home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Setiap Menimbang, Berat Badan Selalu Berubah. Apa Sih Penyebabnya?

Setiap Menimbang, Berat Badan Selalu Berubah. Apa Sih Penyebabnya?

Apakah Anda termasuk orang yang menimbang berat badan setiap hari? Mungkin Anda merasa atau bahkan menyadari berat Anda terus berubah dari jam ke jam, bahkan hari ke hari. Jangan khawatir, hampir semua orang mengalami hal yang sama kok dan ini normal. Lalu, mengapa bisa berat badan berubah setiap harinya?

Kenapa berat badan berubah tiap kali ditimbang?

Berat badan bisa berubah-ubah setiap harinya bahkan dalam hitungan jam. Perubahan ini disebabkan oleh berapa banyak kadar air yang yang Anda konsumsi dan hilang dari tubuh setiap harinya.

Kelly Hogan, MS, RD, SDN, koordinator nutrisi klinis di Dubin Breast Center di Mount Sinai Hospital menyatakan bahwa cairan yang masuk ke dalam tubuh memegang peranan penting dalam perubahan berat badan.

Dua gelas air yang ditambah dengan kadar air dalam makanan bisa menambahkan berat badan sebanyak 0.45 kg. Makan, minum, buang air kecil, buang air besar, dan olahraga semuanya dapat memengaruhi komposisi air di dalam tubuh yang akan berefek pada perubahan angka timbangan.

Jadi ingat, apa yang Anda makan dan minum berperan dalam menentukan berat Anda. Jika Anda banyak mengonsumsi makanan asin maka tubuh akan menyimpan banyak cairan yang akan membuat Anda merasa kembung sehingga tubuh seolah menjadi lebih berat.

Begitu juga dengan asupan karbohidrat yang dapat memengaruhi berapa banyak air yang dimiliki tubuh karena tubuh memerlukan cairan ekstra untuk menyimpan gula otot (glikogen) sebagai energi. Setiap gram glikogen membutuhkan tiga gram air.

Oleh karena itu, jenis aktivitas dan seberapa banyak air yang Anda konsumsi per hari bisa membuat berat badan berubah yang seringkali bersifat sementara. Sehingga jangan mengira bahwa perubahan berat badan setiap hari atau setiap jamnya tandanya Anda kehilangan lemak tubuh karena sangat tidak mungkin kehilangan 1-2 kg lemak dalam semalam.

Timbang berat badan setiap pagi

Dr. Anita Petruzelli M.D., dokter di BodyLogicMD menyatakan untuk mengetahui berat badan konsisten Anda, cobalah untuk menimbangnya di waktu yang sama sepanjang hari. Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menimbang berat badan.

Hal ini dikarenakan tubuh masih belum tercampuri oleh makan-makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan siang dan malam hari tubuh telah menampung banyak makanan dan cairan yang dapat menambah berat badan yang menjadi faktor berat badan berubah-ubah ketika ditimbang.

Cobalah untuk menimbang berat badan Anda sehabis bangun tidur dalam keadaan telanjang dan sudah buang air, baik itu buang air besar maupun buang air kecil. Usahakan untuk menimbang berat Anda di jam yang sama dan skala yang sama untuk melihat apakah berat badan Anda stabil.

Kenaikan dan penurunan berat badan setiap harinya ataupun jamnya normal terjadi. Namun jika angka yang ditunjukkan meningkat dan bertahan selama dua hari tau lebih tandanya itu bukan lagi kelebihan cairan dalam tubuh, melainkan lemak tubuh yang telah terbentuk.

Berat badan bukan satu-satunya cara untuk menilai seberapa sehat tubuh Anda. Jangan sampai usaha Anda untuk menurunkan atau menaikkan berat badan dilakukan dengan menggunakan cara-cara ekstrim yang dapat membahayakan tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When Your Weight Fluctuates: What’s Normal and What’s Not

https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/when-your-weight-fluctuates-whats-normal-and-whats-not accessed on March 6th 2018

Your Scale is Lying to You! 5 Reasons Your Weight Fluctuates

https://www.self.com/story/your-scale-is-lying-to-you-5-r accessed on March 6th 2018

Weight Fluctuation: Here’s What’s Normal and What’s Not

https://dailyburn.com/life/health/weight-fluctuation-whats-normal/ accessed on March 6th 2018

The Difference Between Actual Weight Gain and Normal Fluctuations

https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/weight-fluctuations accessed on March 6th

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita