Anestesi Untuk Operasi Caesar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu anestesi untuk operasi caesar?

Anestesi spinal melibatkan suntikan anestesi lokal dan obat penghilang rasa sakit lainnya pada sebuah daerah yang disebut ruang subarachnoid, dekat sumsum tulang belakang Anda. Hal ini mematikan saraf Anda dan menghilangkan rasa nyeri di daerah‐daerah tertentu dari tubuh Anda. Ahli anestesi Anda akan memasukkan jarum, menyuntikkan obat bius melaluinya dan kemudian melepaskan jarum. Seharusnya tidak terasa menyakitkan, meskipun bisa terasa tidak nyaman. Selama persalinan, jika Anda memiliki epidural yang bekerja dengan baik dan Anda membutuhkan operasi caesar, dokter anestesi Anda dapat memberikan dosis anestesi ekstra untuk membuat Anda mati rasa. Teknik lain adalah dengan memasukkan tabung kecil di ruang epidural pada saat yang sama ketika memasukkan jarum untuk tulang belakang (gabungan spinal‐epidural).

Kapan saya harus mendapatkan anestesi untuk operasi caesar?

Kadang‐kadang pilihan yang paling aman untuk Anda atau bayi Anda adalah operasi caesar. Jika Anda hamil bayi kembar, kemungkinan besar Anda akan dipertimbangkan untuk melakukan operasi caesar. Hal ini akan tergantung pada bagaimana kehamilan Anda berkembang, posisi bayi Anda, dan jika bayi berbagi plasenta.

Pencegahan & peringatan

Apa manfaat anestesi spinal ?

Dibandingkan dengan bius total, anestesi spinal memiliki manfaat untuk Anda dan bayi Anda. Jika Anda terjaga selama proses operasi caesar, Anda dan pasangan dapat berbagi dalam momen kelahiran, dan bayi Anda dapat dibawa kepada Anda segera setelah dilahirkan. Tidak ada efek samping yang signifikan untuk Anda atau bayi Anda, dan Anda bisa menyusui segera setelah operasi. Anestesi tulang belakang sedikit lebih aman daripada bius total dan pemulihan biasanya lebih nyaman dan lebih cepat.

Efek apa yang bisa didapatkan bayi saya?

Beberapa anestesi akan diserap dari Anda oleh bayi Anda. Hal ini dapat membuat bayi Anda mengantuk untuk sementara waktu, tetapi tidak ada efek jangka panjang. Anda tidak akan mampu menggendong bayi atau menyusui sampai Anda benar‐benar sudah terjaga.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum anestesi untuk operasi caesar?

Jika Anda disarankan untuk menjalani operasi caesar, dokter akan menjelaskan mengapa cara ini adalah yang terbaik bagi Anda, dan apa kemungkinan efek samping. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan.

Bagaimana proses anestesi untuk operasi caesar?

Dokter bedah akan memberikan bius total, yaitu kombinasi dari obat yang menyebabkan kondisi tidur yang nyenyak. Setelah itu Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi. Kebanyakan orang bisa langsung tertidur setelah disuntikkan anestesi melalui infus (tabung kecil) ke pembuluh darah. Dibutuhkan sekitar 30 detik bagi bius untuk bekerja. Anda akan terus tertidur selama Anda menghirup gas anestesi.

Bagaimana dokter anestesi saya tahu bahwa saya sudah benar­benar tertidur?

Dokter anestesi Anda akan terus menerus memonitor jumlah anestesi dalam tubuh Anda untuk memastikan agar Anda  sangat tidak mungkin tersadar selama operasi

Apa yang akan saya rasakan selama operasi berlangsung?

Anda mungkin akan merasakan perut Anda ditarik dan didorong. Anda juga mungkin merasa sesak napas karena saraf‐saraf di sekitar dada Anda akan mati rasa. Setelah proses persalinan, Anda mungkin merasakan berat atau tekanan di dada Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah operasi?

Dokter anestesi Anda akan memantau Anda dengan baik. Ketika operasi selesai, anestesi akan mereda, memungkinkan Anda untuk bangun lagi. Tergantung pada bantuan yang Anda miliki di rumah, Anda harus siap untuk meninggalkan rumah sakit dalam waktu dua sampai empat hari. Anda akan didorong untuk menjadi aktif dengan bangkit dari tempat tidur dan berjalan di sekitar sesegera mungkin, dan bidan atau fisioterapis di rumah sakit Anda akan memberikan saran tentang olahraga yang akan membantu pemulihan Anda. Anda dapat kembali menyetir saat Anda sudah bisa bergerak tanpa nyeri, dan asalkan Anda dapat melakukan pemberhentian darurat. Ini mungkin terjadi setelah enam minggu atau lebih awal. Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

  • kegagalan anestesi spinal
  • gatal
  • kesulitan buang air
  • tekanan darah rendah
  • sakit kepala
  • sakit punggung
  • blok tinggi yang tak terduga
  • kerusakan saraf
  • penyumbatan darah
  • merasa seperti sedang sakit
  • sakit tenggorokan
  • sakit otot
  • kerusakan gigi
  • kesulitan bernapas
  • kesadaran selama operasiJika Anda memiliki pertanyaan tentang kemungkinan komplikasi, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

    Walaupun tidak punya masalah atau penyakit, sebaiknya kulit dirawat sejak dini. Intip ragam perawatan untuk kulit agar lebih sehat.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit

    Transplantasi Ginjal

    Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

    Akantosis Nigrikans, Saat Kulit Menebal dan Menghitam Akibat Diabetes

    Akantosis nigrikans adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit menebal dan menggelap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

    Meski tak bisa disembuhkan, ada berbagai macam cara untuk mencegah diabetes. Tindakan pencegahan diabetes ini pun sangat sederhana. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    daging ayam belum matang

    4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    atrofi otot

    Informasi Lengkap Atrofi Otot, Mulai dari Gejala Hingga Pengobatan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    pencegahan anemia

    7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit