home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Anxiety Dreams, Mimpi yang Dipicu Stres dan Rasa Cemas

Anxiety Dreams, Mimpi yang Dipicu Stres dan Rasa Cemas

Tidur memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk benar-benar beristirahat dari segala beban yang dihadapi selama seharian. Sayangnya, terkadang mimpi yang muncul malah bikin panik dan stres. Jika mimpi tersebut membuat khawatir akan hal buruk terjadi, mungkin Anda mengalami anxiety dreams.

Apa itu anxiety dreams?

anxiety dreams
Sumber: Hidustan Times

Anxiety dreams, kerap juga disebut stress dreams adalah mimpi buruk yang kemunculannya dipicu dari perasaan negatif yang sedang dialami seperti kecemasan atau ketakutan.

Namun, berbeda dengan mimpi buruk biasanya, mimpi yang muncul saat seseorang mengalami anxiety dreams kebanyakan adalah mimpi dengan situasi yang sangat dekat dengan kehidupan nyata.

Beberapa contoh anxiety dreams yang paling umum terjadi adalah mimpi bertelanjang di depan umum, mimpi berada di panggung dengan banyak mata yang memandang penuh penilaian, atau mimpi terus berlari tanpa tahu tujuan.

Mimpi ini muncul ketika seseorang beralih ke fase tidur rapid eye movement (REM), saat di mana sistem pernapasan bekerja lebih cepat dan tidak teratur, dengan mata yang bergerak ke segala arah serta aktivitas otak yang mengalami peningkatan.

Mengapa anxiety dreams bisa terjadi?

mengatasi gangguan kecemasan

Stres bisa menjadi hal utama yang berperan terhadap kualitas tidur Anda, begitu juga dengan mimpi yang Anda dapatkan. Biasanya, beberapa kejadian yang memberikan perubahan besar pada hidup dapat menimbulkan stres seperti kehilangan seseorang, atau saat Anda akan dihadapkan pada peristiwa yang penting seperti wawancara kerja.

Stres yang Anda rasakan inilah yang nantinya membuat Anda sulit tidur dan memicu munculnya mimpi yang lebih sering. Selain itu, kecemasan yang dialami juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan mimpi buruk.

Hal ini terjadi karena adanya beberapa bagian dalam otak termasuk pons, bagian yang berperan dalam mengendalikan ekspresi dan keseimbangan tubuh, bekerja dengan mengirimkan berbagai sinyal secara aktif selama Anda tidur. Sinyal-sinyal tersebut bisa didapatkan dari berbagai ingatan dalam otak serta pengalaman sensorik.

Otak pun menangkap sinyal dan menghubungkannya menjadi sebuah cerita. Hasil akhirnya adalah mimpi yang muncul dalam tidur Anda.

Dengan kata lain, anxiety dreams yang Anda alami merupakan buah dari kekhawatiran dan ketakutan yang terus dipikirkan sehingga otak mengubahnya menjadi sebuah cerita dalam mimpi yang membuat Anda terbangun dengan keadaan gelisah.

Kemungkinan penyebab lainnya juga meliputi trauma terutama pada orang-orang dengan PTSD (post-traumatic disorder), obat-obatan antidepresan, serta film atau buku horor yang dilihat sebelum tidur.

Bagaimana cara mengatasinya?

aromaterapi untuk tidur nyenyak

Anxiety dreams yang dialami seringnya berawal dari stres yang menimpa Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ketahui dahulu hal-hal apa yang sekiranya telah mengganggu pikiran Anda selama belakangan ini.

Coba kaitkan dengan mimpi yang Anda dapatkan, mungkin situasi dalam mimpi tersebut juga merupakan refleksi atas hal yang sedang terjadi di waktu dekat.

Setelah mengetahui pusat permasalahannya, pikirkan lagi cara yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya. Apakah stres yang datang adalah akibat dari pekerjaan atau masalah dalam hubungan Anda dengan orang-orang terdekat.

Menyadari perasaan dan masalah yang sedang dihadapi akan membantu Anda dalam mencari solusi agar bisa terlepas dari mimpi buruk. Untuk membuat prosesnya lebih mudah, Anda juga bisa menulis mimpi yang didapatkan pada sebuah jurnal.

Langkah selanjutnya untuk mencegah anxiety dreams adalah dengan mengatur suasana dalam kamar yang sekiranya bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak. Coba setel musik yang tenang atau menyalakan aromaterapi. Kedua cara ini dipercaya dapat memberikan efek relaksasi yang akan membuat Anda lebih cepat mengantuk.

Berolahraga pada siang hari atau melakukan peregangan sebelum tidur juga dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Saat berolahraga, otak kita akan melepaskan hormon bernama dopamin yang berperan untuk memberikan sinyal berupa rasa bahagia.

Tentunya, hormon ini dapat membantu otak untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan sehingga Anda bisa tertidur dengan suasana hati yang baik dan terhindar dari mimpi buruk.

Cara lainnya yang dapat dicoba adalah melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam meditasi atau berlatih yoga.

Bila anxiety dreams tetap terjadi, langsung lakukan teknik relaksasi dengan mengatur nafas. Bisa juga dengan langsung bangun dari kasur dan lakukan kegiatan yang sekiranya akan membuat Anda melupakan rasa cemas seperti berjalan di sekitar rumah atau coba berendam dengan air hangat.

Begitu Anda mulai mengantuk, kembalilah ke tempat tidur.

Segera cari pertolongan profesional

Seringnya, anxiety dreams hanya terjadi beberapa kali dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, masalah ini tak bisa dibiarkan tatkala mimpi yang Anda alami muncul dengan cara:

  • Sering muncul dan terjadi selama beberapa hari berturut-turut
  • Kerap mengganggu tidur dan membuat Anda takut untuk kembali terlelap
  • Menyebabkan kesulitan saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari

Segera konsultasikan pada dokter atau psikolog untuk mencari solusi bersama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Decoding Anxiety Dreams. (2012). Retrieved 2 June 2020, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/sex-sociability/201212/decoding-anxiety-dreams

How to Stop Nightmares from Anxiety. (2018). Retrieved 2 June 2020, from https://www.calmclinic.com/anxiety/symptoms/anxiety-nightmares

Nightmare disorder – Symptoms and causes. (2017). Retrieved 2 June 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nightmare-disorder/symptoms-causes/syc-20353515

Stress Dreams: Why Do We Have Them ― and How to Stop?. (2019). Retrieved 2 June 2020, from https://health.clevelandclinic.org/stress-dreams-why-do-we-have-them-and-how-to-stop/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 28/09/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x