Warna Bola Mata Bisa Meramalkan Kondisi Kesehatan Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tidak hanya perubahan warna kulit saja yang menandakan adanya kondisi kesehatan yang bermasalah, warna mata pun bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu. Rachel Bishop MD, seorang kepala konsultasi pada National Eye Institute, menyatakan kalau ada lebih dari satu gen yang membentuk atau memengaruhi warna bola mata seseorang. Nah, perpaduan gen-gen ini pada dasarnya bisa menentukan dan meningkatkan risiko kesehatan pada manusia, tergantung warna mata yang dimilikinya. Apa saja risikonya? Simak pembahasan di bawah ini.

Beda warna mata, beda pula kondisi dan risiko kesehatan seseorang

1. Warna mata hitam atau gelap rentan terkena katarak

Katarak adalah kondisi di mana munculnya lapisan berawan di atas pupil mata, yang mana akan membuat penglihatan terasa kabur. Parahnya lagi, studi yang diterbitkan oleh American Journal of Ophthamology tahun 2000 menemukan, kalau orang yang punya warna mata gelap cenderung berisiko terkena katarak 1 hingga 2 kali lebih banyak. Maka dari itu, penting untuk melidungi mata  dari sinar ultraviolet untuk mencegah katarak muncul.

2. Warna bola mata biru jarang terkena vitiligo

Sebuah tinjauan penelitian dari jurnal Nature, menyatakan kalau orang dengan warna bola mata biru jarang terkena atau kurang umum untuk terkena penyakit vitiligo. Dari hampir 3.000 pasien vitiligo yang semuanya berkulit putih dalam penelitian ini, ditemukan hasilnya kalau 27% terjadi pada yang memiliki mata biru, 30% yang memiliki mata hijau atau hazel, dan paling banyak 43% yang memiliki warna mata coklat.

3. Warna mata gelap cenderung sensitif terhadap alkohol

Jika Anda memiliki warna bola mata gelap, yaitu coklat atau hitam, mungkin Anda kurang suka untuk minum minuman yang mengandung alkohol. Mengapa demikian? Penelitian yang diterbitkan oleh Personality and Individual Differences tahun 2001 menyatakan, kalau alkohol lebih sering dikonsumsi pada orang yang memiiki warna bola mata terang (seperti biru, hijau atau ungu). Mereka menyimpulkan bahwa ada kemungkinan bila orang bermata gelap lebih sensitif  terhadap alkohol dan obat-obatan lainnya.

4. Wanita dengan warna bola mata terang lebih mampu menahan rasa sakit

Dalam penelitian yang dipublikasikan dari American Pain Society di tahun 2014 oleh profesor anestesiologi Inna Belfer, MD, PhD, mengemukakan temuan yang menyatakan wanita yang bola matanya berwarna terang, memungkinkan untuk mampu menahan rasa sakit daripada wanita bermata gelap.

Periset meneliti sekelompok kecil wanita saat sebelum dan sesudah melahirkan. Hasilnya didapat, kalau wanita bermata gelap cenderung lebih banyak menunjukkan kegelisahan dan gangguan tidur sebagai respon rasa sakit. Wanita bermata gelap juga mengalami penurunan rasa sakit yang lebih besar setelah menerima epidural, yang menunjukkan kalau mereka memang peka terhadap rasa sakit.

5. Warna mata yang berubah, menandakan ada yang salah dari dalam tubuh

Jika Anda melihat ada warna merah di bagian putih mata Anda, hal itu mungkin menandakan bahwa Anda memiliki alergi yang tidak atau belum terdiagnosis. Sedangkan kalau bagian putih mata Anda berwarna kuning, mungkin Anda memiliki masalah pada liver. Lalu, kalau salah satu warna mata Anda berubah, itu bisa disebabkan karena adanya penyakit warisan seperti neurofibromatosis, yang menyerang tumor jaringan saraf dan bahkan bisa menyebabkan melanome pada iris mata.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu Anda tidak dianjurkan kembali beraktivitas. Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah operasi usus buntu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit