Keunggulan Nasal Spray Powder untuk Melindungi Hidung

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/04/2020
Bagikan sekarang

Secara sadar atau tidak, setiap hari Anda mudah terpapar oleh debu dan polusi, bahkan di dalam ruangan. Dari laporan yang berasal dari WHO (World Health Organization), udara kotor berisiko merugikan kesehatan manusia. Salah satu cara melindungi saluran pernapasan dari debu adalah menggunakan nasal spray powder atau obat semprot hidung serbuk. Perlu Anda ketahui, manfaat nasal spray yang berbentuk serbuk ini berbeda dengan nasal spray cair. Berikut beberapa kelebihan dari nasal spray powder yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan nasal spray powder dibandingkan yang berbentuk cairan atau larutan

Polusi dalam ruangan tidak kalah berbahaya dengan polusi yang ada di luar ruangan. Selain mencegah dengan membersihkan debu dalam ruangan secara rutin, Anda juga perlu melakukan pencegahan lain.

Nasal spray sebenarnya sudah lama digunakan untuk pengobatan seperti meredakan gejala alergi atau mencegah flu. Namun, terdapat nasal spray baru dalam powder (serbuk) yang bermanfaat untuk membantu melindungi rongga hidung agar polusi udara tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Selain itu, sebuah artikel ilmiah mencantumkan kelebihan dari nasal spray dalam bentuk serbuk. Pertama, campuran dari kandungan dalam nasal spray dalam bentuk serbuk lebih stabil dan tidak memerlukan bahan pengawet.

Lalu, serbuk cenderung lebih mudah menempel di permukaan rongga hidung sebelum larut dan kemudian dibersihkan. Ditambah lagi, terdapat zat yang dapat meningkatkan penyerapan kandungan dalam nasal spray.

Pada penelitian lain yang diterbitkan tahun 2017 juga menemukan manfaat dari nasal spray powder. Kandungan methyl-cellulose dalam nasal spray powder dapat berfungsi sebagai pelindung rongga hidung.

Akibatnya, Anda dapat mengurangi gejala dari gangguan pernapasan yang disebabkan oleh udara yang terkontaminasi oleh polusi, debu, atau virus.

Apalagi, dengan kondisi pandemik COVID-19 saat ini yang mengharuskan Anda untuk beraktivitas dan bekerja di dalam rumah, kualitas udara dalam ruangan pun perlu diperhatikan.

Polusi dalam ruangan muncul ketika ruangan atau rumah Anda tidak memiliki cukup ventilasi udara. Selain itu, secara tak sadar, debu juga muncul dari sofa, karpet, atau kasur. Polutan (bahan/senyawa penyebab polusi) dapat berakumulasi atau menumpuk hingga tingkatan yang dapat merugikan kesehatan orang yang terpapar olehnya. 

Dampak dari polusi dalam ruangan dapat bersifat secara langsung atau baru terasa di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan nasal spray powder meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dengan demikian, nasal spray powder memiliki keunggulan yang tentu saja tidak akan ditemukan pada jenis nasal spray cair. Manfaat kandungan di dalamnya dapat lebih bertahan lama melindungi rongga hidung, terutama dari debu, selama 6-8 jam.

Bagaimana cara menggunakan obat semprot hidung serbuk yang baik dan benar?

nasal spray

Apabila ragu karena tidak tahu cara menggunakan nasal spray jenis serbuk, Anda dapat bertanya pada apoteker atau membaca panduan pemakaian yang biasanya tertera pada kemasan produk. Selain itu, sebelum menggunakan alat ini, pastikan:

  • Kedua rongga (lubang) hidung tidak tersumbat
    Jika hidung tersumbat (karena pilek atau gangguan pernapasan lain), serbuk atau bubuk tidak dapat masuk cukup dalam hidung sehingga manfaatnya tidak akan bekerja secara efektif.
  • Periksa nasal spray apakah serbuk dapat keluar atau tidak
    Lakukan hal ini setiap hari agar menjaga nasal spray powder tetap bekerja dengan baik atau tidak tersumbat.
  • Ikuti aturan pakai dan simpan sesuai anjuran
    Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak kecil dan jangan sampai digunakan oleh orang lain atau hanya gunakan oleh satu orang.

Ketika akan menggunakan obat semprot hidung, hirup secara perlahan seperti saat Anda mencium aroma bunga atau makanan. Jangan menghirup secara sekaligus atau dengan kencang.

Ini dapat menyebabkan serbuk melewati rongga hidung dan langsung menuju tenggorokan. Jika hal ini terjadi, manfaat nasal spray powder tidak akan dirasakan.

Nasal spray powder atau serbuk dapat menjadi tambahan perlindungan Anda dari debu dan polusi dari dalam ruangan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Preventif untuk Mencegah Asma Kambuh Akibat Polusi Udara

Pengidap asma perlu memerhatikan polusi udara apabila banyak beraktivitas di area perkotaan. Lakukan cara ini untuk mencegah asma agar tidak kambuh.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Asma, Health Centers 26/03/2020

Novel Coronavirus, Virus Baru Pemicu Wabah Pneumonia di Tiongkok

Virus baru bernama novel coronavirus menjadi dalang dari wabah pneumonia yang menggemparkan di Wuhan, Tiongkok. Apa yang menyebabkan fenomena ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 11/01/2020

7 Cara Cepat Mengatasi Gejala Asma yang Kambuh

Penting untuk tahu cara mengatasi penyakit asma ketika kambuh agar tidak semakin parah! Termasuk kapan harus menghubungi dokter atau pergi ke IGD terdekat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Asma, Health Centers 10/12/2019

Cegah Polusi di Dalam Ruangan Dengan 5 Cara Ini

Polusi tidak terjadi di luar saja, melainkan juga dalam ruangan. Supaya kesehatan Anda terjaga, cari tahu cara mencegah polusi udara dalam ruangan di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab hidung meler

Beragam Penyebab Hidung Meler Terus Padahal Tidak Sedang Flu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
dampak polusi udara pada mata

Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Mata dan Cara Mencegahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020
efek covid-19 kondisi lingkungan

Begini Efek Pandemi COVID-19 Terhadap Lingkungan Sekitar

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020
udara kotor

Benarkah Udara Kotor Bisa Bikin Susah Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 01/04/2020