Anda Sulit Hamil? Minuman Berkafein Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda dan pasangan sedang mencoba hamil? Jika ya, coba perhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dalam sehari. Kalau dalam sehari Anda cukup sering minum minuman berkafein seperti kopi atau minuman energi, Anda perlu waspada. Pasalnya, sudah cukup banyak penelitian yang menguak dampak konsumsi minuman berkafein pada peluang kehamilan wanita. Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan minum kopi, teh, atau minuman berenergi bisa menjadi salah satu faktor mengapa Anda belum hamil juga. Untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana pengaruh kafein pada kesuburan wanita, simak informasi di bawah ini.

Pengaruh kafein pada kesuburan

Dampak konsumsi minuman berkafein pada kesuburan wanita yang sedang mencoba hamil masih menjadi perdebatan hangat di antara para ahli kandungan dan ahli gizi. Pasalnya, belum diketahui bagaimana tepatnya kafein bisa mengurangi peluang hamil seorang wanita. Akan tetapi, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kafein dalam dosis yang cukup tinggi bisa membuat wanita lebih sulit hamil.

BACA JUGA: Mandul Atau Tidak Subur? Memang, Apa Bedanya?

Sebuah penelitian oleh tim pakar kesehatan reproduksi asal Amerika Serikat menguak bahwa wanita yang mengonsumsi kopi tidak lebih dari satu cangkir sehari memiliki peluang kehamilan hingga dua kali lebih besar dari wanita yang minum kopi lebih dari satu cangkir sehari. Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal internasional Human Reproduction pada 2002 menunjukkan bahwa pasangan yang mencoba hamil lewat teknologi reproduksi berbantu memiliki peluang keberhasilan lebih kecil jika mereka mengonsumsi kafein lebih dari 50 miligram per hari.  

Dilansir dari majalah online TIME, sebuah tim dari University of Nevada, Amerika Serikat mencoba untuk melihat pengaruh kafein pada kesuburan secara langsung. Para ahli melakukan eksperimen dengan tikus. Dari eksperimen tersebut, diketahui bahwa kafein bisa menghambat kerja sel-sel khusus pada tuba falopi wanita. Sel tersebut seharusnya mendorong laju sel telur yang sudah dibuahi menuju rahim melalui tuba falopi. Karena hambatan tersebut, sel telur pun mungkin tidak bisa mencapai rahim atau mengalami kerusakan saat masih berada dalam saluran tuba falopi. Hal tersebut tentu membuat kehamilan jadi lebih sulit.

BACA JUGA: Bagaimana Mengecek Siapa yang Tidak Subur: Suami Atau Istri?

Sayangnya, belum ada penelitian serupa yang dilakukan pada manusia. Maka, para peneliti pun masih terus mencoba melakukan berbagai studi untuk membuktikan pengaruh kafein pada kesuburan wanita.

Bolehkah minum kafein saat sedang berusaha hamil?

Bukan berarti wanita yang sedang mencoba hamil tidak boleh mengonsumsi kafein sama sekali. Menurut anjuran para ahli kandungan, Anda masih boleh menikmati minuman berkafein selama dosisnya tidak lebih dari 200 miligram sehari.

BACA JUGA: Berapa Kali Minum Kopi Dalam Sehari yang Masih Dianggap Sehat?

Minuman yang mengandung kafein antara lain kopi, teh, minuman soda, dan minuman energi. Dalam secangkir kopi hitam, Anda bisa mendapatkan kira-kira 200 miligram kafein. Satu cangkir teh hitam mengandung paling banyak 70 miligram kafein. Sementara itu, sekaleng minuman soda mengandung kafein sebesar rata-rata 60 miligram. Kandungan kafein dalam 250 mililiter minuman energi berbeda-beda, mulai dari 80 hingga 300 miligram. Jadi, perhatikan informasi gizi yang tertera pada kemasan minuman berkafein Anda sebelum dikonsumsi. 

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibatnya Jika Ibu Mengandung Bayi Besar?

Tak ada ibu yang ingin bayinya lahir dengan berat rendah. Tapi, tahukah Anda bahwa bayi yang terlalu besar dalam kandungan juga bisa menimbulkan bahaya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Kali Hamil dan Melahirkan yang Aman Bagi Kesehatan?

Untuk wanita, adakah batasan maksimal berapa kali hamil dan melahirkan? Apa ada dampak tertentu jika hamil dan melahirkan hingga lebih dari 5 kali?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Minum Kopi yang Aman Buat Perut Jika Anda Punya Maag

Susah menahan hasrat ingin ngopi tapi ragu karena punya maag? Meski sebenarnya tidak boleh, ada kok cara yang aman buat pengidap maag minum kopi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 20 November 2020 . Waktu baca 3 menit

3 Hal yang Membuat Anda Susah Hamil Anak Kedua

Bagi beberapa pasangan, mendapatkan anak kedua tidak semudah memiliki anak pertama/ Apa penyebabnya susah hamil lagi, meskipun sudah pernah hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 18 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hamil di usia 20-an

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
bersepeda saat hamil

Apakah Bersepeda Saat Hamil Aman Bagi Janin?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
waktu bermain video game

Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Pas untuk Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
nutrisi trimester ketiga

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit