Tak Hanya Hangat di Tubuh, Ini Dia Manfaat Lain Teh Adas untuk Kesehatan Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tidak hanya digunakan sebagai bahan utama minyak telon, tanaman adas ternyata dapat diolah menjadi teh dan mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Apa saja ya keistimewaan yang ditawarkan oleh teh dari olahan tanaman adas?

Segudang manfaat yang ditawarkan teh adas

Tanaman adas merupakan tumbuhan yang memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang mengolahnya sebagai teh herbal untuk menjaga kesehatan mereka, seperti berguna untuk sistem pencernaan hingga meredakan nyeri.

1. Meredakan nyeri haid

mencegah nyeri haid

Pada tahun 2012, terdapat sebuah penelitian tentang pengaruh tanaman adas terhadap nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit dismenore. Penelitian ini melibatkan 60 wanita dengan rentang usia 15-24 tahun yang menderita nyeri haid sedang hingga parah dan diberikan ekstrak adas.

Hasilnya, sekitar 80% wanita yang mengonsumsi adas sebagai pengobatan alternatif melaporkan bahwa rasa sakit mereka berkurang. Akan tetapi, 10-20% lainnya tidak mendapatkan efek apapun dari manfaat adas ini. 

Banyaknya presentase dari penelitian ini memberikan harapan bahwa teh adas kemungkinan dapat mengurangi kontraksi pada rahim, sehingga rasa nyeri pun berkurang. Walaupun demikian, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dulu sebelum rutin mengonsumsi adas sebagai obat herbal. 

2. Menambah produksi ASI

makan bawang putih saat menyusui

Selain dapat meringankan nyeri haid, teh adas juga mempunyai manfaat bagi para ibu menyusui, yaitu menambah produksi ASI. 

Hal ini terlihat melalui uji coba medis yang memperlihatkan bahwa tanaman yang sering ditemukan di Indonesia ini bersifat galactagogue. Sifatnya itu dapat memengaruhi kesehatan para ibu menyusui, sehingga kualitas dan jumlah ASI mereka pun menjadi lebih baik. 

Akan tetapi, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa efek tanaman adas benar-benar bermanfaat untuk produksi ASI ibu menyusui. Lagi-lagi, ada baiknya ada mengonsultasikan hal ini kepada dokter. 

3. Membuat aroma napas lebih segar

Sifat antibakteri pada teh adas ternyata juga bisa membuat napas Anda lebih harum. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan antibakteri pada tanaman adas dapat mengurangi bakteri yang penyebab bau mulut. 

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

sakit perut saat flu

Bagi Anda yang sering menderita diare dan memiliki pencernaan yang cukup sensitif, mungkin teh adas bisa membawa manfaat yang baik untuk Anda. Tanaman adas dipercaya dapat membantu menenangkan organ pencernaan yang bermasalah. 

Sebagaimana dilansir dalam laman Live Strong, seorang praktisi minyak esensial dan teh herbal, Marco Valussi melaporkan bahwa kombinasi teh herbal dengan adas ternyata meringankan nyeri usus pada 95% penderita kolitis kronis.

5. Menambah zat antioksidan pada tubuh

mengobati radang tenggorokan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang bisa Anda temukan pada kandungan teh adas. Anda tentu mengetahui senyawa ini sebagai salah satu agen yang dapat melawan radikal bebas. Jika Anda rutin minum teh adas, zat antioksidan pada teh tersebut dapat melawan stres oksidatif di dalam tubuh Anda. 

Hal tersebut juga ternyata bisa membantu meringankan beban ginjal dan hati Anda, memproduksi sel baru, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Hingga kini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan keampuhan manfaat teh adas. Jika Anda mempunyai kondisi medis tertentu atau sedang hamil, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi teh adas.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 28, 2019 | Terakhir Diedit: April 2, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca