4 Cara Menghilangkan Lemas Setelah Sakit Tipes

    4 Cara Menghilangkan Lemas Setelah Sakit Tipes

    Penyakit tipes (tifus) menyebabkan tubuh amat kelelahan. Selama sakit, Anda tidak dapat beraktivitas dengan bebas. Rasa lelah itu biasanya disertai nyeri otot. Efek ini kerap kali masih dirasakan walaupun Anda sudah dinyatakan sembuh dari tipes. Lantas bagaimana cara menghilangkan gejala lemas setelah sakit tipes?

    Ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit tipes? Baca artikel-artikelnya di sini!

    Cara menghilangkan lemas setelah sakit tipes

    tipes karena kelelahan

    Tubuh lemas merupakan salah satu gejala penyakit tipes. Gejala ini bisa digambarkan dengan rasa kantuk berat disertai ketidakmampuan untuk beraktivitas seperti biasa karena energi di dalam tubuh rasanya seperti terkuras habis.

    Kelelahan akibat penyakit tipes terkait erat dengan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Bakteri Salmonella typhi yang menjadi penyebab penyakit tipes menginfeksi usus halus yang fungsinya menyerap nutrisi makanan.

    Nah, adanya infeksi ini membuat sistem kekebalan tubuh perlu melawannya. Aktivitas sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak energi. Ketika tubuh terganggu dalam menyerap nutrisi, energi yang dihasilkan pun ikut terganggu. Padahal tubuh perlu banyak energi untuk melawan infeksi virus.

    Beberapa orang yang terkena tipes juga mengalami demam, tubuh berkeringat, mual dan muntah, serta diare. Semua gejala tersebut berkontribusi membuat tubuh amat kelelahan.

    Meski sudah sembuh, tubuh tetap terasa lemas dan membutuhkan waktu untuk kembali memperoleh energi. Anda tidak perlu khawatir, cara berikut ini bisa membantu menghilangkan tubuh lemas setelah sembuh dari sakit tipes.

    1. Perbanyak istirahat

    Obat utama untuk tubuh kelelahan adalah istirahat. Untuk itu, perbanyak istirahat untuk mengatasi tubuh yang lemas.

    Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar penyembuhan dan pemulihan tubuh dari penyakit terjadi pada fase tidur nyenyak. Pada fase ini, sistem kekebalan tubuh berusaha mengenali dan mengumpulkan informasi mengenai bakteri atau patogen lainnya untuk melakukan perlawanan.

    Di samping mempercepat proses pemulihan dari penyakit tipes, tidur juga membuat sel, jaringan, dan organ untuk mengisi baterai dan memperbarui diri sehingga bisa kembali berfungsi secara optimal.

    Setelah beristirahat, rasa kelelahan pada tubuh akan menjadi berkurang.

    2. Perhatikan asupan makanan

    makan buah dan sayur setiap hari

    Cara menghilangkan tubuh lemas setelah sakit tipes adalah memperhatikan asupan makanan.

    Anda membutuhkan makanan kaya nutrisi yang sehat. Ketika energi tubuh tercukupi, rasa lemas akan berkurang. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral akan menjadi bahan bakar agar tubuh bisa beraktivitas.

    Namun pilihan makanan yang dikonsumsi untuk penderita tipes tidak boleh sembarangan. Termasuk, jika Anda baru saja sembuh dari sakit tipes. Ingat, usus halus Anda mengalami infeksi sehingga jenis makanan yang dikonsumsi sangat perlu diperhatikan.

    Anda sebaiknya memilih makanan yang menyediakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang mudah dicerna tubuh. Anda bisa mengombinasikan bubur atau nasi, dan melengkapinya dengan daging ayam, hati sapi, atau ikan. Untuk pilihan sayuran, hindari yang mengandung banyak gas, seperti kembang kol.

    Cara mengolah menu makanannya pun lebih baik dikukus, tidak menggunakan lada, cabai, cuka, merica, dan bawang putih.

    3. Tubuh terhidrasi dengan baik

    Selanjutnya, cara menghilangkan lemas setelah sakit tipes bisa dilakukan dengan mencukupi asupan cairan tubuh.

    Pertama, Anda bisa mencukupinya dengan minum air putih. Walaupun kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, setidaknya Anda minum 8 gelas air setiap hari. Cairan tubuh sangatlah penting, apalagi jika Anda baru sembuh dari sakit tipes.

    Saat sakit, Anda mengalami demam, tubuh berkeringat, mual dan muntah, serta diare. Gejala-gejala ini membuang cairan yang ada di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, wajar jika Anda merasa kelelahan. Inilah alasan kenapa tubuh Anda harus terhidrasi dengan baik.

    Selain dengan perbanyak minum air putih, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan tubuh dengan sup kaldu, minuman olahraga, mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, atau membuat teh madu.

    4. Mulai beraktivitas secara perlahan

    olahraga yang dapat meningkatkan kepadatan tulang

    Cara terakhir untuk menghilangkan tubuh lemas setelah tipes adalah memulai aktivitas secara perlahan.

    Walaupun Anda sudah sembuh, tubuh perlu waktu untuk kembali beradaptasi dengan aktivitas normal karena selama Anda sakit tipes, sebagian besar waktu Anda habiskan dengan tidur. Apalagi kebanyakan orang yang sakit tipes perlu waktu berminggu-minggu untuk sembuh.

    Jika Anda kembali melakukan aktivitas yang berat setelah sembuh, wajar jika tubuh akan merasa kelelahan dan bisa jadi juga menimbulkan nyeri pada otot. Anda dapat memulai dengan aktivitas yang ringan-ringan, begitu juga dengan olahraga.

    Pilih olahraga jalan kaki, tingkatkan durasinya secara perlahan. Setelah itu Anda kombinasikan dengan jogging atau olahraga dengan intensitas tinggi lainnya.

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter, jika Anda masih mengeluhkan tubuh lemas setelah sembuh dari sakit tipes.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 31/01/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan