Berbagai Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan, Dengan dan Tanpa Obat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/02/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang sering muncul. Hal ini membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, terlebih lagi saat Anda menyantap makanan. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan ini. Anda mungkin juga perlu meminum obat sakit tenggorokan untuk mengatasinya.

Apa yang menyebabkan sakit tenggorokan?

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun, pada umumnya infeksi virus yang menjadi penyebab paling banyak dari sakit tenggorokan.

Infeksi virus bisa Anda didapatkan dari alergi, udara kering, polusi udara, pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas. Sedangkan, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri lebih jarang terjadi. Sakit tenggorokan karena bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes.

Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat?

Tidak selamanya Anda butuh obat untuk meredakan sakit tenggorokan. Beberapa cara mudah juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan, yaitu:

  • Berkumur dengan air garam hangat. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan ketidaknyamanan. Berkumur air garam hangat juga dapat membantu membunuh bakteri dalam tenggorokan. Bagaimana caranya? Larutkan 1 sendok teh (5 gr) garam dalam 1 gelas (240 ml) air hangat. Kumurlah setidaknya satu kali setiap jam.
  • Minum banyak air. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Cairan dapat membantu meringankan iritasi dan pembengkakan dalam tenggorokan (terutama cairan yang hangat, seperti teh hangat). Cairan juga dapat membuat selaput lendir Anda tetap lembab sehingga lebih mampu melawan bakteri dan alergen yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.
  • Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Juga, hindarilah asap rokok. Rokok dan asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan Anda.
  • Istirahat. Istirahat mungkin adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda bisa sembuh lebih cepat. Juga, jangan lupa untuk mengistirahatkan suara Anda.
  • Menjaga kelembaban udara rumah Anda. Gunakan alat pengatur kelembaban ruangan untuk menghilangkan udara kering yang dapat mengiritasi tenggorokan Anda.

Apa saja obat sakit tenggorokan yang bisa saya gunakan?

Jika cara biasa belum berhasil mengatasi sakit tenggorokan Anda, Anda bisa minum obat sakit tenggorokan tanpa resep dokter. Beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk melegakan tenggorokan adalah:

  • Obat pelega tenggorokan, bisa dalam bentuk obat atau permen keras.
  • Dekongestan atau semprotan hidung steroid jika hidung tersumbat. Obat sakit tenggorokan membuat Anda lebih mudah bernapas dengan cara mengecilkan selaput lendir yang membengkak di hidung. Obat ini juga dapat membantu meringankan pilek yang menyebabkan sakit tenggorokan.
  • Anda juga bisa menggunakan ibuprofen atau paracetamol untuk meringankan sakit. Paracetamol aman digunakan oleh anak.

Namun, yang harus Anda ingat dalam menggunakan obat sakit tenggorokan adalah perhatikan cara pemakaiannya. Baca terlebih dahulu cara pemakaian pada label kemasan, ikuti petunjuk pemakaiannya. Obat sakit tenggorokan ini mungkin tidak aman digunakan oleh anak-anak atau orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda bisa mengambil antibiotik untuk menyembuhkannya. Namun ingat, antibiotik ini harus dengan resep dokter. Antibiotik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan karena tidak akan efektif pada virus.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit