5 Macam Nutrisi yang Tidak Boleh Disisihkan dari Menu Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidak ada salahnya menjalani diet demi menurunkan berat badan, apalagi untuk kepentingan kesehatan. Namun sayang, banyak orang yang justru menerapkan diet secara ekstrem sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tidak tercukupi. Kekurangan gizi meski sedang berdiet dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan sampai melupakan beberapa nutrisi berikut ini ketika menjalani diet.

5 nutrisi kunci untuk diet yang sukses, tapi sering dilupakan

Ketika tubuh kekurangan gizi, diet Anda kemungkinan besar akan jadi sia-sia karena metabolisme tubuh dipaksa bekerja lebih keras agar bisa berfungsi normal. Pada akhirnya, kekurangan nutrisi selama diet dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit seperti anemia, pengeroposan tulang, hingga penyakit jantung kronis.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk sebisa mungkin cukupi lima nutrisi penting ini meski Anda sedang fokus diet.

1. Kalsium

Kalsium sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung, dan otot. Perannya sebagai nutrisi untuk diet membantu menurunkan berat badan karena mengoptimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu menyerap makanan dan nutrisi lebih cepat.

Kebutuhan kalsium untuk setiap orang berbeda-beda, namun rata-rata orang dewasa membutuhkan nutrisi untuk diet ini sebanyak 1000 sampai 1200 miligram perharinya.

Apabila Anda melakukan diet sambil berolahraga, konsumsi makanan dengan kalsium tinggi seperti tahu dan keju dapat membantu meningkatkan kerja otot sehingga tidak cepat lelah ketika berolahraga.

2. Vitamin A, D, E, K

Vitamin  A, D, E dan K merupakan vitamin larut dalam lemak yang masing-masingnya berfungsi sama penting di dalam tubuh.

Vitamin A tidak hanya penting untuk penglihatan, vitamin ini memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Kandungan vitamin A dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buhan dalam bentuk pro vitamin A.

Vitamin D yang dapat diperoleh dari paparan cahaya matahari bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang, peningkatan imunitas, dan kelancaran impuls dari otak ke bagian oragan tubuh.

3. Asam lemak

Tedapat jenis asam lemak yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara langsung. Semuanya termasuk ke dalam asam lemak tak jenuh tunggal.

Asam lemak tersebut termasuk asam lemak omega-3 seperti asam alfa-linolenat (ALA), asam docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam lemak omega-6 seperti asam linoleat.

DHA dan EPA dapat diperoleh dalam lemak ikan dan minyak ikan. Lemak omega 3 ini berguna untuk menurunkan tekanan darah, meredakan peradangan, dan meningkatkan kadar kolesterol baik yaitu HDL.

Sementara asam linoleat dapat ditemukan di di dalam sayur-sayuran dan kacang seperti jagung dan kacang kedelai. Nutrisi untuk diet ini berguna untuk menurunkan jenis kolesterol berbahaya yaitu LDL dan meningkatkan kadar trigliserida.

4. Zinc

Dalam studi yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition,  zinc atau seng merupakan nutrisi untuk diet yang tidak sekadar memiliki protein tinggi, namun juga mengenyangkan karena melancarkan proses pembakaran energi.

Maka dari itu, peran nutrisi ini sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan protein dari makanan laut dan kacang-kacangan.

5. Magnesium

Selain zinc, magnesium merupakan jenis mineral yang kerap dilewatkan dalam menu makanan untuk diet.

Sebagai nutrisi untuk diet, magnesium dapat meningkatkan kerja otot yang digunakan secara intens ketika berolahraga sekaligus membakar lemak ketika Anda tidak sedang berolahraga.

Itu kenapa semakin banyak Anda mengonsumsi magnesium akan semakin baik. Anda juga dapat memperoleh manfaat lainnya seperti meningkatkanya sistem kekebalan tubuh, menjaga detak jantung tetap stabil, dan menyeimbangkan kadar glukosa.

Makanan kaya magnesium terdapat dalam sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, tahu dan yogurt.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Ferritin, Protein Penentu Kadar Zat Besi dalam Tubuh

Tes ferritin menjadi salah satu pemeriksaan anemia untuk mengetahui kadar zat besi dalam tubuh. Apa yang harus dilakukan bila hasilnya abnormal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi adalah anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Ini merupakan jenis anemia yang umum terjadi. Bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Memahami Berbagai Jenis Anemia, dari yang Ringan Sampai Gawat

Terdapat 400 jenis anemia di dunia. Klasifikasi anemia ini biasanya dibedakan berdasarkan penyebab dan kadar hemoglobin. Apa saja macam-macam anemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Gejala Anemia dari yang Paling Umum Hingga yang Khas per Jenisnya

Gejala anemia yang paling umum dirasakan adalah pusing dan mudah lelah. Namun, ada pula ciri-ciri khusus yang menandakan kondisi anemia serius.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
obat penambah darah

Berbagai Jenis Obat Penambah Darah yang Umum Diresepkan Dokter

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
mengobati anemia

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit