Kacang Panggang vs Kacang Mentah: Mana yang Lebih Sehat untuk Dicemil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kacang bisa menjadi camilan sehat asalkan Anda mengonsumsinya dengan cara yang benar. Banyak penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta gula darah. Lantas, di antara dua cara menyantap kacang yang paling populer, manakah yang lebih sehat? Kacang panggang atau kacang mentah? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Membandingkan kacang panggang dan kacang mentah

Dilihat dari nilai nutrisi

Seratus gram kacang tanah mentah mengandung sekitar 500-600 kalori. Kacang panggang tentu mengandung kadar lemak dan kalori yang lebih tinggi daripada kacang mentah, karena telah melewati proses pemasakan dengan minyak dan (mungkin sedikit) garam. Selain itu, beberapa antioksidan dan kandungan vitamin dalam kacang juga hilang saat dipanggang.

Dilihat dari faktor rasa

Meski kacang mentah juga bisa dicemil, tapi kebanyakan orang lebih menyukai kacang panggang karena cita rasanya yang lebih gurih dan renyah. Sedangkan kacang mentah memiliki rasa yang sangat ringan dan sederhana. Hal ini membuat orang sering merasa bosan saat memakannya.

Dilihat dari kandungan bakteri

Kacang mentah mungkin memiliki bakteri yang berpotensi bahaya, seperti Salmonella dan E. Coli. Jika tanah tempat kacang bertumbuh terkontaminasi bakteri, kacang pun akan mudah terkontaminasi bakteri. Tidak hanya itu, air yang terkontamisasi saat panen atau pascapanen juga akan meningkatkan risiko kacang mentah terkena bakteri.

Satu studi melaporkan bahwa hampir 1 persen sampel dari berbagai kacang mengandung Salmonella, dengan tingkat kontaminasi tertinggi pada kacang macadamia dan terendah pada hazelnut. Akan tetapi, jumlah Salmonella yang terdekteksi rendah. Jadi, mungkin tidak menyebabkan penyakit pada orang yang sehat.

Sedangkan proses pemanggangan membuat bakteri tidak dapat mempengaruhi kacang panggang dengan mudah. Sebenarnya jumlah kontaminasi bisa hilang apabila kacang – terlepas dari cara menyatapnya, dibersihkan dan diproses secara benar sehingga membuat kacang aman untuk kesehatan.

Kesimpulan

Kacang mentah dan kacang panggang menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang berbeda. Kacang mentah sangat sehat, tetapi risiko mengandung bakteri juga tinggi. Namun, kacang mentah tidak akan menyebabkan penyakit apabila dalam proses pembersihannya dilakukan dengan cara yang benar.

Di sisi lain kacang panggang terbebas dari bahaya bakteri namun mungkin mengandung lebih sedikit antioksidan dan vitamin. Selain itu, kandungan lemak sehat juga bisa menjadi rusak akibat proses oksidasi ketika dipanggang. Namun, risiko tersebut akan bergantung pada suhu dan lamanya waktu memanggang serta jenis kacang yang digunakan.

Secara keseluruhan jika kacang dipanggang pada suhu rendah sampai sedang, kandungan nutrisi di dalamnya tidak akan berkurang secara signifikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengulik Berbagai Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Tak hanya memiliki citarasa khas yang manis dan gurih, berbagai manfaat kesehatan dari kacang pistachio ini sayang untuk Anda lewatkan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Nutrisi, Hidup Sehat 5 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Manfaat Kacang Fava untuk Kesehatan Tubuh

Salah satunya, kacang fava mengandung dopamin yang berpotensi untuk meringankan gejala penyakit Parkinson. Simak yang lainnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Nutrisi, Hidup Sehat 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Takut naik berat badan karena kerja sambil ngemil? Coba beberapa camilan tepat dan sehat ini sebagai teman ngemil saat Anda bekerja!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
camilan enak dan sehat
Coronavirus, COVID-19 30 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

camilan untuk penderita diabetes

6 Camilan Sehat yang Aman untuk Orang Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit
cemilan bayi

Aneka Pilihan Camilan dan Finger Food untuk Bayi yang Bergizi Tinggi dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 10 menit
kacang lentil

Segudang Khasiat yang Ditawarkan Kacang Lentil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
resep protein bar

3 Resep Protein Bar Lezat dan Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit