Pilihan Obat dari Dokter dan Alami yang Manjur Atasi Polip Hidung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Polip hidung adalah gangguan pada hidung yang biasanya tidak sakit, tidak menyebabkan kanker, dan tumbuh dengan lunak. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan oleh peradangan kronis asma, kambuhnya infeksi, alergi atau sensitif terhadap obat tertentu, dan gangguan imun. Walaupun tidak terdengar tidak berbahaya, polip bisa menutup hidung dan mengganggu pernapasan. Oleh karena itu, diperlukan obat polip hidung alami maupun resep dokter yang ampuh agar gangguan ini teratasi.

Obat dari dokter untuk atasi polip hidung 

Pengobatan polip hidung biasanya dimulai dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Nah, tujuannya tentu agar pertumbuhan tersebut dapat terhambat hingga dihilangkan. 

Berikut adalah obat dari dokter yang biasanya diandalkan untuk mengatasi polip hidung.

1. Kortikosteroid hidung

Biasanya, setelah Anda berkonsultasi dengan dokter, mereka akan menganjurkan Anda untuk menggunakan obat kandungan steroid yang bisa mengurangi peradangan dan inflamasi.

Obat polip hidung ini biasanya memang digunakan untuk memperkecil polip hingga menghilangkannya secara keseluruhan. Tentunya, setiap pengobatan memiliki efek samping, seperti:

  • Radang tenggorokan
  • Kepala pusing
  • Mimisan

2. Injeksi kortikosteroid atau secara oral

Nah, jika obat kortikosteroid hidung tidak mempan terhadap polip hidung Anda, dokter Anda mungkin akan menyarankan kortikosteroid oral. Misalnya prednisone yang mungkin sudah dicampur dengan semprotan hidung.

Biasanya, Anda hanya memakainya dalam jangka waktu yang sangat singkat karena jenis obat ini memiliki efek samping yang cukup serius.

  • Mual
  • Insomnia
  • Gangguan pencernaan

3. Tablet steroid

overdosis kostikosteroid

Apabila polip pada hidung Anda semakin parah, tablet dengan hormon steroid adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi gangguan ini. Nah, biasanya terdapat dua cara memakai obat ini, yaitu dengan menyemprotkan obat ke lubang hidung atau minum tabet oral. 

Walaupun efektif, efek sampingnya ternyata tidak boleh disepelekan, seperti bertambahnya berat badan. Oleh karena ini, obat polip hidung jenis ini hanya digunakan untuk beberapa minggu saja.  

4. Obat lainnya

Selain obat-obat di atas, antihistamin untuk alergi, antibiotik untuk infeksi bakteri dan pengobatan anti jamur ternyata juga ampuh untuk mengatasi polip hidung.

Obat alami untuk polip hidung

Apabila gejala polip hidung yang Anda alami terasa seperti reaksi alergi, cobalah untuk mengatasinya secara alami.

1. Minyak pohon teh (Tea tree oil)

menghilangkan ketombe

Obat alami yang satu ini memang sering dikenal sebagai minyak esensial untuk mengurangi gatal dan gejala polip hidung. Begini cara menggunakannya:

  • Campurkan air dengan minyak pohon teh dan 3-5 tetes minyak pelarut. Biasanya, direkomendasikan untuk memakai minyak almond atau minyak zaitun.
  • Aduk hingga encer, lalu celupkan kapas bersih dan oleskan cairan tersebut pada hidung Anda.

2. Bawang putih

khasiat bawang putih

Bawang putih dipercaya dapat mendatangkan kesehatan yang lebih baik untuk tubuh kita. Mulai dari meningkatkan imun, melawan infeksi bakteri, dan mengurangi inflamasi. Anda bisa menggunakannya dengan menambahkan bubuk bawang putih ke dalam makanan Anda. Cukup 1-2 sdm atau sesuai dengan selera Anda.

3. Jahe

manfaat jahe

Kebaikan jahe dalam mengurangi peradangan, ternyata bisa digunakan sebagai obat polip hidung. Nah, penggunaannya pun hampir sama dengan bawang putih. Cukup menambahkan bubuk jahe ke dalam makanan Anda, dengan takaran yang sesuai selera Anda. Alternatif lain adalah menyeduh secangkir teh jahe hangat pun bisa mengurangi gejala polip hidung.

Namun obat alami untuk polip hidung ini tentu tidak bisa benar-benar diandalkan. Biasanya, cara ini digunakan ketika gejala gangguan masih termasuk dalam kategori ringan. Oleh karena itu, apabila gejala sudah semakin parah, segera konsultasikan kepada dokter Anda adalah cara yang paling efektif.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 24, 2019 | Terakhir Diedit: April 22, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca