5 Cara Mengatasi Sela-sela Jari Tangan yang Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit lengan kering bisa diatasi dengan penggunaan losion. Namun, bagaimana cara mengatasi sela-sela jari tangan yang kering? Terkadang kita hanya memperhatikan permukaan tangan saja, tetapi kesehatan kulit pada sela-sela jari juga penting lho.

Mengatasi sela-sela jari yang kering

Tangan kering, masalah umum yang sering terjadi pada orang kantoran. Bekerja di ruangan bersuhu dingin juga menjadi masalah yang tak bisa terhindarkan. 

Selain itu, sering mencuci tangan, paparan bahan kimia, serta kondisi medis tertentu dapat mengeringkan kulit tangan. Kulit kering bila dibiarkan bisa pecah-pecah.

Maka itu, agar terjaga kesehatan dan kelembapannya, ketahui dulu cara mengatasi kulit kering di sela-sela jari.

1. Gunakan pelembap

Tidak hanya lengan saja, tapi tangan dan sela-sela jari Anda membutuhkan pelembap sebagai cara untuk mengatasi kulit kering. Anda bisa menggunakan losion atau krim untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

Gunakan beberapa kali dalam sehari jika dirasa kulit pada sela-sela jari dan tangan sudah mulai kering.

Kulit kering menjadi tanda bahwa ia membutuhkan asupan air untuk melembapkan diri. Pilih pelembap dengan kandungan emolien yang mampu melembutkan, melindungi, dan membuat kulit tetap elastis. 

2. Gunakan sarung tangan

Jika Anda sering mencuci piring atau pakaian secara manual, sebisa mungkin gunakan sarung tangan khusus. Sepasang sarung tangan ini siap mencegah Anda dari serangan kulit kering pada sela-sela jari maupun permukaan tangan.

3. Perawatan di malam hari

Selain wajah, kulit tangan dan sela-sela jari juga butuh perawatan. Gunakan salep berbahan petroleum jelly untuk melembapkan. Oleskan merata untuk mengatasi tangan dan sela-sela jari kering. Setelahnya, bungkus tangan Anda dengan sarung tangan kain atau kaus kaki. 

Cara ini membantu penyerapan pelembap dalam semalaman. Kulit akan lembut ketika Anda bangun pada keesokan harinya. Coba terapkan cara ini ketika kulit tangan dan sela-sela jari kering.

4. Terapkan krim hydrocortisone

Sebagian kasus kulit kering mengembangkan kondisi dermatitis. Kondisi ini membuat kulit pada sela-sela jari berubah kemerahan dan meradang. Jika Anda menemui kondisi tersebut pada sela-sela jari, cobalah mengoleskan losion atau krim yang mengandung hydrocortisone. 

Kandungan hydrocortisone dapat membantu menenangkan kulit iritasi, gatal, dan bengkak. Dalam kasus ini, krim dengan kandungan tersebut dapat mengatasi kulit kering di sela-sela jari dengan pengembangan gejala dermatitis.

5. Pasang humidifier

Memasang humidifier dapat membantu melembapkan kulit Anda, termasuk permukaan tangan dan sela-sela jari. Humidifier cocok di pasang di atas meja kerja atau kamar Anda. 

Memasang humidifier secara efektif dapat mengatasi dan juga mencegah kulit kering secara keseluruhan, termasuk pada sela-sela jari Anda. Namun, jangan lupa untuk merawat dan membersihkan humidifier agar bakteri atau jamur tidak keluar saat alat ini dinyalakan.

Mencegah kulit kering pada sela-sela jari

pelembap untuk kulit kering

Nah, Anda bisa menerapkan cara-cara di atas untuk mengatasi kulit kering. Terutama bagi Anda yang bekerja di dalam ruang ber-AC, tangan dan sela jari menjadi lebih mudah kering.

Setelah mengatasi kulit kering pada sela-sela jari, kini saatnya Anda perlu tahu cara mengatasi kulit kering. Selalu sediakan losion kecil pada tas Anda, cukup di botol kecil saja. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kelembapan pada sela-sela jari.

Healtline merekomendasikan kandungan losion yang bisa menjaga kelembapan kulit:

Saat mencuci tangan, Anda bisa menggunakan sabun dengan kandungan yang ringan. Basuh tangan dengan menggunakan air berukuran suhu ruangan, tidak dengan air panas.

Lalu keringkan tangan dengan cara menepuknya. Setelahnya, Anda bisa mengaplikasikan losion untuk melebapkan tangan dan sela-sela jari tangan. Ingat, kelembapan yang terjaga juga membuat kesehatan kulit terjaga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Langkah-Langkah Perawatan Wajib untuk Kulit Kering

Pemilik kulit kering pasti sangat bersahabat dengan kulit bersisik atau pecah-pecah. Lantas, bagaimana cara merawat kulit kering? Simak tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dermatologi, Health Centers 24 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

6 Kiat Mudah Lembapkan Kulit Wajah yang Mengering Akibat Skincare Benzoil Peroksida

Jika belakangan ini kulit wajah tiba-tiba kering, skincare Anda mungkin mengandung benzoil peroksida. Intip caranya mengatasi kulit kering di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dermatologi, Health Centers 12 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi dan Mencegah Kulit Kering Akibat Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa membuat kulit kering, tapi jangan khawatir. Coba ikuti tips berikut agar Anda dapat mencuci piring dengan tenang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dermatologi, Health Centers 19 Juni 2018 . Waktu baca 3 menit

Kulit Jari Mengelupas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar orang pernah mengalami kulit mengelupas. Bagaiman jika kulit jari mengelupas, apakah berbahaya? Kenali penyebabnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Mei 2018 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara melembutkan telapak tangan

Intip 5 Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar Kembali Seperti Kulit Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 20 September 2019 . Waktu baca 4 menit
manfaat yoghurt untuk kulit

Segudang Kebaikan Yogurt untuk Berbagai Jenis Kulit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit
kelembapan kulit

Kenapa Kulit Bisa Kering dan Kehilangan Kelembapan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 7 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit
jenis kulit wajah

Tadinya Berminyak Jadi Kering, Kok, Tipe Kulit Wajah Saya Berubah, Ya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2018 . Waktu baca 5 menit