Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mata Bengkak dan Merah karena Makeup? Cegah dan Atasi dengan Cara Ini!

Mata Bengkak dan Merah karena Makeup? Cegah dan Atasi dengan Cara Ini!

Demi menunjang penampilan, penggunaan makeup kini telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Sayangnya, makeup tak selalu menyempurnakan penampilan. Jika terjadi iritasi atau keluhan lain yang terus dibiarkan, makeup justru dapat menimbulkan kondisi mata bengkak dan merah. Pernah mengalaminya? Simak cara mencegah serta mengatasi mata bengkak dan merah karena makeup atau kosmetik dengan cara ini!

Mengapa makeup bisa sebabkan mata bengkak dan merah?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi mata merah karena kosmetik, ketahui dulu makeup seperti apa yang bisa menjadi penyebabnya. Nah, penggunaan teknik makeup yang salah pada daerah sekitar mata adalah pemicu dari masalah ini. Contohnya adalah ketika eyeliner diaplikasikan pada bagian dalam di tepi kelopak mata.

Hal tersebut bisa menipiskan lapisan minyak dari lapisan air mata. Akibatnya, penguapan air mata terjadi lebih cepat, lalu membuat mata menjadi merah.

Selain itu, mata merah karena makeup juga dapat terjadi akibat beberapa penyebab, seperti:

  • Tipe mata sensitif
  • Aplikator makeup yang kotor
  • Menggunakan makeup kedaluwarsa
  • Iritasi akibat alergi pada kandungan tertentu

Apa efek samping lainnya pada kesehatan mata?

Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi mata akibat penggunaan makeup yang salah bisa berdampak buruk pada kesehatan organ penglihatan. Efek samping yang mungkin terjadi akibat kondisi ini, antara lain:

Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan peradangan pada membran luar bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Kondisi ini juga sering disebut pinkeye dan bisa dikenali dengan gejala mata gatal serta mata merah.

Infeksi

Infeksi bisa terjadi karena bakteri atau virus. Bakteri atau virus ini berasal dari benda-benda yang ada di sekitar kita, seperti kuas, produk kosmetik, bahkan tas yang digunakan untuk menaruh makeup. Tanda-tanda dari terjadinya infeksi ini bisa berupa mata merah atau mata bengkak.

Komplikasi

Ketika eyeliner atau makeup mata lainnya secara tidak sengaja mengenai bagian dalam mata, maka robekan pada kornea bisa terjadi. Kerusakan pada kornea ini bisa membuat penglihatan kabur, iritasi, dan muncul kemerahan pada mata.

Tips menggunakan makeup tanpa membuat mata merah

Agar mata merah tidak terjadi lagi saat mengaplikasikan makeup, khususnya di daerah sekitar mata, beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk mencegahnya:

Menggunakan eyeliner atau makeup mata lainnya secara hati-hati

Penggunaan eyeliner atau maskara sebaiknya dihindari pada bagian dalam kelopak mata. Sebab, hal itu dapat memblokir kelenjar meibom yang berfungsi melepaskan zat berminyak dan membentuk lapisan air mata, hingga akhirnya menyebabkan mata merah.

Membersihkan makeup secara menyeluruh

Agar tidak ada sisa makeup yang jatuh ke bagian dalam mata, lakukan pembersihan dengan teliti pada saat ingin menghapus riasan. Gunakan pembersih makeup berbahan dasar krim, gel untuk maskara, atau makeup tahan air lainnya.

Menghindari kandungan makeup yang bisa menyebabkan alergi dan iritasi

Sebelum membeli produk makeup, usahakan untuk terlebih dahulu menguji kandungannya dengan cara mengoleskan di bagian belakang telinga. Cocok atau tidaknya kulit pada produk tersebut bisa terlihat dari reaksi kulit yang muncul saat mencobanya dengan cara ini.

Gunakan obat tetes mata

Jika sudah terlanjur mengalami mata merah, penggunaan obat tetes mata adalah langkah paling tepat yang dapat dilakukan. Pilih obat tetes mata steril dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride yang mampu membantu meredakan mata merah akibat iritasi ringan, seperti efek pemakaian makeup.

Menggunakan makeup demi menyempurnakan penampilan tentu sah-sah saja dilakukan. Namun, pastikan juga untuk memperhatikan cara penggunaan makeup dan efek samping yang bisa timbul agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan, khususnya pada daerah di sekitar mata yang sensitif.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. Study finds eyeliner application may cause eye problems. (2015). Diakses pada 21 Desember 2021, https://uwaterloo.ca/news/news/study-finds-eyeliner-application-may-cause-eye-problems 
  2. Impact of Makeup on Dry Eye Disease. (2016). Diakses pada 21 Desember 2021, https://eyecare.org/site/impact-of-makeup-on-dry-eye-disease/ 
  3. Risks Associated with Eye Make-Up. (2019), Diakses pada 22 Desember 2021, https://www.news-medical.net/health/Risks-Associated-with-Eye-Make-Up.aspx 
  4. Here’s What Can Happen if You Always Sleep With Mascara On, Oh God.(2018). Diakses 22 Desember 2021, https://www.sciencealert.com/mascara-make-up-remove-health-effects-dangerous-eyes
  5. Are mascara and eyeliner bad for your eyes?, (2018). Diakses 22 Desember 2021, https://wexnermedical.osu.edu/blog/eye-makeup-risks
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui Mar 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto