4 Penyebab Benjolan di Jari Tangan Plus Cara Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Benjolan bisa muncul di semua are kulit Anda, termasuk jari tangan maupun kaki. Hal ini karena tangan dan kaki lebih sering memegang atau menyentuh benda yang mungkin sudah terpapar oleh bakteri dan substansi lain. 

Anda tentu tak ingin benjolan di jari tangan atau kaki mengganggu aktivitas harian dan penampilan Anda? Simak ulasan berikut ini tentang cara menghilangkan benjolan pada jari sesuai penyebabnya. 

Penyebab benjolan di jari tangan dan cara mengatasinya

Pada dasarnya, benjolan di kulit dapat terjadi pada pori-pori kulit atau folikel rambut. Selain itu, benjolan akan tumbuh dan berkembang jika kelenjar minyak tersumbat, sehingga benjolan pun berubah warna menjadi merah. 

Benjolan seperti ini biasanya disebabkan oleh kista, kutil, atau gigitan serangga. Maka itu, sebelum tahu cara menghilangkannya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab munculnya benjolan di jari tangan Anda. 

1. Kutil 

kutil di kelamin

Salah satu penyebab munculnya benjolan di jari tangan adalah kutil. Kutil adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus dan biasanya berbentuk seperti kembang kol. 

Benjolan yang termasuk dalam tumor jinak ini dapat terjadi pada anak kecil dan orang muda, tetapi sebenarnya sangat jarang muncul di jari tangan atau kaki. 

Kondisi ini lebih mudah terdeteksi karena memiliki warna yang berbeda dengan kulit jari Anda. Selain itu, biasanya terdapat titik-titik hitam pada benjolan tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, benjolan jari tangan yang disebabkan kutil bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, untuk membantu Anda, ada beberapa cara untuk menghilangkan kondisi ini. 

Cara mengatasi benjolan di jari tangan/kaki akibat kutil

asam salisilat untuk menghilangkan kutil

Menurut American Academy of Dermatology, ada beberapa cara untuk menghilangkan benjolan yang disebabkan oleh kutil. Hal ini bertujuan untuk mencegah kutil menyebar ke jari-jari tangan lainnya, sehingga dibutuhkan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini, yaitu. 

  • Mengoleskan asam salisilat pada jari yang terkena kutil. Asam ini membuat lapisan kutil terkelupas, sehingga lebih cepat untuk hilang. 
  • Membekukan kutil dengan semprotan berisi nitrogen cair yang dingin. Hal ini akan membuat kutil melepuh dan terlepas dari jari Anda.
  • Melakukan operasi

2. Pseudokista myxoid

Sumber: Wheeless’ Textbook of Orthopaedics

Pseudokista myxoid merupakan benjolan halus bersifat non-kanker yang bisa ditemukan di jari tangan. Umumnya, benjolan tersebut berada dekat dengan kuku dan dekat dengan sendi jari terjauh. 

Orang-orang yang menderita osteoarthritis sering mengalami kondisi ini. Bahkan, dalam beberapa penelitian menunjukkan 64-93% orang dengan penyakit ini mengalami kista tersebut. 

Cara mengatasi benjolan di jari tangan akibat pseudokista myxoid

Sebenarnya, kista yang menyebabkan benjolan pada jari Anda akan hilang secara perlahan tanpa harus memakai obat-obatan. Akan tetapi, jika Anda khawatir, mungkin beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. 

  • Cryotheraphy yang akan membekukan kista pada jari. 
  • Menyuntikkan steroid atau obat kimia lainnya agar cairan berkurang dan benjolan menyusut. 
  • Menusuk benjolan, hanya dapat dilakukan oleh dokter dengan jarum atau pisau yang bersih dan steril berulang kali agar kista mengering. 
  • Mengoleskan krim steroid pada daerah yang terkena benjolan. 
  • Operasi yang akan memotong kista dan menutupi area tersebut dengan perban atau penutup lainnya. 

3. Rambut yang tumbuh ke dalam

Sumber: Medical News Today

Bagi Anda yang suka mencabuti bulu jari kaki atau tangan, kemungkinan besar bulu yang akan tumbuh justru mengarah ke dalam kulit. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gejala yang mengarah pada benjolan di jari kaki atau tangan Anda, seperti benjolan merah dan bengkak, seperti jerawat. 

Selain itu, rambut yang tumbuh ke dalam ini dapat mengakibatkan infeksi pada folikel rambut, yang biasa disebut folikulitis. 

Cara mengatasi benjolan di jari tangan/kaki akibat rambut tumbuh ke dalam

Sama seperti penyebab lainnya, rambut yang tumbuh ke dalam juga tidak memerlukan perawatan khusus karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda ingin cepat masalah ini tuntas, beberapa tips berikut bisa Anda ikuti. 

  • Mengompres benjolan dengan kompres hangat
  • Melakukan eksfoliasi daerah bulu yang tumbuh ke dalam dengan lembut. 

4. Gigitan semut api

obat digigit semut api

Semut api merupakan semut yang berwarna merah. Jika semut berwarna merah ini menggigit Anda, peradangannya akan dengan cepat terjadi. 

Hampir setiap orang yang mendapatkan gigitan dari semut merah ini akan mendapatkan benjolan berisi cairan kekuningan selama 24 jam. 

Selain menyebabkan gatal, benjolan di jari tangan akibat gigitan semut api ini juga terkadang dapat menimbulkan reaksi alergi.

Cara mengatasinya benjolan di tangan akibat gigitan semut api

Umumnya, rasa sakit pada semut biasa akan membaik beberapa menit hingga jam setelahnya. Walaupun membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menghilangkan benjolan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips di bawah ini.

  • Mengompres daerah benjolan dengan kompres dingin. 
  • Memberikan tekanan stabil pada benjolan. 
  • Mengoleskan krim yang mengandung 1% hidrokortison tiga kali sehari atau campuran baking soda dan air pada daerah benjolan. 
  • Konsumsi obat-obatan untuk alergi, seperti benadryl atau obat penghilang rasa sakit, seperi ibuprofen. 

Benjolan di jari tangan biasanya tidak membahayakan dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Akan tetapi, jika Anda khawatir dan ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca