Mulai Hidup Sehat, 5 Pilihan Kegiatan yang Bikin Tubuh Bugar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Berangkat ke kantor dengan waktu yang pas-pasan sehingga membuat Anda harus berlari mengejar kereta karena takut terlambat. Anda juga mungkin sering membawa tas dengan isi yang cukup berat yang membuat bagian belakang pegal. Nah, dua hal ini terkadang memiliki efek yang sama dengan berolahraga, karena keduanya dilakukan sebagai aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih sehat. 

Nah, kalau begitu mari lihat rutinitas apa saja yang sering dilakukan ternyata berdampak baik terhadap kesehatan kita, meskipun Anda jarang ke gym atau meluangkan waktu khusus untuk berolahraga.

Aktivitas untuk hidup yang Sehat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa kegiatan yang menggunakan tenaga secara intens dapat memberikan efek positif kepada tubuh. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih dan tidak sehat. Mari disimak rutinitas harian apa yang bisa meningkatkan kesehatan kita.

1. Jalan kaki atau bersepeda

Cedera Kepala Saat Berolahraga

Kedua aktivitas ini dapat mengganti sarana transportasi yang biasa Anda gunakan, seperti mobil atau motor. Apabila jarak kantor dengan rumah tidak terlalu jauh, maka lebih baik mengganti kendaraan Anda dengan bersepeda pada pagi hari atau berjalan kaki. Jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan risiko hipertensi, kolestrol tinggi, otot kaku dan tegang, serta diabetes. Oleh karena itu, aktivitas ini baik untuk tubuh Anda. 

2. Menaiki tangga dengan tempo yang cepat.

Dokter dan pakar kesehatan lainnya menyarankan untuk menaiki tangga sebagai rutinitas yang baik untuk kesehatan. Hal tersebut dapat mengurangi risiko kematian 33%. Mulalilah dengan berlarian di tangga selama 7 menit untuk menurunkan peluang serangan jantung. Apabila tidak merasa kuat, pilihan waktu selama 2 menit pun baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Jalan cepat

manfaat jalan cepat

Selain mempersingkat waktu Anda menuju ke tempat tujuan, aktivitas ini dapat memelihara berat badan yang sehat dan mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2. Jalan cepat juga memperkuat tulang dan otot serta meningkatkan suasana hati seseorang. Lebih cepat seseorang berjalan, lebih banyak manfaat yang dapat diperoleh. Nah, berikut tips jalan cepat yang aman untuk tubuh Anda.

  • Pandangan ke arah depan, tidak ke tanah atau bawah.
  • Usahakan untuk melemaskan leher, bahu, dan punggung agar tidak tegang.
  • Bebas mengayunkan lengan dengan menekukkan siku.
  • Buat otot perut Anda sedikit lebih kencang dan usahakan untuk meluruskan punggung.
  • Berjalanlah dengan lancar.

4. Jogging dengan anjing/hewan peliharaan lainnya selama 30 sampai 90 menit

anjing dan manusia bakteri usus

Kehadiran anjing atau hewan peliharaan lainnya ketika kita melakukan aktivitas olahraga sebenarnya dapat membantu untuk berlari dengan tempo yang dinamis dan meningkatkan ketajaman indra terhadap sekitar. Selain itu, jogging dengan anjing juga terasa lebih aman karena kita tidak merasa sendirian. Oleh karena itu, mulailah untuk membawa anjing Anda ke luar rumah sebagai kegiatan yang sehat. 

5. Menari

Berdansa atau menari adalah bagian dari hidup manusia yang tak dapat dipisahkan, mulai dari budaya, ritual, hingga perayaan. Kini, menari merupakan bagian dari kesenangan dan ekspresi diri atau bagian dari sebuah aktivitas yang menyehatkan. Dampak positifnya terhadap kesehatan adalah meningkatkan keseimbangan tubuh dan mental, mengurangi risiko osteoporosis, lebih luwes dan dapat mengontrol berat badan.

Setelah mengetahui aktivitas sehari-hari apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan kita, jangan lupa dengan menyeimbangkannya dengan rutinitas yang sehat pula. Temukan celah untuk menjadi lebih sehat di sela-sela kepadatan Anda, jangan menggunakan alasan tidak memiliki waktu untuk meningkatkan kesehatan Anda, lakukan sebelum penyakit-penyakit malas menghantui Anda.

Berapa Banyak Kalori yang Berhasil Saya Bakar Saat Berolahraga?

Ingin tahu berapa banyak kalori yang berhasil kamu bakar dalam sehari? Efektifkah olahraga yang kamu pilih untuk membakar kalori? Cek selengkapnya.

Mau Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stroke Ringan (Transient Ischaemic Attack)

Stroke ringan merupakan salah satu jenis stroke yang belum dianggap seberbahaya stroke lainnya. Lalu apa bedanya dengan jenis stroke lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Stroke, Kesehatan Otak dan Saraf 22 November 2019 . Waktu baca 10 menit

Berapa Angka Harapan Hidup Masyarakat Indonesia? (Plus Cara Memperpanjangnya)

Angka harapan hidup masyarakat di suatu negara tidaklah mutlak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup warga Indonesia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan, Informasi Kesehatan 21 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit

Berjalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari Itu Mudah, Kok! Ini 4 Tips Jitunya

Berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari kadang terasa cukup berat dilakukan. Tapi, meraih manfaat berjalan kaki 10.000 langkah itu mudah, kok! Intip disini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Olahraga Kardio, Kebugaran 20 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Ibu Hamil yang Rajin Jalan Kaki Terhindar dari Risiko Preeklampsia

Rajin jalan kaki saat hamil tidak hanya membantu Anda menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bermanfaat untuk bayi yang sedang dikandung. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 16 Oktober 2018 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
meditasi jalan walking meditation

Mengenal Walking Meditation, Meditasi Sambil Jalan yang Bikin Pikiran Tenang

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
hidup sehat penderita autoimun

Cara Mengatur Gaya Hidup Sehat untuk Penderita Autoimun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit