5 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Karier yang Super Sibuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Memiliki karier yang cemerlang mungkin sudah jadi impian Anda sejak kecil. Akan tetapi, bagi wanita yang kurang subur atau susah punya anak, kesibukan Anda sehari-hari mungkin membuat Anda harus berjuang lebih keras supaya bisa cepat hamil. Tenang saja, Anda masih bisa mengusahakan beberapa hal, kok. Berikut tips cepat hamil buat Anda, para wanita karier dengan jam terbang yang cukup tinggi.

1. Luangkan waktu untuk berhubungan seks

Permasalahan yang banyak dialami wanita karier adalah tidak memiliki cukup waktu untuk dirinya sendiri, apalagi untuk pasangannya. Wanita yang sudah berumah tangga dengan pasangan yang mungkin sama sibuknya kemungkinan besar tidak memiliki cukup waktu berkualitas untuk berhubungan seks. Setelah seharian bekerja dan pulang larut malam, Anda dan pasangan yang sama-sama lelah mungkin akan lebih sering memilih untuk langsung tidur ketimbang berhubungan seks. Belum lagi beban pekerjaan yang belum terselesaikan bisa membuat hasrat seksual Anda menurun.

Jika Anda menargetkan untuk memiliki anak dalam waktu dekat maka kebiasaan ini harus Anda ubah. Dalam seminggu, coba luangkan waktu untuk berhubungan intim setidaknya satu kali. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum akhir pekan.

Gunakan akhir pekan sebagai waktu yang berkualitas bagi Anda dan pasangan untuk beristirahat dan tentunya melakukan hubungan intim sebagaimana mestinya. Anda juga bisa mengatur waktu cuti selama beberapa waktu untuk meningkatkan kembali gairah seksual yang selama ini mungkin menurun.

Selain itu, tips cepat hamil yang perlu Anda catat yaitu ketika sedang berduaan dengan pasangan, matikan dulu semua alat elektronik seperti laptop, HP, tablet, dan televisi.

2. Menjaga pola makan sehat

Anda mungkin punya segudang kesibukan yang tiada henti. Sayangnya, sering kali hal ini dijadikan alasan untuk memilih makanan cepat saji sebagai pengganjal perut. Padahal, makanan cepat saji sangat minim akan nutrisi, bahkan berisiko buruk bagi kesehatan, apalagi makanan yang mengandung lemak trans.

Tips cepat hamil yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar, karena memang menjadi sebuah fakta penting. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi diperlukan untuk memperbesar peluang terjadinya pembuahan. Makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B seperti telur, sereal, dan lainnya bagus untuk meningkatkan kesuburan.

Sereal dan oatmeal bisa menjadi menu sarapan sehat dan cepat untuk Anda yang selalu dikejar-kejar waktu. Atau jika Anda termasuk orang yang suka membawa roti untuk camilan di sela waktu senggang, pilihlah roti gandum untuk menjaga kestabilan gula darah Anda.

Hal in didasari sebuah penelitian di Belanda yang meneliti 165 pasangan yang sedang mencoba hamil. Selama 6 bulan diteliti, ditemukan bahwa ketika wanita memiliki kadar gula darah yang tinggi ternyata kemungkinan untuk hamil berkurang hingga 50 persen. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih makanan dan camilan.

3. Olahraga

Olahraga selalu memiliki manfaat bagi kesehatan, terlebih bagi kesuburan. Bagi wanita karier yang super sibuk melakukan olahraga nampaknya hal mustahil. Eits, jangan salah. Olahraga tidak harus selalu ke gym dan memakan waktu berjam-jam, kok.

Anda tetap bisa melakukan olahraga di sela-sela kesibukan, misalnya dengan naik tangga ketimbang lift. Atau Anda bisa memilih tempat meeting atau makan siang yang dekat dengan kantor, sehingga bisa dicapai dengan jalan kaki daripada harus naik kendaraan.

Selain itu, Anda juga bisa mempraktikkan olahraga singkat seperti lari di tempat selama 5 menit saat Anda bangun tidur. Selain itu, melakukan plank di pagi hari setelah bangun tidur selama 30 detik setiap hari juga bisa menjadi pilihan.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Memiliki badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama berkontribusi pada ketidaksuburan. Kondisi ini bisa ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan Anda tidak menstruasi dalam beberapa waktu yang menandai tidak adanya ovulasi di dalam rahim.

Oleh karena itu, sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi dan kebiasaan makan Anda setiap harinya. Cek berapa berat badan ideal Anda di kalkulator BMI ini.

5. Mengurangi konsumsi kafein

Tips cepat hamil yang satu ini mungkin agak sulit diterapkan. Ya, Anda harus membatasi konsumsi minuman berkafein jika Anda ingin kesuburan tetap terjaga. Menurut penelitian di Harvard University, satu hingga dua gelas minuman alkohol atau beberapa cangkir kopi dan teh sehari sedikit berpengaruh pada masalah ovulasi.

Oleh karena itu, meskipun banyak pekerjaan yang membuat Anda bergadang, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein terlalu sering. Anda bisa menjaga mata tetap segar dengan makan buah atau yogurt. Berjalan kaki sebentar atau cuci muka juga bisa membantu mengusir kantuk.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Penelitian membuktikan, bahkan pria berumur 80 tahun pun masih mungkin memiliki kualitas sperma yang baik jika mengonsumis makanan penyubur sperma berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

salah menggunakan test pack

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
garis hitam di perut linea nigra

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit