7 Aturan Pakai Lensa Kontak Selama Liburan (Bolehkah Dipakai Berenang?)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Liburan adalah momen yang mungkin sudah Anda tunggu-tunggu sejak lama. Anda mungkin sudah merencanakan berbagai aktivitas seru selama liburan, misalnya naik flying fox atau mencoba semua wahana di taman rekreasi. Nah, buat Anda yang pakai kacamata karena mata minus atau plus, rasanya memang lebih praktis kalau pakai lensa kontak saja. Lantas bagaimana cara pakai lensa kontak yang aman dan tidak mengganggu aktivitas selama berlibur? Simak terus tipsnya dalam ulasan berikut.

Cara pakai lensa kontak yang aman dan nyaman selama liburan

1. Pakai kacamata hitam

warna lensa kacamata

Menggunakan lensa kontak saat liburan memang harus hati-hati. Nah, salah satu cara pakai lensa kontak yang aman saat liburan adalah dengan menjaganya menggunakan kacamata hitam. Terutama kalau Anda berlibur di daerah yang panas terik seperti di pantai.

Pasalnya, kacamata hitam mampu memberi perlindungan bagi lensa kontak dari terpaan angin yang akan membuat mata kering. Memakai lensa kontak seharian ditambah banyaknya kemungkinan debu dan angin yang masuk ke mata, bisa Anda cegah dengan menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam juga bisa melindungi mata dari sinar matahari yang terik dan menyilaukan.

2. Pilih lensa kontak yang dilengkapi dengan perlindungan ultraviolet (UV)

lensa kontak kedaluwarsa

Ada berbagai jenis lensa kontak di pasaran yang dilengkapi dengan kegunaannya masing-masing. Salah satu jenis yang bisa mendukung kegiatan Anda selama liburan, yakni lensa kontak yang mengandung proteksi dari ultraviolet.

Lensa kontak jenis ini bisa mengurangi kemungkinan sinar ultraviolet menembus mata. Bahkan jika ingin perlindungan yang lebih baik, Anda bisa menggabungkan penggunaan lensa kontak antiultraviolet dan kacamata hitam.

3. Coba lensa kontak sekali pakai (disposable contact lenses)

lensa kontak sklera

Biasanya ketika berlibur, Anda akan pergi berjalan-jalan seharian penuh. Ini akan membuat mata lebih rentan iritasi. Pasalnya debu, kotoran, bahkan pasir berukuran kecil pun bisa masuk ke mata. Jika Anda kembali menggunakan lensa kontak yang telah terkontaminasi unsur-unsur ini, ditakutkan iritasi pada mata akan semakin parah.

Solusinya, Anda bisa mencoba jenis lensa kontak sekali pakai. Tak perlu repot lagi untuk membersihkan lensa kontak setiap hari. Kelebihan lain dari jenis lensa kontak ini yakni bisa mencegah mata dari mengalami risiko mata kering kronis, infeksi pada lapisan kornea, dan iritasi. Terlebih lagi, ini sangat direkomendasikan penggunaannya bagi yang memiliki alergi.

4. Ganti lensa kontak dengan kacamata

mengurangi mata minus

Sesekali, tidak ada salahnya selingi penggunaan lensa kontak dengan kacamata minus biasa. Sebab memakai lensa kontak masih dikategorikan seperti sedang menggunakan benda asing dari plastik pada mata kita. Yang lebih buruknya, jika terlalu sering menggunakan lensa kontak, bisa mengubah cara kerja sel-sel mata Anda.

Maka itu, sangat dianjurkan untuk menyelingi penggunaannya dengan kacamata sesekali. Meski kadang terkesan melelahkan harus menggunakan kacamata seharian, tapi bila telah terbiasa maka hal ini tidak terlalu buruk, kok. Disamping itu, penggunaan kacamata akan lebih memaksimalkan kegiatan liburan Anda tanpa harus takut mata iritasi akibat lensa kontak.

5. Hindari tidur dengan masih memakai lensa kontak

mata kering saat hamil

Tak jarang karena saking banyaknya aktivitas yang dilakukan, membuat Anda kembali ke tempat penginapan dalam keadaan lelah. Eitss tunggu dulu, sebelum Anda benar-benar terlelap, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk melepas dan membersihkan lensa kontak. Pasalnya, lensa kontak tidak dirancang untuk dipakai dalam waktu yang lama.

Batas waktu yang dianjurkan untuk menggunakannya dalam sehari hanya sekitar 10-12 jam. Jika lebih dari itu, akan meningkatkan kemungkinan mata mengalami infeksi serius. Bahkan risiko ini bisa semakin bertambah setelah Anda menghabiskan waktu seharian penuh di tempat yang berangin atau di tempat yang berpasir.

6. Hindari berenang pakai lensa kontak

pentingnya pakai kacamata renang

Dilansir dari laman All About Vision, air bisa menjadi sumber virus dan mikroba berbahaya. Salah satunya adalah Acanthamoeba yang bisa menempel pada lensa kontak sehingga mengakibatkan kornea menjadi terinfeksi dan meradang.

Jika infeksinya sudah terlalu parah, Anda bisa saja kehilangan penglihatan (buta) secara permanen. Bahkan membutuhkan transplantasi kornea untuk memulihkan penglihatan kembali.

Karena itu, usahakan untuk melindung mata dengan baik selama berenang, yaitu dengan menggunakan kacamata renang. Sebelum liburan, sebaiknya Anda pilih kacamata renang dengan lensa khusus yang telah diresepkan sesuai dengan kondisi mata Anda. Misalnya kalau Anda punya mata minus, plus, atau silinder.

7. Usahakan untuk selalu meneteskan obat tetes mata

cara pakai obat tetes mata

Cara pakai lensa kontak selama liburan lainnya yang tak kalah penting yaitu untuk selalu meneteskan ulang mata selama menggunakan lensa kontak setidaknya 2-4 kali dalam sehari. Sebab, lensa kontak memerlukan konsistensi air mata yang sehat selama pemakaiannya.

Sedangkan aktivitas yang Anda lakukan di luar ruangan bisa mengakibatkan jumlah air mata berkurang. Maka itu, meneteskan kembali obat tetes mata khusus lensa kontak dapat membuat mata Anda lembap dan segar kembali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
efek samping salep obat kortikosteroid

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit