Mengapa Dada Terasa Sakit Setelah Minum Soda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Minum segelas minuman bersoda bersama es batu memang terasa sangat nikmat, terlebih di siang hari yang panas. Sayangnya, kenikmatan ini bisa hanya berlangsung sesaat jika setelahnya muncul rasa sakit pada dada. Sebenarnya, apa penyebab dada sakit setelah minum soda, ya?

Setelah minum soda, kok, dada jadi sakit?

nyeri dada adalah

Soda adalah kelompok minuman berkarbonasi, yang tidak jauh berbeda seperti sparkling water. Hanya saja, soda biasanya dibuat lebih menarik karena memiliki warna tertentu.

Sedangkan sparkling water, hadir tanpa warna alias bening menyerupai air putih dengan memiliki banyak gelembung. Semua minuman berkarbonasi, termasuk soda, telah diproses sedemikian rupa dengan diberikan tambahan gas karbon dioksida ke dalamnya.

Jika diminum dalam porsi normal, tentu tidak masalah dan jarang menimbulkan efek samping setelahnya. Namun, ketika minuman soda ini diminum dalam jumlah yang terlalu banyak bahkan melebihi batas, biasanya setelah itu dapat membuat dada terasa sakit.

Kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya, asupan minuman bersoda yang terlalu banyak otomatis akan memasukkan sejumlah gas karbon dioksida yang banyak pula ke dalam tubuh.

Nah, gas tersebut nantinya akan menumpuk di sistem pencernaan, hingga kemudian mengalir dan naik ke bagian dada. Akibatnya, Anda akan merasakan sakit  dan tertekan karena kenaikan gas tersebut di dalam tubuh.

Dada yang terasa sakit setelah minum soda tersebut biasanya digambarkan dengan nyeri, yang disertai sensai terbakar atau menusuk. Lambat laun, rasa tersebut bisa menjalar ke bagian perut.

Selain mengalami dada sakit setelah minum soda, kondisi ini juga bisa diikuti dengan berbagai gejala lainnya yang membuat tidak nyaman, seperti:

  • Sendawa terus-menerus
  • Perut kembung seolah terasa penuh
  • Nafsu makan menurun
  • Mual dan muntah
  • Masalah pada pencernaan

Adakah efek jangka panjang jika terus minum soda?

minum soda saat buka puasa

Risiko dada sakit setelah minum soda mungkin jarang atau bahkan tidak akan terasa, jika Anda termasuk orang yang tidak hobi minum soda. Ya, sesekali minum soda mungkin tidak akan menimbulkan efek samping tertentu yang buru.

Akan tetapi, jika minum soda ini seolah sudah menjadi kebiasaan rutin yang terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan ada efek buruk setelahnya. Lebih lanjutnya, seorang ahli kardiologi dari Providence Heart Clinic di Amerika Serikat, Aly Rahimtoola, M.D, menjelaskan hal tersebut.

Menurutnya, minuman bersoda yang notabene terasa manis, memang berisiko menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health, yang dimuat dalam junral American Heart Association Circulation mencoba membuktikannya.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 43.000 orang pria yang selama 22 tahun terakhir rutin minum 60 mililiter soda manis, minuman olahraga, serta minuman berenergi setiap hari. Alhasil, semua pria tersebut mengalami peningkatan risiko mengalami penyakit jantung koroner (PJK) sebesar 20 persen.

Itulah mengapa dada sakit setelah minum soda, kemungkinan menjadi salah satu pertanda yang harus diwaspadai sebelum terserang penyakit jantung. Bukan hanya pada pria saja, hal yang sama juga berlaku untuk wanita.

Minum soda bisa bikin gemuk dan tekanan darah tinggi

Meski begitu, Aly Rahimtoola mengungkapkan bahwa minuman bersoda tidak serta-merta bisa langsung menyebabkan penyakit jantung koroner. Sebenarnya, peningkatan risiko penyakit jantung koroner ini disebabkan oleh berbagai hal yang saling berkaitan.

Begini misalnya, dari asupan makanan atau minuman harian yang bisa berpengaruh pada berat badan. Sebuah studi dikutip dari healthline di tahun 2017 mengungkapkan air berkarbonasi dapat meningkatkan hormon lapar, yaitu ghrelin pada pria.

Hal ini menyebabkan Anda akan merasa sering lapar yang mengakibatkan peningkatan nafsu makan hingga berat badan berlebih.  Peningkatan berat badan berlebih, khususnya jika tidak disertai dengan aktif bergerak, merupakan salah satu faktor risiko PJK.

Sedangkan sering minum minuman bersoda dengan rasa manis, dan tinggi natrium akan memberikan asupan gula dalam jumlah banyak bagi tubuh. Selanjutnya, dapat berujung pada obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi yang juga berisiko mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih membatasi minum minuman bersoda. Di samping mencegah dada sakit setelah minum soda, sekaligus juga bertujuan untuk menurunkan risiko terserang berbagai penyakit di kemudian hari.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Bahan Alami yang Bisa Mengobati Sakit Dada

Obat sakit dada tidak harus selalu dibeli di apotek. Anda bisa meredakan gejala sakit dada dengan 5 bahan alami. Apa saja bahan-bahannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Dada Terasa Sakit Saat Hamil, Normalkah?

Kehamilan tidak selalu berjalan dengan mulus. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengeluhkan dada sakit saat hamil yang mengganggu. Normal atau tidak, ya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Cara Mengatasi “Kecanduan” Minuman Ringan

Anda pasti sudah tahu minuman ringan nan manis sangat buruk bagi kesehatan. Tapi bagaimana kalau Anda sudah terbiasa minum softdrink setiap hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Makan Sehat, Nutrisi 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Beberapa jenis minuman sebaiknya dihindari saat diet karena jumlah kalori dan gulanya bisa jadi melebihi batas yang dianjurkan. Apa saja contohnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 8 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab dada terasa sesak

10 Penyebab Dada Terasa Sesak Meskipun Tidak Sedang Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyebab sakit dada sebelah kiri

18 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Safira Sakarinita
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit
cara mengurangi minuman manis

4 Cara Mengurangi Minuman Manis untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
makan nanas saat hamil

Minum Soda Plus Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit