Seberapa Sering Perlu Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Eksfoliasi wajah cara sederhana dan mudah untuk menjaga kesehatan kulit. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang berada di permukaan wajah. Tidak pada perempuan saja, eksfoliasi juga perlu dilakukan oleh laki-laki.

Metode pengangkatan sel kulit mati ini memberikan efek bersih dan bersinar pada kulit, eksfoliasi tak bisa dilakukan sembarangan. Ada waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi.

Waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi kulit wajah

Ingin memastikan kulit bersih setiap saat, bukan berarti eksfoliasi harus dilakukan setiap hari. 

Tahukah Anda bahwa setiap orang menghasilkan sekitar 500 juta sel kulit mati setiap harinya. Sel kulit mati ini dapat menumpuk dari hari ke hari. Maka, di sinilah pentingnya membersihkan wajah secara rutin, serta melakukan eksfoliasi berkala.

Proses eksfoliasi bermanfaat untuk mengurangi kulit kusam dan memperbaiki kondisi kulit, misalnya pada kulit berjerawat. 

Meskipun memiliki dampak positif untuk kesehatan kulit, eksfoliasi jangan dilakukan secara berlebihan. Waktu eksfoliasi tergantung dari jenis kulit Anda.

Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda, seperti kulit kering atau sensitif, berminyak dan berjerawat, kulit kombinasi, serta mature skin. Keempat jenis kulit ini membutuhkan waktu eksfoliasi yang berbeda.

1. Kulit kering atau sensitif

Waktu eksfoliasi tipe kulit kering atau kulit sensitif setidaknya 1-2 kali per minggu. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan produk eksfoliasi yang keras dapat mengiritasi kulit.

Menurut ahli estetika, Elena Duque, tipe kulit wajah sensitif membutuhkan produk eksfoliasi yang mengandung asam glikolat. Selain itu, pilih produk eksfoliasi kimiawi yang mengandung moisturizer dan diformulasikan untuk kulit sensitif.

2. Kulit berminyak atau berjerawat

Eksfoliasi untuk tipe wajah berminyak atau berjerawat dilakukan 2-3 kali seminggu. Pilihan produk yang disarankan adalah eksfoliasi kimiawi dengan kandungan asam salisilat. Kandungan tersebut dapat menyerap minyak, sehingga mengurangi sebum pada wajah.

Menurut Elena Duque, beta hydroxy acid (BHA) menjadi opsi lain untuk mengangkat produksi minyak berlebih pada wajah yang menyumbat pori-pori. 

3. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah tipe kulit yang berminyak atau berjerawat, sekaligus kering atau sensitif. Perawatan eksfoliasi wajah yang direkomendasikan untuk tipe kulit ini adalah dua sampai tiga kali per minggu.

Anda masih dapat menggunakan jenis eksfoliasi fisik atau kimawi, misalnya scrub, produk dengan kandungan asam, atau enzim tertentu. 

4. Mature skin

Mature skin didefinisikan sebagai kondisi kulit dengan tekstur yang sedikit berkeriput. Kondisi ini disebabkan ketika kulit mengalami penuaan. Untuk Anda yang memiliki mature skin, eksfoliasi kulit wajah dapat dilakukan dua kali per minggu dengan menggunakan eksfoliasi kimiawi.

Anda bisa mencari produk eksfoliator yang mengandung asam hidroksi alfa (AHA). Kandungan tersebut banyak dicari karena sifatnya yang anti-penuaan dengan cara kerja mengencangkan kulit.

Hal yang perlu diingat saat eksfoliasi kulit wajah

Mencintai kulit wajah, bukan berarti Anda setiap hari memberikan perhatian ekstra. Segalanya tergantung dari kondisi dan tipe kulit wajah. Terlalu berlebihan eksfoliasi dapat mengiritasi kulit wajah.

Mengutip Healthline, seorang dermatologis bernama dr. Viseslav Tonkovic-Capin, mengatakan bahwa eksfoliasi tidak seharusnya membuat kulit terlihat mengelupas dan kemerahan. Hal ini terjadi ketika kulit wajah mengalami gesekan yang tidak seharusnya. Kondisi kulit iritasi ini bisa memicu infeksi dan eksim.

Sementara itu, jika kulit wajah jarang dieksfoliasi, akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Ini bisa membuat kulit terlihat kusam, kasar, dan por-pori tersumbat. 

Maka itu, kenali kulit wajah Anda, sehingga Anda bisa secara tepat melakukan jadwal dan cara untuk mengeksfoliasinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Tanda Utama yang Terlihat Ketika Kulit Terlalu Sering Dieksfoliasi (Scrubbing)

    Eksfoliasi berlebihan tidak ada manfaatnya untuk kulit, malah justru memicu masalah baru. Kenali tanda saat Anda sudah melakukan eksfoliasi terlalu sering.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Hidup Sehat, Fakta Unik 23 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

    Kira-Kira, Manakah Jenis Facial Wajah yang Cocok untuk Anda?

    Klinik kecantikan biasanya menawarkan berbagai jenis facial wajah yang beragam. Tak perlu bingung, yuk temukan cara memilih yang tepat berdasar saran ahli.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Hidup Sehat, Kecantikan 28 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit

    Mengenal Lebih Jauh Tentang AHA dan BHA Agar Tak Salah Pilih Produk

    Produk AHA dan BHA banyak dijual dipasaran untuk melengkapi perawatan wajah harian. Namun, kenali perbedaan AHA dan BHA agar tak keliru pilih produk.

    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Hidup Sehat, Kecantikan 13 Januari 2019 . Waktu baca 5 menit

    Sebenarnya untuk Apa Eksfoliasi Kulit Wajah Itu? Eits, Intip Juga Cara Aman Melakukannya

    Sel kulit mati di wajah perlu dibersihkan secara rutin dengan eksfoliasi kulit. Seberapa penting eksfoliasi dan bagaimana cara melakukannya?

    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dermatologi, Health Centers 6 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    eksfoliasi wajah

    Pakai Bahan Alami untuk Eksfoliasi Wajah, Bisa Kok!

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 7 April 2020 . Waktu baca 4 menit
    butiran scrub untuk kulit wajah

    6 Bahan Scrub Alami untuk Wajah Lebih Sehat dan Glowing

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 29 Januari 2020 . Waktu baca 6 menit

    3 Cara Membuat Scrub Alami di Rumah Sendiri

    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
    eksfoliasi kulit

    Jangan Wajah Saja, Kulit Badan Juga Perlu Eksfoliasi

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 6 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit