home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pacar Ditaksir Orang Lain, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Pacar Ditaksir Orang Lain, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Memiliki pacar yang punya banyak penggemar memang menyenangkan. Di satu sisi Anda merasa bangga, di sisi lain ada kekhawatiran kalau-kalau pacar Anda ditaksir orang lain. Apalagi jika orang itu terlihat lebih baik dari Anda. Lantas, jika pacar Anda ditaksir orang lain, apa yang harus Anda lakukan?

Yang harus dilakukan saat pacar ditaksir orang lain

Masalah pacar ditaksir oleh orang lain sebenarnya gampang-gampang susah. Anda tidak dapat menyalahkan siapa pun karena pada dasarnya perasaan suka tanpa ada aksi setelahnya tidak boleh dipermasalahkan.

Akan tetapi, perasaan cemas dan khawatir bila pasangan berpaling dari Anda pun tidak dapat dihilangkan begitu saja. Apalagi, orang yang menyukai pacar Anda berada dalam satu lingkungan pasangan.

Rasa cemas dan khawatir tersebut kemudian bisa berkembang menjadi perasaan cemburu. Agar tak menjadi cemburu buta, Anda dapat melakukan berbagai hal berikut ketika pacar ditaksir orang lain.

1. Mengakui perasaan

pacar sahabat cemburu

Pertama-tama, Anda bisa membuat pengakuan kepada pasangan bahwa Anda merasa risi bila ada orang lain yang jatuh hati kepada pasangan Anda.

Anda tahu kecemburuan ini sebenarnya konyol, tetapi bila Anda merasa pacar Anda merasa tersanjung dengan perilaku orang tersebut, mungkin memang wajar Anda cemburu.

Seperti yang dilansir dari Relate, rasa cemburu dalam sebuah hubungan sangat umum dan wajar terjadi. Akan tetapi, terkadang perasaan ini menimbulkan penolakan dan kecemasan yang begitu parah terhadap pasangan Anda sendiri, sehingga Anda cenderung posesif.

Akibatnya banyak orang yang tidak mampu mengakui bahwa mereka cemburu karena takut merusak hubungan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengakui perasaan cemburu itu jika pasangan Anda disukai oleh orang lain. Hal ini justru dapat membantu Anda mengendalikan emosi.

2. Tidak membiarkan rasa marah menguasai Anda

bertengkar dengan pacar

Anda pun harus ingat jika situasi ini hanyalah perasaan yang bertepuk sebelah tangan. Nyatanya, pacar Anda tetap memilih berada di sisi Anda. Jangan sampai, Anda jadi cemburu buta.

Hampir kebanyakan orang tidak menyangkal bahwa dipuji atau disukai oleh seseorang dapat meningkatkan ego mereka. Itu sebabnya, mungkin saja pasangan Anda merasa senang ketika tahu ada orang lain yang menyukainya.

Namun, rasa senang yang ditunjukkan bukan berarti ia membalas perasaan orang tersebut. Agar tetap dapat menjaga hubungan meski pacar Anda ditaksir orang lain, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Melihat apakah hubungan Anda memang dibangun atas dasar kepercayaan, hormat, dan cinta.
  • Melihat ulang apakah perilaku pacar Anda sesuai dengan perkataannya

Pacar yang ditaksir orang lain memang sering menimbulkan kecemburuan yang mungkin tidak jelas. Akan tetapi, membiarkannya menguasai emosi dan pikiran Anda pun tidak baik untuk hubungan Anda berdua.

3. Membicarakannya dengan pasangan

hubungan pacaran sehat

Jika rasa cemburu masih tetap bertahan di sana, cobalah untuk mendiskusikan masalah ini dengan pasangan.

Ingat, hubungan yang sehat memerlukan komunikasi yang baik di antara satu sama lain. Oleh karena itu, Anda dapat mengutarakan ketidaksukaan Anda saat pacar ditaksir oleh orang lain itu.

Walaupun mungkin akan membuat situasi memanas, setidaknya Anda sudah melepaskan beban yang selama ini tersimpan di hati Anda.

Jika Anda bingung bagaimana memulainya, cobalah untuk bercerita terlebih dahulu dengan teman yang Anda pikir tepat, bukan yang akan memanas-manasi Anda.

Teman Anda mungkin dapat membantu Anda dalam mencari tahu cara yang tepat dalam menyampaikan hal ini kepada pacar Anda.

Di dalam sebuah hubungan dibutuhkan kerja sama di antara Anda berdua. Oleh karena itu, ketika pacar Anda ditaksir orang lain dan Anda merasa tidak nyaman, komunikasikan dan carilah jalan keluarnya agar Anda bisa melewati fase kecemburuan ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 health ways to deal with jealousy https://psychcentral.com/blog/8-healthy-ways-to-deal-with-jealousy/ accessed July 5, 2019. 

When someone flirts (or more) with your partner https://www.psychologytoday.com/us/blog/fulfillment-any-age/201601/when-someone-flirts-or-more-your-partner accessed July 5, 2019. 

Is jealousy ruining your relationship? https://www.relate.org.uk/relationship-help/help-relationships/trust/jealousy-ruining-your-relationship accessed July 5, 2019.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 01/02/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x