Serba-serbi Perayaan Baby Shower untuk Sambut Kelahiran Bayi

    Serba-serbi Perayaan Baby Shower untuk Sambut Kelahiran Bayi

    Beberapa waktu belakang ini perayaan baby shower sangat marak dilakukan di Indonesia, terutama bagi pasangan muda dan milenial. Acara tersebut sering kali dilaksanakan di hotel atau rumah dengan mengundang keluarga atau kerabat dekat untuk berbagi kebahagiaan dalam rangka menyambut kelahiran calon bayi.

    Yuk, ketahui serba-serbi seputar baby shower melalui ulasan berikut ini!

    Apa yang dimaksud dengan baby shower?

    bahaya paraben untuk ibu hamil

    Baby shower adalah pesta atau perayaan yang umum dilakukan oleh orang-orang di negara Barat untuk menyambut kelahiran bayi.

    Sesuai namanya, “shower” berarti dihujani. Dalam perayaan baby shower, calon ibu akan dihujani dengan hadiah dan perhatian dari keluarga dan orang-orang tersayang.

    Nah, di Indonesia sendiri terdapat tradisi yang mirip dengan baby shower yakni empat bulanan dan tujuh bulanan kehamilan.

    Tujuannya pun terbilang sama sebagai bentuk ungkapan rasa syukur menjelang persiapan melahirkan bayi.

    Meski hampir sama, perayaan baby shower dan tradisi empat bulanan serta tujuh bulanan memiliki perbedaan.

    Tradisi empat bulanan dan tujuh bulanan lebih terasa kental ritual adat dan keagamaan yang acaranya diselenggarakan langsung oleh orangtua atau keluarga calon bayi.

    Sementara itu, perayaan untuk menyambut kelahiran bayi biasanya diadakan oleh sahabat atau teman dekat dan identik dengan pesta serta pemberian kado kepada sang calon ibu.

    Maka tak heran, saat perayaan baby shower Anda akan melihat ada banyak bungkusan kado dengan tempat yang telah diberi hiasan atau dekorasi cantik dan kekinian.

    Dengan begitu, calon ibu akan merasa senang dan mengurangi stres yang mungkin muncul jelang persalinan.

    Apa yang dilakukan saat acara baby shower?

    Hal terpenting untuk acara baby shower adalah melakukan apa yang membuat calon ibu bahagia dan melupakan rasa takut jelang melahirkan.

    Jadi, dalam acara ini tentu Anda akan bersenang-senang sambil berbincang dan makan makanan enak.

    Anda mungkin juga akan bernostalgia dengan keluarga maupun kerabat yang sudah lama tidak bertemu sekaligus melihat calon ibu membuka hadiah atau bungkusan kado.

    Dilansir dari Black Gold Cooperative Library System, acara untuk menyambut kelahiran bayi ini juga akan semakin semarak dengan adanya permainan atau games yang seru.

    Tentu games yang akan dimainkan berkaitan dengan tema acara yakni seputar bayi dan bisa juga gender reveal (tebak jenis kelamin calon bayi).

    Hal penting yang harus dipersiapkan untuk perayaan baby shower

    pelembap untuk ibu hamil

    Sama halnya dengan mengadakan acara atau perayaan lainnya, sebelum melakukan baby shower Anda perlu mempersiapkannya dengan matang.

    Persiapan yang matang sangat diperlukan agar acara dapat berjalan lancar. Agar tidak ada yang terlewat, berikut ini panduannya.

    1. Menentukan waktu yang tepat

    Sebenarnya, acara baby shower dapat dilakukan kapan saja bahkan setelah sang ibu dikatakan hamil.

    Namun, acara untuk menyambut kelahiran bayi ini sering kali diadakan ketika calon ibu telah menyelesaikan bulan ketujuh kehamilannya atau saat pada trimester ketiga kehamilan.

    Mengutip Baby Center, diyakini bahwa setelah bulan ketujuh kondisi calon bayi dan ibu berada dalam fase aman.

    Bahkan, ada pula yang baru menggelar acara ini pada akhir bulan kedelapan kehamilan.

    2. Memilih lokasi

    Mempersiapkan dan memilih lokasi yang tepat menjadi salah satu langkah penting ketika hendak merencanakan acara.

    Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak tamu yang dapat Anda undang.

    Sebelumnya, Anda juga perlu memastikan dan berkoordinasi dengan calon ibu untuk tahu apakah ia memiliki preferensi lain dalam menentukan lokasi saat menggelar acara ini.

    Idealnya, perayaan baby shower tidak dilakukan di rumah calon ibu sehingga ia tidak perlu bersih-bersih sebelum dan sesudah acara.

    3. Menentukan tema acara dan konsepnya

    Setelah memilih lokasi dan waktu yang tepat, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan tema dan konsep acara.

    Tema dan konsep acara sebaiknya menyesuaikan dengan tempat diadakannya perayaan baby shower dan kesukaan calon ibu agar ia bahagia.

    Jangan lupa ketika membahas soal konsep acara, tentukan juga dress code, dekorasi, dan menu makanan yang nanti akan dihidangkan supaya dapat terorganisir dengan baik.

    4. Menyebar undangan

    Anda dapat mengirim undangan kepada para tamu setidaknya tiga minggu sebelum acara digelar, jangan mendadak. Dengan begitu, setiap tamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkannya.

    Undangan dapat dikirim melalui surat, email, atau dengan menjadwalkan acara di media sosial.

    Selain, menyebutkan semua informasi dasar seperti siapa, apa, di mana, kapan, dan instruksi RSVP (respons kehadiran atau tidak) di dalam undangan, tidak ada salahnya untuk beri tahu juga tentang tema acara apabila ada.

    5. Persiapkan dokumentasi acara

    Acara yang spesial,tidak lengkap tanpa adanya dokumentasi. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan dokumentasi acara.

    Dokumentasi dapat diisi dengan momen-momen saat acara berlangsung.

    Selain itu, dokumentasi dapat berupa ucapan dan doa yang diberikan oleh keluarga atau kerabat dekat untuk calon bayi dan ibu agar persalinan berjalan dengan lancar.

    Dokumentasi dapat memberikan kesan dan kenangan yang tak terlupakan dengan orang-orang tersayang.

    Itulah informasi seputar baby shower. Semoga dapat membantu dan selamat menjalani kelahiran si Kecil!

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Throwing a baby shower. (2003, August 7). BabyCentre UK. Retrieved 29 September 2022, from https://www.babycentre.co.uk/a554814/throwing-a-baby-shower

    The perfect baby shower. (n.d.). Black Gold Cooperative Library System. Retrieved 29 September 2022, from  https://blackgold.org/Enki/1055099?searchId=&recordIndex=10&page=

    What is a baby shower? Background, planning, and etiquette. (2019, January 15). Flo.health – #1 mobile product for women’s health. Retrieved 29 September 2022, from https://flo.health/pregnancy/nesting/baby-showers/what-is-baby-shower

    Robinson, L. (2015, April 18). Baby shower games for everyone. BabyCenter. Retrieved 29 September 2022, from https://www.babycenter.com/pregnancy/preparing-for-baby/baby-shower-games_1611

    Baby shower. (n.d.). March of Dimes | Healthy Moms. Strong Babies. Retrieved 29 September 2022, from https://www.marchofdimes.org/it-starts-with-mom/baby-shower.aspx#

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui 2 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita