Menurut Penelitian, Ini Suhu Kamar Terbaik untuk Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tidur malam memang lebih nyaman di kamar yang gelap dan dingin sejuk. Namun penasarankah Anda berapa sebenarnya suhu kamar yang pas untuk tidur sehingga Anda terjauhkan dari keluhan bolak balik bangun tengah malam — entah karena kebelet pipis kedinginan atau justru karena kegerahan? Penelitian menjawabnya untuk Anda.

Suhu kamar memengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari

Selama Anda tidur, suhu tubuh akan ikut menurun dari normalnya karena dipengaruhi kerja otak. Penurunan suhu tubuh ini membantu Anda merasa mengantuk dan kemudian tetap tertidur. Itu sebabnya Para pakar menyatakan bahwa suhu kamar tidur yang tepat mampu membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Ralph. Downey III, PhD, kepala divisi Pengobatan Masalah Tidur dari Loma Linda University menyatakan bahwa penurunan suhu tubuh akan lebih cepat terjadi di ruangan yang bersuhu lebih dingin. Akan tetapi, jika Anda berada di ruangan yang panas, Anda lebih berisiko terbangun tengah malam karena kepanasan atau merasa pengap saat tidur.

Namun, H. Craig Heller, Ph.D, profesor biologi dari Stanford University menyatakan bahwa jika suhu kamar saat tidur terlalu panas atau terlalu dingin, maka tubuh akan berjuang keras untuk mencapai titik temu tersebut sehingga juga dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Suhu kamar juga memengaruhi kualitas tidur REM (fase tidur mimpi). Fase tidur ini biasanya terjadi 90 menit setelah Anda tertidur. Otak dan sistem tubuh lainnya tetap aktif bekerja selama fase tidur REM, sementara otot-otot menjadi lebih rileks. Kemampuan tubuh untuk mengatur suhunya juga terhambat ketika fase ini, sehingga suhu kamar yang terlalu panas atau dingin dapat mengganggu tidur Anda.

Oleh karena itu Anda memerlukan suhu kamar yang tepat agar kualitas dan kenyamanan saat tidur tetap terjaga.

sulit tidur

Berapa suhu kamar ideal untuk tidur?

Dr. Rachel Salas, MD, seorang ahli saraf di Johns Hopkins University mengutip sebuah studi dari National Sleep Foundation yang menyatakan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur yakni berada di sekitar 18-22º Celcius. Downey dan Heller juga mengamini pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa rentang suhu 18-22ºC bisa menjadi acuan Anda saat mengatur suhu kamar yang pas sebelum tidur.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengapa suhunya sampai serendah itu? Para ahli menyebutkan bahwa suhu inti tubuh secara alami akan menurun saat tidur nyenyak dan akan meningkat menjelang akhir siklus tidur Anda. Peningkatan suhu tubuh menjadi semacam sinyal pada tubuh untuk segera bangun.

Oleh karena itu penting untuk menjaga suhu ruangan tetap rendah agar tubuh melakukan tugasnya dengan baik saat tidur. Selain itu, suhu kamar yang terlalu dingin dan terlalu panas juga dapat mengganggu penyesuaian suhu alami tubuh dan membuat Anda gelisah sepanjang malam yang akan berakibat buruk pada kesehatan.

Selain itu, seorang pakar dari American Academy of Sleep Medicine juga menyarankan untuk membuat kamar tidur Anda senyaman mungkin. Usahakan untuk membuatnya tetap sejuk dan jauh dari kebisingan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kaus kaki untuk membuat kaki tetap hangat sehingga kenyamanan tidur tetap terjaga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

Baik laki-laki remaja maupun pria dewasa sama-sama bisa mengalami mimpi basah. Lantas, adakah cara untuk mencegah mimpi basah saat puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 24 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Biasakan Tidur Bersama Pasangan Anda agar Lebih Nyenyak

Beberapa orang yang sudah menikah mungkin merasa rindu masa-masa menguasai ranjang sendirian. Namun, ada manfaat tersembunyi dibalik tidur bersama pasangan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 6 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Ada Hubungan Psoriasis dengan Insomnia?

Psoriasis adalah penyakit perandangan kulit. Kondisi ini disebut-sebut dapat memicu insomnia. Bagaimana sebenarnya hubungan psoriasis dengan insomnia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dermatologi, Health Centers 18 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Tidur Nyenyak untuk Melawan Cuaca yang Terlalu Dingin

Untuk tidur nyenyak saat kedinginan terkadang tidak selalu mudah. Berikut tips dan cara agar tetap tidur berkualitas dengan melawan cuaca dingin.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 15 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya tidur dengan rambut basah

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
cara cepat tidur

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
Tidur nyenyak perjalanan jauh

Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan Jarak Jauh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 13 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit