Berbagai Pilihan Perontok Rambut Khusus Pria

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tak hanya wanita, pria juga terkadang melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di badannya. Tak hanya bercukur, nyatanya terdapat beragam cara yang bisa menjadi alternatif bagi para pria untuk menghilangkan bulu atau rambut yang tumbuh di badannya. Apa saja?

Beragam cara menghilangkan bulu/rambut untuk pria

Pria mungkin memiliki lebih banyak area yang ditumbuhi oleh rambut atau bulu-bulu halus. Bulu dada, kumis, jenggot, bulu kaki merupakan sebagian area yang kerap ditumbuhi rambut pada pria. 

Jika dicukur atau waxing sembarang, mungkin akan menimbulkan rasa sakit atau gatal (razor burn) pada area tertentu. Maka itu, di bawah ini ada beberapa cara dan pilihan yang bisa dipilih oleh pria untuk menghilangkan bulu atau rambut yang tumbuh di tubuh mereka. 

1. Merontokkan rambut dengan laser

Salah satu cara menghilangkan bulu pada kaki atau area lain yang ditumbuhi rambut adalah dengan menggunakan laser. 

Cara kerja sinar laser adalah memengaruhi akar rambut, tapi tidak sampai membunuh folikel rambut. Jadi, rambut masih bisa tumbuh, tapi jangka waktunya lebih lama, bisa beberapa bulan sampai tahun. 

Selain itu, laser juga dapat menjangkau hampir ke seluruh area tubuh yang ditumbuhi rambut, seperti perut, punggung, bahu, hingga area sekitar kelamin Anda. Anda juga tak akan terlalu merasa sakit ketika menjalani perawatan ini. 

Kekurangannya, menghilangkan rambut di tubuh dengan laser biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

2. Waxing

waxing bulu cara menghilangkan bulu

Waxing merupakan cara menghilangkan bulu/rambut yang paling umum dilakukan, bahkan pada pria. Anda bisa melakukannya di rumah atau mendatangi tempat waxing terdekat untuk merontokkan rambut di daerah yang diinginkan. 

Cara kerja waxing pun tidak rumit. Biasanya, area yang ingin dihilangkan bulunya akan diolesi lilin panas. Terapis kemudian akan menggunakan selotip atau strip untuk mengangkat lilin tersebut untuk menghilangkan rambut. 

Waxing biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama, yaitu 10 menit sampai satu jam. Namun, metode ini bisa menimbulkan rasa sakit. Dibandingkan laser, rambut juga tumbuh lebih cepat, yaitu sekitar 6 minggu.

Jika tidak ditangani oleh ahlinya, metode ini juga lebih berisiko terhadap infeksi kulit jika tidak dirawat dengan baik. 

3. Elektrolisis

menghilangkan bulu

Selain waxing dan laser, cara lain untuk menghilangkan bulu atau rambut pada pria, yaitu elektrolisis. 

Elektrolisis merupakan metode penghilang rambut dengan memasukkan pinset atau jarum kecil pada folikel yang ditumbuhi oleh rambut. Setelah itu, rambut tersebut akan diambil dengan pinset. 

Cara ini memanfaatkan gelombang radio yang mengandung arus listrik untuk menghancurkan pusat pertumbuhan rambut. 

Proses ini memakan waktu 10-20 menit apabila hanya sedikit rambut yang ingin dihilangkan. Metode ini membuat rambut kemungkinan besar tidak akan tumbuh lagi.

Jika rambut yang ingin dihilangkan cukup banyak, perawatan ini bisa berlangsung selama setahun, dan rutin dalam beberapa minggu sekali. 

Hampir sama dengan perawatan menggunakan laser, elektrolisis menimbulkan sedikit ketidaknyamanan, terutama ketika Anda melakukannya pada daerah kelamin. 

4. Sugaring

Sumber: Pinterest

Sebenarnya, cara kerja sugaring dengan waxing hampir sama. Hanya saja, sugaring menggunakan pasta gula yang sudah dipanaskan.

Meski hampir sama, cara menghilangkan bulu pada pria yang satu ini tidak terasa sakit dan menimbulkan kemerahan seperti waxing. Anda juga tinggal membilas sisa butiran gula yang dioleskan, tanpa harus melakukan perawatan lain untuk membersihkannya. 

5. Obat atau krim penghilang rambut

Sumber: SBS

Jika Anda ragu ingin menggunakan metode yang sudah dijelaskan, mungkin pilihan Anda lebih cocok kepada obat atau krim penghilang rambut. 

Selain tidak menimbulkan rasa sakit, senyawa kimia yang dibentuk menjadi gel atau krim ini juga terbilang cepat untuk merontokkan bulu Anda. 

Pada saat mengoleskannya, senyawa pada krim ini akan menyerang protein pada rambut dan menghancurkannya. Akibatnya, rambut pada tubuh Anda akan rontok dalam waktu sekejap. 

Walaupun termasuk metode yang cepat, rambut Anda akan kembali tumbuh dalam waktu dua minggu. Tidak hanya itu, Anda pun harus berhati-hati ketika memilih jenis krim atau obat yang satu ini. 

Hal tersebut dikarenakan dikhawatirkan terdapat bahan-bahan yang justru dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Maka itu, mungkin Anda perlu mencoba beberapa produk hingga akhirnya cocok di kulit Anda. 

Pada dasarnya, cara menghilangkan bulu yang ada pada tubuh pria sama dengan apa yang para wanita lakukan. Hanya saja karena pria memiliki daerah yang ditumbuhi bulu lebih banyak, mereka cenderung pemilih agar rambut halus tersebut benar-benar hilang.

Meski begitu, Anda mungkin dapat berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memilih obat atau metode lain untuk menghilangkan rambut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Meskipun Aman, Laser Hair Removal Tetap Memiliki Efek Samping Berikut

Laser hair removal dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan bulu di tubuh yang cukup efektif. Meski aman, ketahui juga kemungkinan efek sampingnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Kecantikan 17 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit

Mana yang Lebih Baik untuk Membentuk Alis: Threading, Waxing, atau Cabut Alis?

Bentuk alis yang simetris dan rapi berawal dari cara membentuk alis yang dilakukan secara tepat. Lantas, bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Kecantikan 11 Agustus 2017 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Sering Mencukur Bikin Bulu Tumbuh Lebih Lebat dan Hitam?

Banyak yang bilang, terlalu sering mencukur bulu di badan bikin bulu tumbuh lebih lebat dan menghitam. Eits, tunggu dulu! Apa kata para ahli soal ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 31 Mei 2017 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Aman untuk Menghilangkan Bulu Kaki

Bulu kaki yang kasar dan lebat memang mengganggu penampilan. Apa saja cara menghilangkan bulu kaki yang aman dilakukan? Simak penjelasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 20 Mei 2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tumbuh rambut di payudara

Bolehkah Menghilangkan Rambut yang Tumbuh di Payudara?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
perawatan laser hair removal

Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2019 . Waktu baca 3 menit
waxing bulu cara menghilangkan bulu

Cara Menghilangkan Bulu Mana yang Paling Efektif, Hot Waxing Atau Cold Waxing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 24 April 2018 . Waktu baca 3 menit
siapa lebih jorok

Siapa yang Lebih Jorok, Pria Atau Wanita? Ini Penelitiannya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit