10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beberapa orang yang memiliki rambut keriting memilih untuk meluruskan rambut karena terlihat kusut dan sulit untuk diatur. Padahal, jika dirawat dengan tepat, rambut keriting bisa terlihat bagus dan menjadi lebih mudah diatur. Lantas, bagaimana merawat rambut keriting yang benar dan tepat?

Cara merawat rambut keriting agar lebih mudah diatur

Tidak seperti rambut lurus, rambut keriting memang sulit diatur dan ditata. Jenis rambut keriting memiliki kecenderungan rambut menjadi kering, lebih mudah pecah, dan bisa terlihat sangat berantakan.

Rambut keriting yang seperti itu disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada rambut. Ironisnya, cuaca lembap dan basah pun justru tidak membantu memperbaiki kondisi rambut keriting

Oleh karena itu, seseorang yang memiliki rambut keriting memerlukan perawatan khusus agar rambut tampak menarik dan mudah diatur. Berikut tips merawat rambut keriting dengan benar dan tepat untuk Anda.

1. Cuci rambut tidak lebih dari dua kali dalam seminggu

Minyak alami yang melapisi kulit kepala sulit menyusuri rambut bila rambut Anda keriting. Oleh karena itu, rambut keriting rentan menjadi kering. Untuk mengurangi kekeringan pada rambut, jangan cuci rambut dengan shampo terlalu sering. Paling tidak, cuci rambut dua kali dalam seminggu dan tidak lebih.

Produk shampo pun beragam tergantung dari jenis rambutnya. Oleh karena itu, gunakanlah shampo untuk rambut keriting.

2. Pakai air hangat atau dingin

Bila terkena panas, rambut keriting justru bisa menjadi kusut. Oleh karena itu, jangan gunakan air panas, tetapi gunakanlah air hangat atau dingin ketika mencuci rambut.

3. Gunakan pelembap rambut

Dalam merawat rambut keriting, yang paling penting adalah menjaga kelembabannya. Untuk itu, setelah mencuci rambut, sisirlah rambut Anda dan oleskan krim pelembab khusus untuk rambut. Pelembab juga perlu digunakan sebelum Anda menata rambut atau hairstyling. 

4. Lakukan deep conditioning rambut dua kali sebulan

Untuk menjaga kelembaban rambut, Anda pun perlu melakukan deep conditioning dua bulan sekali. Gunakan produk deep conditioner yang cocok untuk kulit keriting dan diamkan selama 10-15 menit atau semalaman untuk hasil yang maksimal.

5. Gunakan sisir bergigi lebar

Gunakanlah sisi bergigi lebar atau cukup gunakan jari Anda untuk menyisir rambut keriting. Hindari menggunakan sisir bergigi rapat atau halus karena dapat membuat rambut menjadi kusut.

6. Jangan keringkan rambut tanpa diffuser

Dalam merawat rambut keriting, sebaiknya Anda menghindari pengering rambut. Namun, bila Anda terburu-buru dan butuh mengeringkan rambut dengan cepat, sebaiknya gunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dan pasang pada pengaturan rendah.

7. Gunakan produk rambut yang menutrisi

Rambut keriting memang rentan kering dan rusak. Oleh karena itu, Anda juga perlu gunakan produk perawatan rambut lainnya yang dapat menutrisi rambut, seperti serum, kondisioner, atau masker rambut.

8. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol dan sulfate

Dalam merawat rambut keriting, pastikan produk tersebut tidak mengandung alkohol dan zat yang merusak rambut lainnya, seperti sodium lauryl sulfate. Kandungan sulfate dapat membuat rambut menjadi kering.

9. Rutin ke salon

Selain melakukan perawatan di rumah, pemilik rambut keriting pun harus rutin ke salon untuk melakukan trim rambut atau memotong ujung rambut yang kering dan rusak. Paling tidak, lakukan gunting atau rapikan rambut ke salon setiap 3 bulan sekali.

10. Lindungi rambut dari cuaca panas dan lembap

Cuaca yang terlalu panas dan lembab dapat merusak rambut keriting Anda. Oleh karena itu, dalam merawat rambut keriting, Anda perlu menggunakan kondisioner ketika akan keluar rumah atau jepit rambut Anda ke belakang. Bila perlu, gunakanlah topi atau syal untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lupakan Catok, Ini 5 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami

Beberapa wanita mungkin mendambakan rambut yang lurus karena mudah diatur. Inilah beragam cara meluruskan rambut secara alami yang bisa dicoba.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 02/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Maksimalkan Keindahan Rambut dengan Mengenali Jenis-jenisnya

Jenis rambut tidak sebatas lurus dan keriting saja. Ternyata ada banyak tipe rambut yang bisa dikenali dan disesuaikan dengan perawatan rambut Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 29/11/2019 . Waktu baca 6 menit

Tahukah Anda Kenapa Rambut yang Digunting Tidak Terasa Sakit?

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang unik. Contohnya, tidak akan terasa sakit saat rambut digunting. Namun, tahukah kenapa hal ini bisa terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Intip 3 Tips Memilih Sisir yang Sesuai dengan Jenis Rambut Anda

Tidak semua sisir dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Lantas, bagaimana memilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut? Intip tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 03/10/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
dewasa pakai sampo bayi

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020 . Waktu baca 3 menit
cara mencegah ingrown hair

Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 05/02/2020 . Waktu baca 4 menit
conditioner kena kulit kepala

Bolehkah Kondisioner Digunakan di Kulit Kepala?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/01/2020 . Waktu baca 4 menit