Setiap Menimbang, Berat Badan Selalu Berubah. Apa Sih Penyebabnya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda termasuk orang yang menimbang berat badan setiap hari? Mungkin Anda merasa atau bahkan menyadari berat Anda terus berubah dari jam ke jam, bahkan hari ke hari. Jangan khawatir, hampir semua orang mengalami hal yang sama kok dan ini normal. Lalu, mengapa bisa berat badan berubah setiap harinya?

Kenapa berat badan berubah tiap kali ditimbang?

Berat badan bisa berubah-ubah setiap harinya bahkan dalam hitungan jam. Perubahan ini disebabkan oleh berapa banyak kadar air yang yang Anda konsumsi dan hilang dari tubuh setiap harinya.

Kelly Hogan, MS, RD, SDN, koordinator nutrisi klinis di Dubin Breast Center di Mount Sinai Hospital menyatakan bahwa cairan yang masuk ke dalam tubuh memegang peranan penting dalam perubahan berat badan.

Dua gelas air yang ditambah dengan kadar air dalam makanan bisa menambahkan berat badan sebanyak 0.45 kg. Makan, minum, buang air kecil, buang air besar, dan olahraga semuanya dapat memengaruhi komposisi air di dalam tubuh yang akan berefek pada perubahan angka timbangan.

Jadi ingat, apa yang Anda makan dan minum berperan dalam menentukan berat Anda. Jika Anda banyak mengonsumsi makanan asin maka tubuh akan menyimpan banyak cairan yang akan membuat Anda merasa kembung sehingga tubuh seolah menjadi lebih berat.

Begitu juga dengan asupan karbohidrat yang dapat memengaruhi berapa banyak air yang dimiliki tubuh karena tubuh memerlukan cairan ekstra untuk menyimpan gula otot (glikogen) sebagai energi. Setiap gram glikogen membutuhkan tiga gram air.

Oleh karena itu, jenis aktivitas dan seberapa banyak air yang Anda konsumsi per hari bisa membuat berat badan berubah yang seringkali bersifat sementara. Sehingga jangan mengira bahwa perubahan berat badan setiap hari atau setiap jamnya tandanya Anda kehilangan lemak tubuh karena sangat tidak mungkin kehilangan 1-2 kg lemak dalam semalam.

Timbang berat badan setiap pagi

Dr. Anita Petruzelli M.D., dokter di BodyLogicMD menyatakan untuk mengetahui berat badan konsisten Anda, cobalah untuk menimbangnya di waktu yang sama sepanjang hari. Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menimbang berat badan.

Hal ini dikarenakan tubuh masih belum tercampuri oleh makan-makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan siang dan malam hari tubuh telah menampung banyak makanan dan cairan yang dapat menambah berat badan yang menjadi faktor berat badan berubah-ubah ketika ditimbang.

Cobalah untuk menimbang berat badan Anda sehabis bangun tidur dalam keadaan telanjang dan sudah buang air, baik itu buang air besar maupun buang air kecil. Usahakan untuk menimbang berat Anda di jam yang sama dan skala yang sama untuk melihat apakah berat badan Anda stabil.

Kenaikan dan penurunan berat badan setiap harinya ataupun jamnya normal terjadi. Namun jika angka yang ditunjukkan meningkat dan bertahan selama dua hari tau lebih tandanya itu bukan lagi kelebihan cairan dalam tubuh, melainkan lemak tubuh yang telah terbentuk.

Berat badan bukan satu-satunya cara untuk menilai seberapa sehat tubuh Anda.  Jangan sampai usaha Anda untuk menurunkan atau menaikkan berat badan dilakukan dengan menggunakan cara-cara ekstrim yang dapat membahayakan tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Efektifkan Melangsingkan Tubuh Dengan Akupunktur?

Akupunktur adalah pengobatan alternatif untuk banyak kondisi, termasuk untuk diet. Tapi, seberapa efektif sih, akupunktur untuk menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

9 Jenis Susu Anak dan Tips Memilihnya Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis susu yang dijual di pasaran, mulai dari susu bubuk sampai susu UHT yang bisa langsung minum. Namun, apa susu yang tepat untuk anak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Kalau Ingin Berat Badan Ideal, Berapa Kalori yang Harus Dibakar?

Berapa banyak kalori yang harus dibakar per hari? Jika ingin berat badan ideal, olahraga juga perlu untuk membakar kalori, bukan hanya membatasi makanan.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga kardio dan angkat berat untuk menurunkan berat badan

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
medical checkup

Perlukah Melakukan Medical Check Up secara Rutin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
susu penambah berat badan

Apakah Susu Penambah Berat Badan Betulan Ampuh Bikin Berisi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
cepat turun berat badan pagi hari

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit