Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Oleh

Mungkin Anda butuh beberapa waktu setelah mengalami keguguran untuk pulih kembali, menata hidup Anda kembali. Mungkin Anda bingung harus kapan memulai lagi untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran. Namun, memulai sekarang atau nanti tampaknya hal ini tidak masalah, tergantung dari kondisi Anda.

Penelitian mengatakan: semakin cepat semakin baik

Sebagian besar wanita mungkin merasa belum aman jika langsung hamil lagi setelah keguguran. Banyak wanita masih merasa khawatir jika ia ingin langsung mulai mencoba hamil lagi. Tapi, percayalah ini tidak masalah jika Anda ingin langsung mulai mencoba lagi setelah kondisi Anda pulih dan Anda merasa siap secara fisik maupun mental.

Penelitian terbaru pun telah menunjukkan bahwa semakin cepat semakin baik untuk mencoba hamil lagi setelah mengalami keguguran. Penelitian ini melaporkan bahwa wanita yang hamil dalam waktu 6 bulan semenjak keguguran mempunyai kehamilan yang lebih baik dan komplikasi yang lebih rendah daripada wanita yang menunggu lebih lama untuk hamil lagi.

Namun, peneliti juga mengingatkan terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan wanita untuk menunggu lebih lama sebelum mencoba hamil lagi. Kondisi tersebut seperti pada wanita yang menunjukkan tanda-tanda infeksi atau wanita yang mengalami prosedur traumatis dan memerlukan waktu pemulihan lebih lama.

Kapan sebaiknya mencoba hamil lagi setelah keguguran?

Walaupun beberapa ahli mengatakan semakin cepat semakin baik untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran, namun berbeda dengan rekomendasi WHO. WHO merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan setelah keguguran. Saran lain juga ada yang mengatakan menunggu sampai 18 bulan.

Menurut American Pregnancy Association, menunggu setidaknya dua atau tiga periode menstruasi tampaknya aman untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran (jika tes atau pengobatan untuk penyebab keguguran tidak dilakukan). Memang, saat Anda mencoba hamil lagi setelah keguguran, Anda harus berada pada kondisi yang sudah benar-benar pulih. Jika tubuh Anda belum siap untuk mendukung kehamilan lagi, risiko Anda untuk mengalami keguguran lagi justru meningkat. Tubuh Anda membutuhkan beberapa waktu untuk memulihkan kondisi rahim dan juga untuk menguatkan kembali lapisan endometrium dalam rahim.

Dari semua perbedaan pendapat tersebut, intinya adalah Anda bisa memulai untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran saat kondisi Anda benar-benar siap secara lahir dan batin. Anda bisa langsung mencoba hamil lagi setelah menunggu beberapa minggu sampai beberapa bulan, tergantung kesiapan Anda masing-masing.

Memang, tidak ada alasan kuat yang membuktikan Anda harus menunggu lama untuk hamil lagi. Namun, pastikan Anda dalam kondisi kesehatan yang optimal sebelum hamil lagi. Mengonsumsi vitamin prenatal dan asam folat sebelum pembuahan mungkin perlu dilakukan sebagai upaya mendapatkan kehamilan yang sehat.

Bagaimana peluang untuk hamil lagi setelah keguguran?

Tenang saja, jika Anda pernah mengalami keguguran, kesempatan Anda untuk hamil lagi sampai bayi Anda berhasil lahir tidak berbeda dengan orang yang tidak pernah mengalami keguguran, kata Jani Jensen, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi dari Mayo Clinic di Rochester, dilansir dari pParents.

Biasanya wanita yang sudah pernah mengalami keguguran akan mempunyai kehamilan yang sehat setelahnya. Setidaknya, 85% wanita yang pernah mengalami keguguran satu kali dapat memiliki kehamilan yang sukses pada kehamilan selanjutnya. Sebesar 75% wanita yang pernah dua sampai tiga kali keguguran juga dapat mempunyai kehamilan yang sukses. Semakin banyak keguguran yang Anda alami tampaknya akan meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran lagi. Untuk itu, sebaiknya persiapkan diri (fisik dan mental) Anda terlebih dahulu sebelum mencoba hamil lagi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 21, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca