Gerakan Olahraga Terbaik Sesuai Bentuk Tubuh Anda (Pir, Apel, dan Jam Pasir)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tiap manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Dengan begitu, olahraga sesuai bentuk tubuh masing-masing penting untuk diperhatikan. Mengapa? Karena tiap bentuk tubuh punya bagian-bagian yang harus dilatih kekuatannya, dikurangi atau dilebihkan massa ototnya.

Jika sembarangan melakukan gerakan olahraga, mungkin Anda akan sulit mendapatkan lekuk dan bentuk tubuh yang diidam-idamkan. Mari simak, gerakan olahraga sesuai bentuk tubuh apa yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Gerakan olahraga sesuai bentuk tubuh yang bisa dicoba di rumah

1. Bentuk tubuh buah pir

Jika tubuh Anda berbentuk buah pir, yaitu tubuh bagian paha, pantat, dan betis lebih besar dibanding bagian dada dan lengan. Anda bisa mengencangkan dan mencoba latihan dengan gerakan olahraga sesuai bentuk tubuh di bawah ini:

Squats: Anda bisa memulai dengan melebarkan kedua kaki selebar bahu. Tekuk lutut perlahan dan gerakkan bokong Anda ke belakang dan turun ke bawah. Lakukan sedalam yang Anda bisa, tetapi jangan sampai bokong menyentuh tanah. Pastikan bahwa Anda mampu mengangkat kembali dan menahan bobot badan dengan bagian tumit kaki yang kuat.  

Walking lunges: Gerakan ini, memfokuskan untuk mengecilkan bagian panggul dan pinggul. Caranya, berdiri tegak dengan kaki terbuka lebar. Lalu maju ke depan dengan satu kaki dan tekuk lutut Anda, lakukan dengan kaki bergantian. Pastikan untuk menahan punggung dan tubuh bagian atas lurus dengan kaki secara sejajar.

2. Bentuk tubuh buah apel

Bentuk tubuh ini memiliki bagian bahu dan tubuh bagian atas, ukuran dan bentuknya lebih lebar dan lebih gemuk dari tubuh bagian bawah (pinggul, bokong, dan kaki( yang cenderung lebih kecil. Berikut ini merupakan olahraga sesuai bentuk tubuh apel, agar bagian atas tubuh bisa tampak mengecil dan seimbang:

Triangle push up: Sebetulnya, gerakan ini mirip dengan push up pada umumnya. Hal yang membedakan adalah tangan Anda ditempatkan di bawah dada, sehingga menyerupai bentuk segitiga. Gerakan ini menargetkan bagian otot lengan dan bahu Anda.

Hammer curl: Gerakan untuk mengencangkan dan mengecilkan otot bagian atas tubuh ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan barbel tangan (beratnya sesuai kemampuan Anda), dan matras. Caranya, dengan berdiri tegak dan melebarkan kedua kaki, sambil mengangkat barbel dengan posisi telapak tangan menghadap ke dalam. Lakukan dengan kedua tangan bergantian, jangan lupa untuk menerapkan posisi tubuh agar selalu tegak.

3. Tubuh jam pasir

Jika Anda memiliki tubuh dengan bahu dan panggul yang besar, namun pinggang dan perut Anda kecil, maka tubuh Anda berjenis tubuh jam pasir. Berikut ini, adalah gerakan olahraga sesuai bentuk tubuh jam pasir yang bisa Anda lakukan:

Plank:  Anda hanya membutuhkan matras untuk melakukan gerakan berbaring ini. Anda bisa berbaring pada bagian perut menghadap ke matras dan bertumpu pada siku yang ditekuk. Posisikan kaki Anda untuk tetap lurus dan sejajar dengan bagian tubuh yang terangkat. Tahan selama 10- 20 detik.

Tricep extension squat: Gerakan ini pada dasarnya sama dengan gerakan squat pada umumnya. Anda hanya perlu menambahkan barbel yang digunakan untuk memperkuat otot lengan. Caranya, saat Anda menekuk lutut (dalam gerakan squat), Anda bisa memposisikan barbel di belakang atau di depan. Atur gerakan barbel di tangan agar seimbang dengan gerakan squat.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit