2 Pilihan Kacamata Khusus untuk Orang yang Buta Warna

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Salah jika Anda berpikir bahwa buta warna hanya bisa melihat putih dan hitam saja. Pasalnya, ada banyak jenis buta warna, dari yang tidak bisa melihat warna biru, merah, kuning, hingga hijau. Justru, kasus orang yang hanya bisa melihat warna putih dan hitam sangat sedikit. Sebagian besar tidak bisa mampu meihat warna merah dan hijau. Nah, sekarang ini ada kacamata khusus untuk pengidap buta warna., seperti apa ya?

Kacamata untuk orang yang buta warna

Kacamata buta warna diperuntukkan bagi Anda yang mengalami buta warna sebagian, terutama pada warna merah dan hijau. Kacamata didesain dengan lensa berwarna khusus yang dapat membantu untuk membedakan warna merah dan hijau secara lebih baik.

Perlu diingat bahwa kacamata ini tidak dapat menyembuhkan buta warna yang diiliki karena masalah ini adalah penyakit bawaan. Namun, kacamata buta warna dapat membantu Anda untuk melihat berbagai spektrum warna secara lebih akurat. Terdapat beberapa jenis kacamata yang dapat digunakan, yaitu:

1. EnChroma

Merupakan produk kacamata buta warna asal California yang paling terkenal saat ini. Menurut EnChroma, kurangnya kemampuan penglihatan warna terjadi karena adanya tumpang tindih gelombang cahaya yang abnormal pada penderita buta warna.

Gelombang warna tersebut tidak ditangkap dengan baik oleh sel kerucut, sel pada saraf mata yang berfungsi untuk melihat warna. Di sinilah lensa dari EnChroma berperan, lensa membantu untuk mengurangi tumpang tindih gelombang cahaya yang abnormal tersebut. Jadi orang dengan buta warna dapat melihat lebih banyak spektrum cahaya yang sebelumnya tidak dapat ditangkap mata dengan baik.

Terlepas dari berbagai macam video keberhasilan EnChroma yang sempat viral di media massa, masih terdapat banyak kontroversi mengenai kemampuan lensa kacamata tersebut. Salah satu riset yang melibatkan 10 orang dewasa dengan gangguan penglihatan warna merah-hijau mendapatkan perbaikan penglihatan warna hanya terjadi pada dua orang. Sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum dapat menyebutkan lensa EnChroma sebagai salah satu sarana perbaikan penglihatan warna.

2. Color Correction System (CCS)

Tidak jauh berbeda dengan kacamata buta warna keluaran EnChroma, CCS juga menggunakan filter khusus untuk membantu meningkatkan penglihatan warna. CCS di desain khusus untuk memenuhi kebutuhan masing-masing orang dan filter juga dapat digunakan pada lensa kontak.

Apakah itu berarti dengan bantuan filter-filter tersebut seseorang dengan buta warna dapat melihat warna seperti orang normal? Tentu tidak, penglihatan warna merah dan hijau akan menjadi lebih baik hanya pada saat menggunakan kacamata dan tetap tidak dapat membedakan spektrum warna tersebut sebaik orang normal. Filter juga tidak akan berfungsi apabila dikenakan oleh mereka yang mengalami buta warna total.

Nah, untuk mengetahui kacamata mana yang cocok untuk Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pasalnya, kacamata ini juga harus disesuaikan dengan kondisi lensa mata Anda, apakah butuh tambahan lensa minus, plus, atau silinder.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 12, 2019 | Terakhir Diedit: April 11, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca