home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

Menggunakan hijab tidak menjadi penghalang untuk berolahraga dengan bebas. Entah itu berlari, bersepeda, atau mengikuti senam. Semua olahraga tersebut bisa dilakukan dengan nyaman jika pakaian yang dikenakan sesuai dan tidak menyulitkan Anda untuk bergerak. Yuk, simak memilih pakaian olahraga untuk wanita yang menggunakan hijab berikut ini.

Tips memilih pakaian olahraga untuk wanita berhijab

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, menggunakan pakaian yang tepat membantu Anda berolahraga dengan aman dan nyaman.

Ini menjadi persiapan penting bagi semua orang yang ingin melakukan aktivitas fisik ini, termasuk bagi wanita berhijab.

Sebenarnya, pilihan pakaian olahraga pada wanita berhijab tidak berbeda jauh dengan biasanya. Supaya tidak bingung, Anda bisa mengikuti beberapa tipsnya, antara lain:

1. Pilih model pakaian yang nyaman

Memakai hijab mengharuskan Anda menggunakan pakaian olahraga yang tertutup. Mudahnya, Anda bisa memilih pakaian olahraga berlengan panjang.

Namun, Anda tetap bisa menggunakan pakaian olahraga berlengan pendek. Hanya saja, perlu manset tambahan untuk menutupi lengan tangan.

Pastikan manset yang Anda gunakan tidak terlalu sempit atau longgar. Menggunakan manset ketat sering kali menimbulkan bekas di kulit.

Kondisi ini juga sering menimbulkan rasa gatal. Sebaliknya, menggunakan manset yang longgar akan mudah kendur dan bisa mengganggu Anda melakukan gerakan olahraga dengan benar.

2. Ukurannya tidak terlalu ketat

Selain model, wanita yang menggunakan hijab juga harus menyesuaikan ukuran pakaian olahraga yang akan dipakai. Ukuran pakaian olahraga terbaik yakni tidak terlalu ketat.

Alasannya, pakaian yang terlalu ketat bisa menghambat gerakan tubuh Anda. Bahkan dapat menimbulkan masalah di kulit, seperti kulit lecet karena gesekan baju di kulit.

Selain itu, pakaian yang sempit juga bisa membatasi peredaran darah sehingga menimbulkan kram pada kaki. Munculnya kram saat olahraga tentu bisa mengganggu olahraga Anda.

3. Warna cerah lebih baik

Warna pasti menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pakaian olahraga, baik menggunakan hijab atau tidak. Tidak hanya enak dipandang, ternyata warna pakaian juga bisa mendukung lancarnya olahraga.

Memilih pakaian olahraga berwarna gelap dan tebal cenderung membuat Anda panas dan mudah berkeringat.

Sebaliknya, pakaian olahraga yang berwarna terang bisa memantulkan sinar matahari sehingga tidak terlalu panas saat dipakai.

4. Bahan pakaian mendukung

Selain warna, bahan pakaian olahraga juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan bagi wanita yang menggunakan hijab. Saat olahraga, tubuh akan mudah berkeringat, apalagi pada wanita berhijab.

Bahan pakaian terbaik yang sebaiknya Anda pilih, yakni kain yang mengandung polypropylene. Bahan pakaian ini memungkinkan keringat menguap lebih cepat sehingga tidak membuat badan Anda basah.

Hindari pakaian olahraga yang berbahan katun. Bahan ini menyerap keringat, sehingga jadi lebih mudah basah.

Bila digunakan dalam jangka panjang, penumpukan keringat memungkinkan bakteri dan jamur berkembang pesat. Akibatnya, risiko Anda terkena infeksi jamur di kulit akan meningkat.

5. Gunakan penutup kepala khusus bila perlu

Menggunakan hijab model tertentu mungkin membuat Anda sulit berolahraga dengan nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan penutup kepala khusus.

Aksesoris ini berbentuk seperti kerudung berbahan polyester yang ringan dan fleksibel. Penutup kepala ini aman digunakan karena didesain khusus dengan lubang kecil yang memudahkan sirkulasi udara.

Agar tidak menimbulkan masalah, Anda harus menjaga penutup kepala sekaligus rambut Anda agar tetap bersih.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Self. 6 Things You Should Know if You’re a Hijabi Who Wants to Run. Accessed on October 21st, 2019.

Academy of Nutrition and Dietetics. Exercise Safely in Hot Weather. Accessed on October 21st, 2019.

Everyday Health. Choosing the Right Workout Clothes. Accessed on October 21st, 2019.

The Healthy. How Leggings Can Make These 7 Health Problems Worse. Accessed on October 21st, 2019.

Women’s Health Magazine. 7 Things You Should Never Wear To The Gym. Accessed on October 21st, 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 19/12/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x