backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tipe Kepribadian ISTP, Si Pemecah Masalah yang Realistis

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 20/10/2023

Tipe Kepribadian ISTP, Si Pemecah Masalah yang Realistis

Apakah Anda pernah bertemu atau mengenal seseorang yang selalu tenang, rasional, dan penuh dengan logika? Mungkin saja Anda berinteraksi dengan orang dengan kepribadian ISTP. Lantas, apa itu ISTP? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa itu kepribadian ISTP?

ISTP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian menurut MBTI, yang terdiri atas introversion (I), sensing (S), thinking (T), dan perceiving (P).

Orang dengan kepribadian ISTP cenderung lebih suka waktu sendiri dan fokus pada detail praktis dan realitas di sekitar mereka. Mereka lebih banyak membuat keputusan berdasarkan logika daripada emosi. 

Mereka juga memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Orang dengan tipe ISTP  lebih mandiri, suka petualangan, tetapi tidak terlalu peka terhadap emosi orang lain.

Di samping itu, ciri khas dari ISTP adalah mampu menemukan solusi dengan cepat ketika dihadapkan sebuah masalah. Mereka juga dikenal dengan julukan “Pengrajin” atau “Perajin”. 

Seberapa umumkah tipe kepribadian ISTP?

Jenis kepribadian ini mungkin akan lebih sering terlihat pada pria daripada wanita. Selain itu, ISTP adalah salah satu tipe yang cukup langka dalam MBTI karena hanya 5% dari populasi umum yang memiliki tipe ini.

Karakteristik kepribadian ISTP

cara agar terlihat pintar

Jika ingin mengenal ISTP lebih lanjut, berikut ini beberapa ciri-ciri dari kepribadian ini. 

1. Sangat mandiri

ISTP adalah individu yang sangat independen. Mereka menjalani hidup dengan cara mandiri, menjaga kebebasan dalam membuat keputusan, gaya hidup, dan ide mereka sendiri. 

Mereka cenderung tidak terlalu mematuhi batasan atau pedoman. Alhasil, kepribadian ini cenderung suka bekerja sesuai dengan keinginan dan menjelajahi kehidupan sesuai dengan preferensi pribadi mereka. 

Mereka adalah introver sejati yang suka menjalani waktu sendirian dan tidak terlalu tertarik pada obrolan ringan.

Untuk terhubung dengan orang lain, mereka lebih suka berbagi aktivitas dan bekerja sama dalam proyek bersama.

2. Suka berpetualang dan ambisius

Selain mandiri, ISTP bersifat ambisius dan senang berpetualang. Mereka mungkin lebih senang beraktivitas ekstrem, seperti bersepeda motor, bungee jumping, atau berselancar

ISTP juga suka “mengotori” tangan untuk berinteraksi dengan dunia sekitar mereka. Tipe ini pun sering keluar dari zona nyaman, mengeksplorasi ide-ide baru melalui pengalaman langsung, dan belajar keterampilan baru.

ISTP juga memiliki imajinasi yang kaya dalam hal mekanika dan kerajinan tangan, dan mereka tertarik pada hobi-hobi yang praktis.

3. Praktis, logis, dan fokus pada hasil

Kepribadian ISTP adalah kombinasi dari sifat-sifat praktis, kreatif, dan berorientasi pada hasil. Mereka lebih suka mencari solusi yang logis daripada memikirkan konsep abstrak. 

Kepribadian ini memiliki keterampilan teknis dan mekanik yang luar biasa, serta ahli memperbaiki dan mengotak-atik perkakas, mesin, dan peralatan.

Mereka selalu ingin tahu penyebab di balik setiap masalah yang ditemui. Alhasil, ISTP dapat segera mengatasinya. 

4. Cukup misterius

ISTP memang cukup misterius dan introver. Meskipun ramah dan senang berinteraksi dengan orang lain, kepribadian ini cenderung menjadi orang yang tertutup tanpa terlihat menarik diri. 

Istilah “tenang” memang sering digunakan untuk menggambarkan ISTP. Namun, di balik itu, mereka adalah orang yang senang berpetualang. 

Ini terlihat dari kemampuan ISTP untuk menggabungkan rasa spontan dengan logika. Kemampuannya ini memudahkan mereka beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru. 

Kelebihan dan kekurangan ISTP

kepribadian INTP

Seperti semua jenis kepribadian, ISTP juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini penjelasannya. 

Kelebihan tipe kepribadian ISTP

Bagi Anda yang mengenal kepribadian ISTP, ada beberapa hal yang mungkin dirasa menjadi keuntungan berteman dengan mereka. Apa saja?

  • Pencari solusi yang andal karena cenderung logis dan rasional. 
  • Pekerja keras yang tahu bagaimana membuat segala sesuai jadi lebih efisien. 
  • Kepribadian yang tangguh dan bisa menghadapi situasi sulit. 

Kekurangan tipe kepribadian ISTP

Sementara itu, ada beberapa kekurangan dari ISTP yang mungkin muncul berdasarkan karakteristik mereka. Berikut ini beberapa kekurangannya. 

  • Orang yang tertutup dan tidak terlalu ekspresif. 
  • Kurang peka terhadap emosi orang lain yang terkadang menyulitkan komunikasi. 
  • Punya tingkat kesabaran yang relatif rendah sehingga cenderung mudah bosan.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ISTP

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kecenderungan alami.

Mereka juga andal dalam menggunakan alat-alat sehingga ada beberapa pekerjaan yang mungkin cocok untuk mereka, misalnya: 

  • teknisi,
  • insinyur,
  • montir,
  • pilot,
  • penjelajah alam,
  • petugas keamanan,
  • petani, dan
  • seniman atau pengrajin

Kepribadian ISTP adalah tipe yang realistis dan logis. Mereka memiliki sejumlah kelebihan, seperti logika yang kuat dan praktis.

Namun, tentu ada beberapa kekurangan dari kepribadian ini, misalnya terlalu kritis atau kurang ekspresif. 

Jika Anda adalah seorang ISTP atau memiliki seseorang dengan kepribadian ISTP, ini adalah wawasan untuk lebih memahami cara berpikir dan bertindak mereka.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 20/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan