5 Langkah Efektif untuk Mencegah Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setiap tahun, ribuan orang di seluruh dunia terdiagnosis kanker kelenjar getah bening atau limfoma. Meski bisa disembuhkan, keberhasilannya tergantung pada jenis dan stadium penyakit yang dimiliki. Agar tidak mengalami hal tersebut, lebih baik mencegah penyakit ini dengan menghindari beragam fakto risiko limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Apa saja cara pencegahan kanker limfoma yang bisa dilakukan?

Langkah-langkah pencegahan kanker kelenjar getah bening

Kanker getah bening atau limfoma adalah jenis kanker darah yang berkembang di limfosit, yaitu tipe sel darah putih yang tersebar di sistem limfatik dan berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini dapat terjadi karena berkembangnya sel limfosit secara abnormal, sehingga menimbulkan gejala limfoma pada penderitanya. 

Dilansir dari American Cancer Society, tidak ada cara khusus untuk mencegah kanker kelenjar getah bening atau limfoma. Meski demikian, Anda dapat menurunkan risikonya dengan cara berikut:

1. Melindungi diri dari penyakit infeksi

Sejumlah penyakit infeksi virus bisa meningkatkan risiko kanker getah bening. Misalnya, infeksi HIV penyebab AIDS, infeksi virus human T-cell lymphotropic virus (HTLV-1), hepatitis C, atau infeksi bakteri H. pylori pada lambung. Oleh karena itu, salah satu bentuk pencegahan kanker limfoma, yaitu melindungi diri dari infeksi virus tersebut. 

Anda dapat mencegah infeksi HIV, HLTV-1, dan hepatitis C dengan menghindari perilaku yang dapat memicu penularan, seperti berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan atau menggunakan alat suntik yang sama dengan orang lain, terutama bila orang tersebut memiliki penyakit infeksi.

Adapun guna mencegah infeksi H. pylori dan infeksi virus lainnya, sebaiknya Anda menjaga kebersihan diri serta memastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi bersih dan telah dimasak dengan baik. 

2. Menjaga penyakit terkait sistem kekebalan tubuh tetap terkendali

Beberapa orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Salah satu penyebabnya adalah penyakit. Dilansir dari Lymphoma Action, beberapa penyakit yang menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh dapat membuat limfosit tumbuh di luar kendali hingga menyebabkan limfoma, seperti penyakit autoimun atau gangguan imunodefisiensi.  

Beberapa penyakit yang menyebabkan masalah pada sistem imun merupakan kondisi yang telah dialami sejak lahir atau berkaitan dengan genetik. Pada kondisi ini, mencegah penyakit tersebut sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, cara yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kanker kelenjar getah bening adalah menjaga penyakit tersebut tetap terkendali.

Anda bisa melakukannya dengan rutin kontrol ke dokter, menjalani pengobatan seperti yang disarankan dokter, serta menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan baik walaupun tidak optimal.

3. Menghindari paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia tertentu, seperti pestisida dan formaldehyde yang sering digunakan sebagai bahan produk rumah tangga, industri, atau pertanian, dapat meningkatkan risiko terkena kanker getah bening. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sebisa mungkin menghindari paparan zat ini sebagai salah satu bentuk pencegahan kanker limfoma.

Anda dapat mengurangi paparan bahan ini dengan menggunakan masker, sarung tangan, kacamata, dan pakaian pelindung, terutama bila Anda sering kontak langsung dengan zat tersebut. Adapun untuk mengurangi paparan bahan kimia yang sudah ada di produk rumah tangga, Anda perlu menggunakan ventilasi rumah yang tepat atau sering membuka jendela rumah.

4. Menghindari paparan radiasi yang tidak perlu

Paparan radiasi dosis tinggi atau dosis rendah dalam jangka panjang dapat memengaruhi limfosit dan meningkatkan risiko kanker getah bening. Paparan tersebut bisa berasal dari prosedur medis, seperti sinar-X (rontgen) atau radioterapi sebagai salah salah pengobatan kanker.

Selain itu, pengobatan kanker kemoterapi pun bisa meningkatkan risiko kanker lainnya, termasuk limfoma. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari berbagai sumber paparan radiasi yang tidak diperlukan sebagai cara mencegah timbulnya kanker kelenjar getah bening.

Konsultasikan dengan dokter Anda apakah Anda perlu menjalani pemeriksaan dan perawatan radiasi serta kemoterapi. Dokter akan menentukan cara terbaik untuk mengobati kondisi Anda tanpa meningkatkan risiko terjadinya limfoma. Meski demikian, sejauh ini manfaat dari berbagai pemeriksaan dan pengobatan tersebut lebih tinggi dibandingkan risiko yang mungkin ditimbulkan.

5. Menjaga berat badan ideal

Berat badan berlebih dan obesitas memiliki kaitan yang erat dengan berbagai penyakit, termasuk kanker kelenjar getah bening. Bagaimana hal itu bisa terjadi belum diketahui secara pasti. Namun, obesitas memang diketahui dapat melemahkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga berat badan, Anda perlu menerapkan gaya hidup yang sehat. Adapun gaya hidup sehat ini merupakan bentuk pencegahan kanker kelenjar getah bening lainnya yang juga perlu Anda terapkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Dicegah?

Kelenjar getah bening terkadang juga bisa terserang infeksi dan mengalami bengkak. Apa saja cara untuk mencegah agar kelenjar getah bening tidak bengkak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Jangan Cemas, Ini Cara Mencegah Kanker Darah Berdasarkan Jenisnya

Kunci dari penanganan kanker darah adalah upaya pencegahan. Berikut adalah ragam cara mencegah kanker darah berdasarkan jenisnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 11 April 2019 . Waktu baca 4 menit

Mengenal 3 Jenis Kanker Darah yang Paling Umum: Leukimia, Limfoma, dan Myeloma

Jenis kanker darah yang paling umum adalah leukemia, limfoma, dan myeloma. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang ketiganya beserta gejala masing-masingnya!

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Februari 2019 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyakit Kelainan Darah yang Paling Umum

Darah Anda tersusun dari empat komponen utama. Jika salah satu komponen tersebut mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan penyakit kelainan darah.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kelainan Darah, Penyakit Kelainan Darah Lainnya 16 Desember 2018 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab hemoglobin hb rendah

4 Penyebab Hemoglobin (Hb) Rendah, dari Anemia Hingga Kanker

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
limfoma Hodgkin

Informasi Lengkap Mengenai Limfoma Hodgkin, Mulai dari Gejala Hingga Cara Mengobati

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 7 menit
obat dan pengobatan kanker kelenjar getah bening

Berbagai Obat dan Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 7 menit
benjolan di ketiak

Ada Benjolan di Ketiak Anda? Ini Beberapa Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 24 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit