dilakukan dengan cara posisi tubuh berdiri tegak dan kedua tangan menggenggam beban (barbel atau semacamnya). Lalu gerakan tangan yang memegang beban tersebut dari bawah ke atas (sejajar dengan bahu). Lakukan gerakan tersebut dalam beberapa kali pengulangan.
  • Gerakan chest fly, yang dilakukan dengan posisi berbaring dan tangan lurus berada di atas dada sambil memegang beban. Kemudian lakukan gerakan membuka dan menutup – tangan masih memegang beban. Lakukan hal tersebut dalam beberapa kali.

Olahraga kardio juga bisa diandalkan agar Anda terbebas dari lemak punggung yang menumpuk

Pada dasarnya, semua olahraga yang Anda lakukan akan membuat lemak-lemak tubuh terbakar, tanpa terkecuali lemak yang ada di bagian punggung. Salah satu jenis olahraga yang efektif membakar banyak lemak tubuh adalah olahraga kardio, seperti jogging, berenang, bersepeda, zumba dan sebagainya. Anda dapat melakukan olahraga tersebut setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit dalam satu minggu.

Melakukan yoga dengan rutin bisa bikin punggung Anda lebih kencang

Yoga memang bisa dibilang olahraga yang ‘santai’ dan membuat Anda rileks, tapi efek dalam menghilangkan lemak punggung tidak kalah dengan olahraga kardio. Beberapa gerakan yoga dipercaya mampu untuk membakar lemak di bagian punggung. Selain itu, yoga juga akan membuat badan Anda lebih lentur dari sebelumnya. Apabila Anda tertarik untuk melakukan yoga, maka sebaiknya dipandu dengan pelatih yoga yang sudah ahli.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

LIVESTRONG.COM. (2017). How to Exercise to Lose Lower Back Fat. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/176210-how-to-exercise-to-lose-lower-back-fat/  [Accessed 21 Mar. 2017].

Rail, K. (2015). What Exercises Will Help Tighten Back Fat?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/501199-what-exercises-will-help-tighten-back-fat/  [Accessed 21 Mar. 2017].

LIVESTRONG.COM. (2016). How to Lose Back Fat Fast. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/72896-lose-back-fat-fast/  [Accessed 21 Mar. 2017].

 


Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x