Ternyata, Herpes Bisa Menular Lewat Ciuman

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ciuman bibir mungkin bisa Anda lakukan setiap hari dengan pasangan. Pasalnya, ciuman bisa menjadi tanda kasih sayang, bentuk rasa terima kasih, hingga salah satu pilihan foreplay sebelum bercinta. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa salah satu penyakit menular seperti herpes bisa menular lewat ciuman? Untuk lebih penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut ini.

Herpes ternyata bisa menular lewat ciuman

Salah satu jenis virus herpes adalah HSV-1 atau bisa juga disebut sebagai herpes mulut. Jenis virus herpes yang satu ini memang bisa menular lewat aktivitas ciuman. Apalagi, penyakit ini bisa saja menjangkit siapa saja. Salah satu gejala yang paling mudah dikenali dari herpes adalah lenting berwarna merah atau putih yang muncul di area mulut.

Lenting yang terdapat di area mulut ini mungkin akan berdarah atau mengeluarkan cairan saat pecah. Jika Anda melakukan aktivitas ciuman bibir dengan orang yang memiliki virus herpes yang sedang aktif seperti ini, besar kemungkinan Anda akan tertular virus tersebut.

Bahkan, sekalipun Anda tidak bisa menemukan gejala herpes pada pasangan, virus herpes ini masih mungkin menular lewat ciuman. Oleh sebab itu, apabila Anda yang memiliki virus herpes di mulut, lebih baik beri tahu pasangan terlebih dahulu.

Hal ini akan membantunya menentukan apakah pasangan rela memiliki risiko tersebut atau pasangan memilih untuk ‘mundur’ dari hubungan yang Anda berdua jalani. Tentu Anda juga tidak ingin menjadi penyebab pasangan Anda memiliki virus yang sama, bukan?

Intinya, virus herpes bisa menular melalui aktivitas di mana Anda berbagi saliva dengan orang yang terjangkit virus tersebut. Terlebih lagi jika orang dengan virus herpes mengalami lenting yang sedang pecah. Jadi, sebenarnya herpes tidak hanya menular lewat ciuman, tetapi juga bisa menular lewat aktivitas lainnya. Misal, Anda berbagi makanan atau minuman dengan penderita, menggunakan alat makan yang sama, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, penyebaran virus herpes tidak hanya berhenti di mulut jika Anda juga melakukan aktivitas oral seks dengan pasangan yang mengidap virus tersebut. Pasalnya, aktivitas oral seks juga bisa menyebarkan virus herpes di mulut menular ke area genital hingga menyebabkan virus herpes genital.

Masalahnya, berdasarkan World Health Organization (WHO), saat Anda mengidap virus herpes di area genital, kondisi tersebut akan meningkatkan kemungkinan Anda terjangkit virus HIV hingga tiga kali lipat lebih besar.

Bisakah herpes yang menular lewat ciuman disembuhkan?

Jika Anda mengidap virus herpes di mulut, Anda harus mengetahui bahwa herpes bukan kondisi yang bisa disembuhkan secara total. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai jenis pengobatan yang bisa mencegah atau memperpendek lama waktu kambuhnya penyakit tersebut.

Umumnya, virus herpes kambuh sebanyak empat kali dalam satu tahun. Setiap kali, kambuhnya virus herpes ini akan terasa lebih ringan dan bisa sembuh dalam waktu yang lebih cepat jika Anda menjalani pengobatan. Meski tidak bisa menyembuhkan herpes yang menular lewat ciuman, pengobatan herpes memiliki dampak positif lainnya.

Misalnya, pengobatan herpes bisa memperkecil kemungkinan penularan virus tersebut kepada orang lain dan juga mempersingkat waktu kambuh dari virus itu. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan obat-obatan, obat yang dibuat dari bahan alami, perawatan rumah, dan mengubah gaya hidup yang mungkin tidak sehat.

Biasanya, jenis dari virus yang akan membantu Anda menentukan jenis pengobatan yang mana yang paling ampuh untuk mengatasi atau meredakan virus herpes ini. Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan dari virus herpes di mulut dan di area genital. Obat tersebut adalah valacyclovir dan acyclovir.

Selain penggunaan obat-obatan, ada banyak pilihan perawatan rumah yang juga bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit akibat terjangkit virus herpes ini.

  • Kompres menggunakan air dingin untuk meredakan herpes di mulut yang terasa sakit
  • Mengurangi pemicu kambuhnya herpes, misalnya dengan mengurangi stres dan tidak terlalu sering terpapar matahari
  • Meningkatkan sistem imun di dalam tubuh dengan menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga

Jadi, bisa disimpulkan bahwa meski herpes yang menular lewat ciuman tidak bisa disembuhkan, bukan berarti Anda tidak bisa meredakan gejalanya. Di samping itu, dengan adanya pengobatan yang bisa Anda jalani, Anda masih bisa melakukan aktivitas seks dengan aman.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 4, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca